عَنِ اْبنِ عُمَرَ رَ ضِيَ اَ للُّه عَنْهُماَ قاَ لَ رَ سُوْ لُ اللّٰهِ : لاَ تَمْنَعُوْ ا نِسَا ءَ كُمْ ا لْمَسَا جِدِ وَ بُيُوْ تِهُنَّ خَيْرٌ لَهُنَّ.
Ibnu Umar meriwayatkan bahwa Rasulullah bersabda, 'Jangan mencegah istri-istri kalian (pergi ke) masjid, dan rumah-rumah mereka lebih baik bagi mereka'. HR. Abu Dawud.
Rasulullah Saw. Menjelaskan bahwa sholat di rumah bagi wanita itu lebih baik dari pada pergi ke masjid untuk sholat berjamaah.
Ummu Hamid ,istri Abu Hamid As-Sa'idi, pernah mendatangi Nabi dan berkata, Wahai Rasulullah, saya senang shalat bersama engaku." Rasulullah bersabda :
قَدْ عَلِمْتُ اَنَّكِ تُحِبِّيْنِ اصَّلَاۃَ مَعِيَ وَ صَلاَ تُكَ فِيْ بَيْتِكِ خَيْرٌ لَكِ مِنْ صَلَاتِـكِ فِيْ حُجْرَتِكِ وَصَلَاتُكِ فِيْ حُجْرَ تِكِ خَيْــــــرٌ مِنْ صَلَاتِكِ فِيْ دَارِكِ وَ صَلَاتُكِ فِيْ دَارِكِ خَيْرٌ لَكِ مِنْ صَلَا تِكِ فِيْ مَسْجِدِ قَوْ مِكِ وَصَلَاتُكِ فِيْ مَسْجِدِ قَوْ مِكِ خَيْرٌ لَكِ مِنْ صَلَاتِكِ فِْي مَسْجِدِ ي
"Aku tahu kau suka sholat bersamaku, tapi sholatmu di dalam rumah itu lebih baik daripada sholat di halaman dalam. Sholatmu di halaman dalam itu lebih baik daripada sholat di halaman kompleks perumahan. Sholatmu di kompleks itu lebih baik daripada sholat di masjid kaummu. Sholatmu di masjid kaum itu lebih daripada sholat di masjidku."
Ummu Hamid pun memerintahkan agar dibuatkan masjid di tempat paling dalam dan yang paling gelap di rumahnya. Ia sholat di tempat itu hingga wafat. HR. Ahmad.
Abdullah bin Mas'ud meriwayatkan bahwa Rasulullah Saw. Bersabda :
صَلَاۃُ الْمَرْ اَۃِ فِيْ بَيْـــــتِهَا اَفْضَلُ مِنْ صَلاَتِهَا فِيْ حُجْرَتِهَاوَ صَلَا تُهَا فِيْ مَخْدَ عِهَا اَفْضَلُ مِن صَلَا تِهَا فِيْ بَيْتِهَا"Shalatnya seorang wanita di dalam rumah itu lebih baik dari shalatnya di halaman dalam. Dan sholatnya di bilik kecil itu lebih baik daripada shalatnya di rumahnya" HR. Abu Dawud.
Hadits-hadits ini menjelaskan kegigihan syariat agar wanita menetap di dalam rumah. Hingga menetapkan bahwa sholat di rumah lebih baik dari sholat berjamaah di masjid. "Alasannya mengapa secara tersembunyi bagi wanita lebih baik," Kata Ibnu Hajar, "Adalah terwujudnya rasa aman di tempat tersebut dan terhindar dari fitnah. Hal itu semakin menguat setelah kaum wanita gemar bersolek dan berhias." Fathul Bari : II/407.
Telah jelas bahwa yang lebih baik dan paling utama adalah tinggal di rumah dan keutamaan menetap di rumah bagi wanita tidak tertandingi oleh keutamaan pergi ke luar rumah, sekalipum ke masjid.
Kandungan Hadits
1. Wanita yang sholat di rumah lebih baik daripada yang sholat berjamaah ke masjid.
2. Wanita disyaratkan pergi ke masjid dan tidak ada larangan bagi mereka.
3. Sholatnya wanita dirumahnya lebih utama daripada shplat di salah satu dari tiga masjid mulia, yaitu : Masjidil Haram, Masjid Nabawi dan Masjidil Aqsha.
4. Boleh mengerjakan amalan yang utama daripada yang lebih utama dan orang yang melakukan tidak boleh disalahkan araupun dicela. Sebaliknya, hendaknya dijelaskan keutamaan yang lebih utama.