Mantan
Setiap orang pasti memiliki kisah cinta. Tapi beberapa orang mempunyai akhir kisah yang pahit. Sepahit kopi hitam tanpa gula. Hm, mungkin jauh lebih pahit lagi. Beberapa berakhir karena keadaan yang membuat mereka harus bersama yang lain, terkadang karena sama-sama ga mampu jujur, tapi ada juga yang karena berpindah hati. Yang manapun, terkadang meninggalkan rasa sakit yang mungkin akan dibawa dan membekas seumur hidup. Dari situ tercipta lah istilah mantan. Baik itu mantan kekasih, mantan gebetan, maupun mantan pembantu.
Beberapa orang menjadikan sakit hati karena ditinggal mantan untuk hal-hal positif. Ada mereka yang menjadikan rasa patah hatinya sebagai motivasi untuk sukses. Saat mereka sukses nanti mereka merindukan penyesalan para mantan. Berdiri diatas panggung sambil menyanyikan lagu The Rain Terlatih Patah Hati 'Terima kasih kalian, barisan para mantan~'. Gilak, puas banget pasti rasanya. Ingat kata pepatah, Di balik kesuksesan seseorang terdapat penyesalan mantan.
Beberapa orang menjadikan sakit hati karena ditinggal mantan untuk hal-hal negatif. Ada yang menjadikan rasa sakitnya untuk mencoba memecahkan rekor muri manusia yang menangis tiap hari. Satu hal yang gue gagal paham sih. Lagi nangis ada juga yang sempet selfie. Enggak cukup sampe di situ, setelah selfie, detik itu juga upload instagram. DETIK ITU JUGA! SEMPET BANGET WOI! Pake hashtag pula. "Kok kamu tega sih bikin aku kayak gini. #patahhati #tears #selfie #pictoftheday #nofilter". Kepikirang banget ya.
Beberapa minggu setelah hubungannya gagal, kebanyakan orang masih rajin kepoin media sosial mantan. Ada yang kepoin buat nyalurin perasaan sayang yang masih tersisa, ada yang karena udah kebiasaan, ada juga yang banding-bandingin kehidupan mantan sebelum jadi mantan dan sesudah. Seperti kasus berikut ini:
Cowok 1 : Eh, liat deh mantan gue pasti habis dari kebun binatang.
Cowok 2 : Lah, lo kok tau?
Cowok 1 : Itu buktinya pacar baru dia mirip simpanse di Ragunan.
Cowok 2 : Haha iya Bro! Masih cakepan juga elu
Cowok 1 : Ih, kok elu perhatian banget sih ke gue...
Cowok 2 : *^*#%*Y^(@^(*)_(#(&&*^R^*&()&^%$%#$$
Buat beberapa orang yang belum move on, hal seperti ini akan menjadi rutinitas. Mungkin sehari sekali, mungkin sehari dua kali, mungkin juga tiga kali. Jangan kebanyakan ntar overdosis.
Tersakiti kadang ngebuat hidup seseorang berasa gelap gulita. Layaknya mati listrik rutinan PLN di saat lo lagi banyak tugas. Sakit kan? Hal tersebut membuat seseorang mencari cara untuk meneranginya. Keluar dari ruangan gelap yang dingin dan gelap membelenggu. Mencari secercah cahaya hangat untuk menerangi hidupnya. Sehangat sang matahari yang tidak pernah libur menerangi. Kalo pun dinginnya malam harus datang, jangan tenggelam dalam kesedihanmu, karena hangatnya hari esok pasti datang menjemputmu untuk ceria kembali. Mungkin malam tercipta agar kita mensyukuri hangatnya siang hari.
Kali ini gue akan memberikan beberapa tips buat kalian yang belum bisa move on. Karena move on adalah hal paling berat bagi mereka yang tercipta untuk setia. Hanya saja, setia untuk orang yang salah hanya akan mengikis hari-harimu. Setiap orang berhak untuk setia. Tapi tiap orang juga berhak buat bahagia. Lo berhak bahagia.
