episode 1

48 1 0
                                    

"Ketika keinginan kuat yang berdiam dalam sesuatu dan tersentuh oleh jiwa fana, mereka akan menjadi goblin. Sebuah pedang yang berlumuran darah dari pertempuran yang tak terhitung jumlahnya, tersihir oleh keinginan kuat yang memerciki dengan darah tuannya. Hanya pengantin goblin (goblin's bride) yang mampu menarik pedang itu. Setelah ditarik, semuanya akan menjadi abu, dan perdamaian akan diberikan."Itu adalah narasi pertama pembuka drama ini dimana narasi ini diceritakan oleh seorang nenek penjual sayur pada langganannya seorang gadis yang baru dicampakkan pacarnya karena ia hamil. Nenek ini sepertinya seorang peramal, karena ia terlihat mengetahui sesuatu dan orang-orang tidak percaya termasuk gadis itu.Ia menertawakan si nenek yang pasti akan bilang kalau ia adalah pengantin goblin. Kita bisa melihat ia memegang sesuatu, sebuah cincin hijau.

"Dia adalah air, api, angin, cahaya dan kegelapan. Dan dahulu kala, dia adalah seorang manusia."Lalu kita flashback ke masa Goryeo, dimana Kim Shin dulunya adalah seorang jenderal yang terkenal akan kemampuannya tidak akan kalah dalam perang. Ia menggunakan pedang besar dan melawan tiada takut. Ia adalah jenderal yang hebat. Hari itu ia memenangkan perang bersama pasukannya dan kembali ke istana tapi dituduh sebagai pemimpin pemberontak oleh sang raja muda. Raja muda cemburu pada Kim Shin yang menurutnya mempunyai hubungan dengan permaisurinya, sang ratu .

Raja muda dipengaruhi oleh kasimnya untuk membunuh semua keluarga Kim Shin. Bahkan mereka sudah memanah sang ratu dan menebas beberapa keluarganya. Tidak tega melihat keluarganya yang lain meninggal, ia menyerah. Tapi ia tidak ingin pedang lain yang mengambil nyawanya dan ia memerintahkan anak buahnya dulu, tangan kanannya untuk membunuhnya dengan pedangnya sendiri. Dengan tangisan, pedang milihnya menembus tubuhnya. Dan kerajaan membuang tubuhnya di taman bunga matahari, dimana ia menghembuskan nafas terakhirnya disana.

Lalu tahun 1998, dan berkenalan dengan malaikat maut  Wang Yeo   yang bertugas mengantarkan roh ke alam gaib. Ia sekalian mengungkapkan pelaku juga nggak cuma membawa roh yang mati. Ia membawa mereka dengan mengajaknya minum teh. Markas Wang Yeo tidak terlihat oleh manusia, ia membangun markas di dinding rumah orang dan hanya terlihat oleh makhluk gaib lainnya, termasuk sang goblin.
Lalu kita melihat saat Kim Shin dan Wang Yeo pertama kali bertemu dan keduanya saling mengenali, kalau yang satu adalah goblin dan yang satu adalah malaikat maut. Pertemuan pertama mereka ini, kita sudah bisa menebak kalau malaikat maut dan goblin bermusuhan. HAHHAHA.

Kim Shin masuk ke sebuah rumah yang disiapkan seseorang dan orang itu datang bersama cucunya, menyambut Kim Shin dan memanggilnya 'tuan'. Pria itu adalah keturunan dari pelayan Kim Shin dulu, yang selamat karena KIm Shin menyerah sebelum mereka ditebas. Pelayannya ini tidak bisa abadi, tapi ia akan terlahir kembali dan mengingat Kim Shin adalah tuannya. Ia tetap setia pada Kim Shin selama waktu berlalu, dan ini pertemuan pertama mereka setelah 20 tahun berpisah dulu. Kakek ini adalah saksi bangkitnya Kim Shin dari kematian dan menjadi goblin. Ia dan cucunya dulu, saat mengunjungi tempat dimana Kim Shin mati, setelah mengatakan kalau cucunya akan menjadi penggantinya melayani Kim Shin, Kim Shin bangkit dari kematian dan menjadi goblin. Kebangkitannya adalah sebuah penghargaan dan sekaligus hukuman bagi Kim Shin.

Hukuman pertama yang ia terima adalah kematian kakek itu, pelayannya. Setelah dibangkitkan, Kim Shin langsung menuju istana untuk balas dendam pada raja muda dan kasimnya. Saat ia kembali sang kakek sudah meninggal dan ia menyesali tidak menyapanya terlebih dulu, tidak menanyakan bagaimana kabarnya. Kemudian cucu sang kakek berlutut dihadapan Kim Shin dan mengatakan kalau ia akan menjadi pelayan Kim Shin menggantikan kakeknya, karena itu adalah permintaan terakhir sang kakek.

