"Chan. Lo ngapain disono?"Gue denger ada yang tereak. Di belakang gue persisnya. Gue lagi ada TPA. Mo ngaji.
"Ngajilah blegug." Gue jawab.
Orang di belakang gue maju deketin gue.
"Tumben tumbenan lo niat ndalemin agama."
Etdah ni orang. Nyabet sih nyabet. Sakit bro. Kek gue gak beriman aja. Gue cuma bisa noyor kepalanya. Dan dia cuma aduh-aduh aja.
Gue terus jalan ke arah mesjid. Emang tumben sih ya gue ke mesjid. Ke mesjid juga gue ada maunya. Gue lagi ngecem cewek yang waktu itu gue temuin di depan warung bakso.
Dia cantik. Berjilbab. Alim. Dan lain-lain lah yang bikin ati gue adem. Dan setelah gue cari tau ternyata doi anaknya pak ustad.
Lah berarti kan doi makanannya ngaji kan ya? Makanya itu gue sekarang ngrajinin diri ke mesjid.
Gue sampe di pintu mesjid. Dari luar uda kedengeran suara orang-orang lagi ngaji. Gue buka pintunya pelan-pelan. Gue intip dari sela-sela udah banyak orang yang dateng. But di sana gak ada doi.
Gue beraniin masuk. Abis itu uluk salam.
"Assalamuakailum" gue malu-malu. Takut salah ngucap.
Ehh yang disana pada ketawa. Gue gak ngerti. Gue juga cuma cengengesan aja. Abis itu gue gabung duduk. Babi samping gue ikut. /yang tadi/
"Chan lo niat nyalam ga sih?" Dia bisik-bisik ke gue.
"Niat lah. Buat apa juga gue sekarang duduk kalo cuma mau pamer iman?" Gue bisikin dia juga.
Dan percakapan gue berhenti sampe situ. Solanya abis itu-
NGAJINYA MULAI!!
Semua pada baca Quran. Dan gue cuma lipsing aja. Gimana mau bisa baca Quran, IQRA aja belum lulus. Abata aja gak tau.
Gue mah cuma tau alif. Itu mah yang garis doang kan? Kecil. Nah kalo udah ba ta tsa, gue kebalik balik. Kalo kata mamah mah, ba itu yang mangkok terus baksonya jatuh. Dan setelahnya mangkok dengan 2 bakso++ ngambang gue gadong.
30 menit ngajinya rampung. Gue buru mau pulang. Gue lupa kalo ternyata dari tadi ga ada doi. Berarti gue emang niat kan yak?
Semua udah pergi. Tinggal gue sama temen gue. Si babi. Jaemin sih namanya. Semenjak dia tidur sambil ngorok, dia dapet julukan sayang BABI. Babi kesayangan gue.
"Assalamualaikum" ada suara cewek nyalam ke gue.
"Waalaikumsalam" gue jawab sambil noleh. Ternyata doi.
Gue berusaha gak degdegan. Brusaha nyeimbangin tekanan osmosis gue.
"Kok belum pulang?" Doi tanya ke gue. Dia terus kek nahan ketawa gitu. Mungkin gue ucul.
E.e.e.eekyaaa~
"Belum. Masih nunggu" kata babi.
Apaan cobak? Napa dia yang ganjen?
Abis itu doi ngeliatin gue dari atas sampe bawah. Cekikian terus. Dalem ati gue nyadar? Kenapa? Gue jelek? Ada yang salah sama gue? Tadi di mesjid juga pada ngetawain gue kan ya?
Ya Allah, siapkan hati hambamu ini!!
"Yaudah gue duluan ya" doi pamit. Dan gue ngangguk aja.
_
Di jalan gue tanya ke Jaemin.
"Eh, lo ngerasa gak tu cewek sama orang-orang di mesjid ngejekin gue. Ngetawain gue gitu?"
Gue nanya ke babi yang lagi makan es krim disamping gue. Es krim kebeli di depan mesjid. Bukan es krim, terlalu mewah. Es dong dong tepatnya.
Sambil asik makan dia ngomong.
"Gimana gak ketawa. Udah salam gak bener, baju kebalik pula"
Astojim. Gue coba ngliat baju gue. Dan teryata emang kebalik. Gue malu. Sumpah.
ARGHHHHHHHH.....
"Kenapa lo gak bilang GOBLOK!!"
"Gue kira itu mah style lo. Abis lo juga nyaman-nyaman aja makenya. Gimana orang lain mau ngritik bro"
sok nasihatin.
"PUNYA TEMEN AZHUUU SEMUAA!!"
---
Semenjak tragedi itu, DEMI MELINDUNGI HARGA DIRI, gue putusin gak akan ngaji lagi.
Gue tau, pada saatnya Tuhan bakal ngutuk gue. Gue putusin siap.
Dan gue..
jadi putri duyung..
EMAKKKKKKKKKK!!!!
>>>