Tips Buat kalian yang terikat perasaan yang begitu dalam bareng mantan:
1. Jadiin perasaan yang kuat itu untuk membuat karya
Hari-hari yang udah kalian lewati bareng pasti akan terus membekas seumur hidu. Gimana kalian ketawa bareng, gimana kalian ngerangkai hari bareng, gimana kalian ngobrolin masa depan dan ada untuk saling jaga. Semua perasaan hangat itu akan membekas di hati dan bakal lo bawa seumur hidup. Jika tiba saat dimana lo gak bisa lagi ungkapin perasaan lo ke dia, dimana rindu itu udah jadi sesuatu yang terlarang, ini adalah saat yang tepat buat jadiin semua perasaaan yang besar itu jadi suatu karya. Ciptakan karya yang bener-bener dari hati. Keluarkan semua perasaan yang selama ini lo pendam sendirian. Tumpahin semuanya jadi suatu karya. Apapun itu, lo bisa nulis cerpen, novel, puisi, melukis, membuat apapun untuk menyalurkan semuanya. Karena karya yang besar tercipta dari perasaan yang kuat. Buat orang-orang di luar sana merasakan hangatnya perasaan itu.
2. Motivasi untuk maju
Banyak banget orang-orang di dunia ini yang meraih sukses setelah patah hati. Perasaan kecewa yang besar mereka ungkapkan sebagai pembuktian bahwa mereka mampu berjuang lebih. Menjadikan perasaan yang besar itu sebagai motivasi meraih kesuksesan baik dalam pendidikan maupun karir. Membuktikan ke mantan bahwa ia telah membuat keputusan yang salah. Karena melalui patah hati membuat seseorang menjadi jauh lebih kuat dan tegar. Patah hati ngebuat seorang cowok menjadi seorang pria.
3. Perasaan untuk melindungi.
Pengalaman patah hati tentu memberikan bekas yang cukup kuat, terutama jika kehilangan dia yang terdalam. Karena yang terdalam sekalipun nggak berarti ngebuat kalian akan bersatu. Socrates mendefinisikan cinta sama halnya seperti berjalan ke dalam hutan tanpa berjalan mundur untuk mencari pohon terbesar. Mungkin di akhir perjalanan itu kita ngelewatin pohon terbesar karena kemungkinan adanya pohon besar yang lain. Sama halnya cinta, mungkin kita baru aja ngelewatin yang besar. Perasaan kehilangan yang besar harus kita tahan. Perasaan kehilangan itu ngebuat kita berusaha untuk gak ngalamin untuk yang berikutnya. Perasaan itu ngebuat kita berusaha sekuat tenaga untuk menjaga ia yang terakhir. Melindungi ia yang mendapatkan singgasana yang terakhir. Menjaga cintanya agar tetap hangat dan nyaman.
4. Tumbuh jadi lebih kuat.
Buat kalian yang baru aja ngalamin patah hati. Jelas sudut pandang kalian ke dunia berbeda dengan sebelum kalian patah hati. Menangislah kalo memang ingin menangis. Menangislah hingga bosan. Hingga kalian mampu lagi membuka jendela. Melihat pagi hari, merasakan hangatnya matahari, dan mendengarkan kicauan burung bernyanyi. Tersenyumlah karena kalian udah tumbuh menjadi jiwa yang lebih kuat. Perasaan patah hati itu ngebuat kalian tumbuh menjadi lebih tegar dan dewasa. Jadi bukalah lembaran baru dengan jiwa yang kuat.
Mungkin itu beberapa tips dari gue buat kalian yang lagi ngelewatin masa-masa patah hati. Kalian ga sendirian kok. Kalian punya temen-temen yang selalu siap sedia di dekat kalian. Temen-temen yang akan membuat kalian tersenyum tanpa pamrih. Mereka yang akan mengingatkanmu kembali kalo pagi selalu datang membawa harapan yang baru.
Everyone has love story, but some people have a bitter ending. Its okay if you find the bitter one. Bitter will make you know what the meaning of sweet really is.
-maulana faris-
KAMU SEDANG MEMBACA
Catatan Anak 90an
AcakWaktu tidak mengizinkan kita kembali ke hari kemarin, tapi kita punya kenangan untuk dituliskan.