Pelayan kecil ini ikut bersama Kim Shin dan mereka berlayar menuju suatu tempat. Aku sangat menyukai adegan ini, dimana sang anak lapar, Kim Shin memberikan nasi gulung tapi sang anak menolak dan mengatakan ia tidak lapar, ia ingin tuannya yang makan. Kim Shin tak tega dan membagi dua, tapi sang anak tetap tidak mau karena tidak seharusnya seorang pelayan makan, ia bisa berpuasa. Tapi setelah dibujuk akhirnya ia menerima separuh nasi gulung dan makan dengan lahap. Sayangnya hanya beberapa gigitan, Kim Shin diserang oleh perompak kapal. Mereka ingin merampok Kim Shin dengan meminta ditunjukkan apa yang ia bawa, bahkan mengancam akan membuang pelayan kecilnya ke laut. Sangat kejam saat mereka membuang anak kecil ke laut dan Kim Shin murka, ia menenggelamkan kapal itu dan seluruh isi kapal menyadari kalau ia adalah goblin.

Tahun 1993, Kim Shin duduk di suatu tempat jauh di atas gedung, tapi kemampuan mendengarnya sangat hebat, ia bisa mendengar suara kecil apapun. Tapi ia berniat tidak peduli dan mengabaikannya. Tapi ia tak bisa mengabaikan suara seorang gadis meminta tolong pada tuhan untuk menyelamatkannya. Wanita itu adalah sang ibu tunggal tadi, yang bersama nenek, yang sedang mengandung bayinya dan menjadi korban tabrak lari. Ia kehilangan banyak darah dan hampir mati saat Kim Shin akhirnya datang. Sang wanita minta diselamatkan tapi Kim Shin diam saja, sang wanita terus minta tolong dan memohon paling tidak selamatkan bayi-nya. Kim Shin hanya menatap wanita itu sampai dia akhirnya menghembuskan nafas terakhirnya.

Kim Shin kemudian menghela nafas, karena wanita itu tidak meminta menyelamatkan nyawanya melainkan nyawa anak dalam kandungannya, Kim Shin mengatakan kalau wanita itu beruntung bertemu dengan dewa berhati lembut seperti dirinya. Dan lagi malam ini Kim Shin tidak ingin melihat seseorang mati. Ia mendekati wanita itu dan menyelamatkan nyawanya.

Beberapa saat kemudian malaikat maut Wang Yeo datang ke lokasi kejadian, ia menerima 2 kartu untuk membawa roh tapi tidak menemukan mayat korban disana. Ia mengecek kartu lagi dan jam-nya, waktunya benar. Dan ia mengecek lokasi kejadian, turun salju dan ada bunga yang mekar. Sepertinya ia yakin kalau itu perbuatan goblin.

Waktu berlalu, wanita itu melahirkan seorang anak perempuan. Wanita yang harusnya meninggal dan anak ayng seharusnya tidak dilahirkan. Para arwah di rumah sakit berkumpul untuk melihat bayi kecil itu, dan mereka mengatakan kalau dia adalah pengantin goblin.

Waktu berlalu, gadis kecil itu sekarang akan berusia 9 tahun. Ia tinggal berdua dengan ibunya dan sebentar lagi ia akan berulangtahun, meminta ibunya membelikannya cake dan tahun ini ia ingin membuat permohonan dan meniup lilin. Tapi sejak dilahirkan, gadis kecil yang bernama Ji Eun Tak ini bukan gadis yang biasa. Eun Tak bisa melihat makhluk gaib. Aku rasa itu adalah bawaan setelah ia diselamatkan goblin dan lagi ia memiliki tanda lahir di punggung lehernya.

Suatu hari dihari ulangtahunnya, Eun Tak pulang ke rumah dan menemukan ibunya dengan cake ulang tahun. Mereka akan merayakan ulang tahun Eun Tak sampai Eun Tak menyadari kalau yang ada dihadapannya bukan ibunya, melainkan roh ibunya. Ibu Eun Tak menangis mengetahui kalau puterinya benar-benar bisa melihat roh. Ia mengatakan pada Eun Tak kalau ia kecelakaan dekat supermarket dan mayatnya ada diruamh sakit, sebentar lagi akan ada yang menelpon. Ia mengatakan pada Eun Tak untuk keluar dengan syal nanti dan pergi ke rumah nenek penjual sayur dan lain kali Eun Tak tidak boleh menatap mata roh.Apalagi saat Eun Tak mengatakan ia bahagia bisa punya kemampuan ini karena bisa melihat ibunya seperti ini dan ibu menangis mengatakan kalau ia mencintai Eun Tak (Ia memanggilnya uri kangaji - anjing kecilku).

Lilin ulang tahun Eun Tak mati. Ia mengatakan ia tidak akan meniupnya karena toh tidak ada yang akan mendengar permohonannya.

