PKL

25 0 1
                                    


Ketika suasana SMK yang makin hari makin sepi. Siswa yang merasa bosan di sekolah, Mulai mengemaskan barang dan bergegas pergi untuk lks ke luar kota. Namun, sesosok laki-laki tampak dari kejauhan. Ia terlihat menyendiri di atas atap wc. Dia hanya duduk di sana. Menatap langit dengan pandangan sayu.

"I thing the most difficult part of losing some one isn't having to say good bye but rather having a life without them, I am no what-what although I have to live alone in the lonely, and I don't care person-person say what-what any about me!"

Laki-laki itu bersenandung dengan suara lemas namun tidak parau.Ia masih saja menerawang langit biru yang perlahan tertutup awan putih yang menggumpal. Ia membuka tasnya. Kemudian iapun mengambil sebuah catatan kecil. Ia juga mengambil sebuah pulpen. Lalu ia menulis sesuatu.

"Inikah yang nama nya kesepian, galau-galau merana sendirian di atap wc sekolah. Entah apa yang aku lakukan di atap wc saat ini. Yang jelas aku sangat ingin berada di sini sendiri." Laki-laki itu menutup bukunya dan lalu memasukkan ke dalam tasnya. Kemudian ia melirik jam tangannya. Alisnya terangkat.Ia bergegas turun dari atap wc itu. Baru saja ia turun, ia langsung ditanya oleh temannya yang kebetulan baru keluar dari wc.

"Rief, Ngapain lo dari atap wc? Mau ngintip cowo pipis ya?" Tanya teman gua usil.

Dan ternyata sesosok laki-laki itu adalah gua,

gua hanya tertawa dan tersenyum. "Nggak lagi cari angin bro, dan kayak nya gua bakal kangen berat sama ini sekolah, keluarga gua, dan semua guru-guru yang ada di sini!"

"tenang aja bro, nanti kita bakal hepy-hepy aja kok di sana dan kita bakal bebas tanpa orang tua" ujar Putra

"oke bro, besok gua tunggu lo di pelabuhan!"

Dan lalu kami pulang kemas-kemas barang untuk PKL ke banda aceh.

Tunggu-tunggu, emang kalian tau, apa itu pkl ?.

Ya elah, kalau nggak tau kenapa nggak Tanya dari tadi kanjadinya nggak nyambung!

Oke akan gua jelasin, jadi pkl itu adalah Praktek Kerja Lapangan yaitu salah satu bentuk emplementasi secara sistematis dan sinkron antara program pendidikan di sekolah dengan program penguasaan keahlian yang diperoleh melalui kegiatan kerja secara langsung didunia kerja untuk mencapai tingkat keahlian tertentu.

Bukan anak SMK sih, makanya nggak ngerti!

***

Keesokan hari nya kami berangkat dari Sabang ke banda aceh. pagi itu adalah pagi terakhir gua di kota ini. Tidak seperti pagi-pagi sebelumnya saat gua dan teman-teman gua berkumpul di sekolah, pagi ini gua merasakan perasaan yang berbeda. Sebuah perasaan di mana di satu sisi gua merasa senang bisa ngekos sama teman-teman dan di sisi lainnya gua merasa sedih untuk tidak tinggal lagi bersama keluarga selama 3 bulan. Gua senang karena besok gua lks di banda aceh, tapi gua juga merasa sedih karena gua akan berpisah dengan keluarga, terutama mereka yang berada di hadapan gua saat ini. Ibu gua, kakak gua, abang gua dan putri keponakan gua.

Gua memeriksa kembali isi koper gua, diantara barang-barang gua salah satu nya adalah mie instan yang gua masukan beberapa bungkus ke dalam koper, berbeda dengan Putra yang sampai nangis-nangis karna harus berpisah dengan pacarnya.

5 menit kemudian.

"Tuttt,,,tuttt,,,," bunyi kapal yang mau berangkat

Dan lalu kamipun berangkat...................................................

Beruang MiskinTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang