Mari Menghargai Karya Orang Lain

4.3K 559 458
                                    

Selamat hari lebaran semuanya! Maafkan kata-kata saya yang selama ini menyinggung hati. Itu semua saya lakukan sekiranya untuk kedamaian warga Wattpad semata.

Gimana lebarannya kemarin? Adakah yang kena tipu kayak kasus kaleng biskuit Monde isi rengginang atau lengkuas yang dikira rendang?

Tadinya gue mau bahas tentang bedanya terinspirasi dan plagiarisme. Ternyata, sang plagiator (yang diduga menjiplak karyanya idungjambu) udah menghapus bukunya dari Wattpad sebelum bisa gue ulas dan ketik ulang untuk Susuku. Gak heran, sih. Hukum di Indonesia mengenai plagiarisme memang masih belum jelas, jadinya banyak oknum-oknum gak bertanggung jawab yang ketika ditanya, jawabannya selalu sama, "Aku dapet idenya dari temen, kok. Serius!"

Pas ditanya temennya itu namanya siapa, dia bilang lupa. Masa, sih, bisa lupa sama orang yang udah ngasih kita sebuah ilham sampe bisa bikin karya di Wattpad dan dibaca banyak orang?

Oke, kita bahas Sabtu depan, ya. Sekalian gue mau nyari lagi akun-akun yang kayaknya menjiplak karya orang lain. Kalau ada informasi, tolong inbox gue, ya. Kita bantu manusia-manusia itu untuk kembali ke jalan yang lurus.

Dan, setelah minggu kemarin gue membahas tentang bagaimana caranya menghargai diri sendiri, sekarang kita harus bisa menghargai orang lain. Segala sesuatunya itu dimulai dari diri sendiri dulu, kan? Makanya gue ngajak kalian untuk menghargai diri sendiri dulu, baru orang lain.

Ketika kalian membaca sebuah cerita di Wattpad, perlakukan cerita itu seperti karya kalian sendiri. Berkomentarlah, beri bintanglah. Anggap kalau itu adalah ceritamu dan kamu adalah orang lain.

Yang diajarkan sama Ustad gue waktu SD itu gini, "Apa yang kamu berikan, itulah yang akan kamu dapatkan."

Jelas, kan? Timbal balik lah. Kalo belom ngerti maksud gue, baca aja dulu sampe abis. Tar juga ngerti.

Lu mah ngertinya THR.

Gue bakal ngejelasin gimana caranya menghargai karya orang lain yang akan dia ingat sepanjang masa.

1. SELALU KOMENTAR

Iya, ini penting. Komentar di sini bukan dalam artian yang, "Next.", "Lanjut."

Woy lu mau markir apa baca sih.

Berusahalah untuk memberi komentar yang membangun. Kalian pasti tau lah komentar yang kayak gimana. Yang bisa bikin si penulis ketawa lebih seru lagi. Gue sendiri suka ngefollow-followin orang yang komentarnya menghibur dan gak kaku (walaupun kadang malah gue yang gak difollowback).

Gue screenshot nih contohnya HAHAH.

Gue screenshot nih contohnya HAHAH

Ups! Gambar ini tidak mengikuti Pedoman Konten kami. Untuk melanjutkan publikasi, hapuslah gambar ini atau unggah gambar lain.

2. Masukkan ke reading list yang judulnya bisa dibanggakan

Gue ada reading list (daftar bacaan) yang judulnya 'faves'. Iya, di dalamnya ada beberapa cerita yang menjadi favorit gue.

SusukuTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang