Chap 6

3.4K 575 70
                                    

.

.

Keesokan harinya setelah pengumuman publik tentang para peserta ujian yang berhasil, sesuai dengan praktik adat, pengadilan akan mengadakan perjamuan untuk menyampaikan Ujian Imperial. Menyiapkan sebuah tenda di sisi Danau Taiye untuk mengadakan perjamuan. Tiga kandidat sukses yang mendapatkan poin tertinggi di Ujian Imperial yang sama akan mendapat penghargaan khusus untuk mendapat tempat duduk di tikar yang sama dengan Kaisar. Memang dikatakan duduk di atas tikar yang sama, tapi kursi Kaisar masih agak jauh dari mereka, itu hanya seperti mengadakan pesta di tenda yang sama saja, ada juga sekelompok pejabat tinggi di dalam tenda.

.

Ada kebiasaan tak tertulis untuk Perjamuan Kelulusan Kerajaan, kandidat yang menempati posisi ketiga dalam pemeriksaan harus memilih peony yang paling indah di ibukota, atas nama ilmuwan dunia, mempersembahkannya kepada Kaisar, sambil berkata, "Langit memberi dunia dengan seribu wangi musim semi, keindahan tak tertandingi ini dihadirkan untuk Kaisar kita."

.

Ketika Kaisar menerimanya, dia akan menjawab, "Kasih karunia dari Surga tidak hanya untuk menelan gedung tertinggi, keindahan musim semi kembali ke dunia."

.

Setelah itu, Kaisar akan memberi peonynya kembali sebagai hadiah kepada peserta ujian yang berhasil. Ini berfungsi sebagai metafora, bahwa Kaisar dan sejumlah besar orangnya, berdoa dan berharap bertahun-tahun yang sejahtera. Indah sekaligus elegan arti tidak langsungnya.

.

Ketika Li Cong Qing sesuai dengan adat yang dijalankan, dengan hormat menawari mekar merah terang seperti api yang menyala, Kaisar seperti tersenyum namun tidak tersenyum, tidak segera menerimanya. Tenda yang awalnya agak bising terdiam, semua garis pandang dilemparkan ke arahnya.

.

Apa kali ini? Li Cong Qing tidak dapat memahami situasinya. Tadi malam dia pulang sangat cepat untuk dapat beristirahat total, untuk membuatnya tetap bersemangat pagi ini. Mereka ingin dia memilih peony, dia sudah memilihnya. Lantas, mengapa pemandangannya jadi aneh?

.

Pangeran Keenam, Song Xuan, mendekat dan berkata dengan heran, "Bukankah ini keindahan luar biasa yang ditanam oleh Yang Mulia sendiri?" [secara harfiah berarti: wewangian ilahi, anugrah nasional atau warna Ethereal dan keharuman langit - kata untuk menggambarkan keindahan peony yang luar biasa.]

.

Kemah itu segera meniup kuali. Orang ini sangat berani, dia benar-benar memotong bunga yang ditanam sendiri oleh Kaisar!

.

Li Cong Qing tercengang. Kemudian dia menyadari bahwa dia telah membuat masalah lagi. Berpikir kembali, pagi ini ketika dia menerima tugas untuk memilih peony, meski biasanya dia malas, dia tidak akan berani memilih bunga mana pun yang tidak jelas untuk dipersembahkan kepada Kaisar. 

.

Jadi, dia mencari-cari  kesana kemari di sepanjang Danau Taiye, namun dia tidak dapat memutuskan mana yang akan dipilihnya. Kebetulan Guru  Agung, Guru Besar Bangsa ini lewat, dengan ramah bertanya kepadanya 'apa yang kau cari?'

.

Dia menjawab, peony terindah di ibu kota. Guru Besar Bangsa mengatakan kepadanya dan menunjuk, pergi dan carilah di Kuil Baihu, peony yang paling indah di ibukota ada di sana. Kuil Baihu adalah kuil leluhur untuk Keluarga Kekaisaran, orang biasa tidak boleh masuk tanpa otoritas. 

.

Tapi peserta lulusan ujian tempat ketiga kita  sangat beruntung memiliki Guru Besar Bangsa yang memimpin jalannya. Dengan lembut ia memasuki Kuil Baihu yang letaknya tidak jauh dari Danau Taiye. Hanya sebuah keberuntungan bahwa ia yang akan mempersembahkan peony kepada Kaisar. 

[Complete] King's Man "Bunga Mo" Indonesia Vers. Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang