WRITTEN IN ACTION (WIA) adalah sebuah gerakan kampanye yang diciptakan oleh Phoebe Lance untuk meningkatkan semangat membaca/menulis cerita yang jatuh pada kategori berikut: Fiksi Ilmiah, Fantasi, Petualangan, dan Aksi. Fiksi Penggemar/Fanfiction yang mengandung elemen di atas juga dapat diikutkan.
Penulis yang menulis cerita berdasarkan genre di atas dapat menambahkan stiker atau selempang (sash) #WrittenInAction ke sampul buku mereka agar cerita mereka dapat diseleksi dan dimasukkan ke daftar bacaan resmi WIA INDONESIA. Hal ini dapat membantu para penulis mempromosikan cerita mereka sekaligus menjadi lebih terlibat di komunitas Wattpad.
Written In Action tidak menutup diri dari penulis genre lain, tetapi kampanye ini fokus mempromosikan cerita-cerita yang kurang dilirik pembaca dalam keempat genre di atas. Penulis yang tidak membuat cerita dengan genre WIA masih bisa ikut berpartisipasi dengan mendukung kampanye #WrittenInAction. (Baca terus sampai bawah untuk keterangan lebih lanjut.)
Kampanye ini bermula ketika perintis Written In Action, Phoebe Lance (tinyboats), menyadari bahwa penulis Wattpad yang menulis cerita dengan genre fiksi ilmiah, fantasi, petualangan, maupun aksi tidak seterkenal penulis-penulis Fiksi Remaja atau Romansa. Bukan berarti tidak ada satu pun penulis tersebut yang terkenal; beberapa memiliki jumlah pembaca yang mencapai angka ribuan, tetapi ada banyak penulis-penulis yang belum dikenal banyak orang dan pantas mendapat spotlight juga.
WIA Indonesia bersama kampanye Written In Action memiliki misi untuk mempromosikan penulis-penulis yang menulis cerita dalam kategori genre tersebut dan belum mendapat pengakuan. Kampanye ini dapat menguntungkan pembaca yang sedang mencari cerita dan penulis yang ingin ceritanya dibaca. Memang ada pembaca-pembaca yang tidak begitu menyukai cerita macam ini dan lebih memilih fiksi remaja atau romansa, tetapi ada pula penulis-penulis yang memang secara khusus hanya menulis genre ini dan amat menyukainya. WIA Indonesia dapat menyarankan karya penulis bertalenta kepada pembaca, mewawancarai penulis, memuat resensi cerita, dan mempromosikan cerita-cerita aksi, fiksi ilmiah, petualangan, dan fantasi.
Siapa pun dapat ikut berpartisipasi dalam kampanye ini selama mengikuti kriteria yang kami tetapkan. Kalau kamu mau mendukung penulis dari daftar genre WIA atau kamu merupakan penulis yang ingin kami promosikan, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan.
Untuk menunjukkan dukungan, siapa pun (termasuk yang tidak menulis dalam genre WIA) bisa mem-follow akun WIA Indonesia dan Written In Action lalu menambahkan "#WrittenInAction" di bio-nya.
Kalau mau mendukung lebih jauh lagi, kamu bisa menulis cerita yang termasuk kategori genre WIA (fantasi, fiksi ilmiah, petualangan, dan aksi) atau menggunakan cerita yang sudah ada. Jika kamu memilih melakukan opsi ini, tambahkan #WrittenInAction dan #WIAIndonesia ke tagar cerita kamu dan pasang stiker ke sampul bukumu supaya lebih mudah kami temukan. Stikernya bisa kamu unduh dari link di bio kami. Kalau kamu tidak tahu cara memasang stiker ke sampul buku di Wattpad, silakan baca bab selanjutnya.
Jika kamu memasang stiker WIA ke ceritamu, cerita itu harus merupakan cerita yang termasuk genre Written In Action yang kami promosikan. Tolong jangan pasang stiker jika ceritamu tidak termasuk keempat genre yang disebut di atas. Kalau menurutmu ceritamu bisa diikutsertakan dalam kampanye WIA tetapi secara resmi tidak terdaftar sebagai genre yang kami minta (contoh: tulisanmu termasuk paranormal tetapi memiliki unsur aksi yang kental) mohon hubungi kami terlebih dahulu. (Enggak yakin ceritamu termasuk kategori genre WIA? Lompat ke bab tiga untuk keterangan lebih lanjut.)
Berkaryalah dengan kreatif! Kampanye ini tidak memiliki batas waktu, jadi kamu enggak perlu khawatir soal dikejar deadline. Kalau entah bagaimana kamu baru nemu kampanye ini tahun 2028, jangan khawatir, kamu masih bisa ikut, kok.
Kami dukung kamu dan ceritamu. Semua pertanyaan bisa dikirimkan melalui PM atau ditulis di kolom komentar. Biarkan imajinasimu menari liar!
KAMU SEDANG MEMBACA
Apa Itu #WrittenInAction?
Non-FictionPenjelasan lebih lanjut mengenai kampanye #WrittenInAction dan bagaimana cara untuk berpartisipasi dalam kampanye ini.