Sebelumnya, gue mau ngingetin kalo di sini kita sama-sama belajar. Kalo kalian salah, gue ngingetin. Begitu juga sebaliknya. Yang mau request materi juga boleh, kok!
Jadi kali ini gue akan memberitahu kalian tentang jenis-jenis genre yang disediakan oleh Wattpad. Mungkin gue gak akan memberikan detail untuk genre yang udah sering dipakai dan beberapa genre yang masih minim penulisnya. Gue jelasinnya singkat-singkat aja, yaa. Plus, koreksi atau tambahin aja di kolom komentar kalo merasa ada yang kurang atau gak cocok. 😁
Kuy, tarik mang!
1. Action [aksi]
Masalah-masalah yang terjadi (juga tokoh-tokohnya) sangat berbahaya, penuh dengan resiko dan juga tantangan. Cerita superhero, kepolisian, FBI dan sejenisnya masuk ke dalam genre ini.
(The Hunger Games adalah gabungan dari action dan adventure)
2. Adventure [petualangan]
Menurut web yang gue baca, adventure ini mencakup sifat-sifat dari si action juga. Bedanya, kalo adventure ada "jalan"nya. Tujuannya tuh lebih jelas dan dia menonjolkan sisi ngebolangnya dibanding action yang fokus sama adegan tembak-menembak. Namanya juga petualangan, ya kan?
3. Classics [klasik]
Berhubungan sama cerita yang tokohnya itu raja, pahlawan tradisional, istana, hikayat dan peribahasa. Intinya, klasik ini adalah bentuk dari sastra lama.
(To Kill a Mocking Bird by Harper Lee)
4. Chicklit
Karakter utamanya adalah seorang wanita modern yang cerdas, independen, selalu ceria dan kayaknya gak punya beban apa-apa dalam hidup kecuali masalah percintaan. Duitnya banyak (wanita karir, coy), tinggal di perkotaan, lajang dan kisaran umurnya dari 20 hingga 30 tahun. Kadang menampilkan sisi kedewasaan khas wanita karir, pemilihan katanya kadang menyelipkan slang alias bahasa gaul.
KAMU SEDANG MEMBACA
Susuku
No FicciónJangan lihat buku dari sampulnya, tapi dari judulnya. Ayo intip 'susuku' sama-sama! [perasaan kesal dan amarah di luar tanggung jawab penulis, beban saya sudah terlalu banyak] #6 in Non-Fiction! (6th October 2016) calcutepie 204l16