Sebelum benar-benar pergi, ibu menemui nenek penjual sayur yang bisa melihat makhluk gaib juga. Ia meminta nenek mengawasi puterinya sekali-sekali, meski nenek menolak. Ibu mengingatkan nenek yang mengajarkannya dulu untuk berdoa dengan tulus dan berkat itu ia dan puterinya selamat dan hidup sampai sekarang. Ia datang untuk pamitan pada di nenek.
Meski nenek itu mengatakan ia menolak, ia datang menyelamatkan Eun Tak saat malaikat pencabut nyawa Wang Yeo datang untuk mengambil nyawa Eun Tak yang tidak bisa ia ambil 9 tahun lalu. Nenek berusaha melindungi Eun Tak dengan baik dan adu mulut dengan Wang Yeo.
Setelah Wang yeo pergi, nenek mengatakan pada Eun Tak kalau ia akan dijemput oleh saudara ibunya nanti dan ia ingin Eun Tak hidup bersama mereka, meski akan sulit, Eun Tak pasti bisa menahannya. Ia memberikan kubis sebagai hadiah ulang tahun.

Waktu berlalu. 10 tahun kemudian, cucu sang kakek sudah besar dan tampan, Yoo Duk Hwa (Yook Sung Jae) si playboy yang langsung mengajak minum gadis yang ditemuinya di jalan HAHHAHAHA. Jump time-nya unik, si nenek jadi gadis itu wkwkwkkwkw.
Dulu si kakek meminta cucunya memanggil Kim Shin sebagai paman, dan meski awalnya Duk Hwa kecil tak mendengar, sekarang dia memanggil Kim Shin sebagai paman. Ia menelpon dan minta uang karena kartu kreditnya dibekukan oleh kakeknya HAHHAHHAAHA. Meski Kim Shin dirumah, dia nggak ngangkat telpon dan asyik membaca sambil mendengarkan wkwkkwkw.

Sementara itu Eun Tak tumbuh menjadi gadis yang tidak punya teman di sekolahnya, karena banyak yang menjauhinya, mereka tahu ia bisa melihat hantu. Bahkan hantu-hantu banyak mendekatinya karena pengen punya teman ngobrol, tapi Eun Tak berusaha untuk menghindari mereka dan pura-pura tidak bisa melihat hantu. Tapi sulit HAHAHHAHAHA. Itu si hantu yang muncul kayaknya kenal wkwkkwkwkw.
Dan para hantu juga tahu kalau Eun Tak adalah pengantin goblin makanya mereka suka, tapi entah kenapa mereka kabur kalau melihat goblin-nya.

Dan saat ini lah pertama kalinya Eun Tak dan Kim Shin bertemu. Mereka berpapasan dijalan saat hujan, dengan efek slow motionnya, .
Aku bisa melihat Shin merasakan sesuatu pada gadis itu, karena matanya tidak bisa lepas. Sementara Eun Tak hanya menganggap Shin sebagai makhluk gaib yang biasa ia lihat, jadi tidak ada pikiran yang mengganggu.

Saat merenung di rumah, kakek memberikan Shin sesuatu, pasport dan beberapa dokumen. Ia mengatakan kalau ini adalah saatnya, ia sudah mengatur semuanya. Ia minta Shin pergi pada akhir bulan. Shin mengangguk. Kakek sedikit sedih karena jika Shin pergi kali ini mereka tidak akan bertemu lagi. Saat Shin kembali nanti, cucunya yang akan menggantikannya.
Lalu Duk Hwa datang ke rumah dan marah-marah pada pamannya karena pamannya tidak datang membawa uang, betapa malunya ia mengajak cewek makan tapi dia ga ada uang HAHAHAHHA.
Lalu ia melihat dokumen Shin dan ia menyadari kalau pamannya akan pergi lagi mencari pengantinnya itu, Duk Hwa ngomel-ngomel kenapa Shin tidak bilang saja kalau dia ingin menikah dengan orang asing HAHAHAHAHAHHA. Duk Hwa kayaknya masih nggak ngerti wkwkkwkw.

Kim Shin selama ini selalu mencari pengantinnya dan setiap wanita yang ia temui tidak bisa melihat pedangnya. Ia harus mencari wanita yang bisa melihat dan mencabut pedang itu. Kakek mengatakan kalau kadang ia merasa senang Shin tidak menemukan pengantinnya, dengan begitu mereka bisa bertemu seperti ini, tapi ia juga sedih Shin kesakitan karena pedang itu, meski ia tidak bisa melihatnya. Manusia itu serakah.

Lalu kita melihat kehidupan Eun Tak. Setelah ibunya meninggal, ia dirawat oleh keluarga ibunya. Ia bangun pagi hari untuk memasak untuk keluarga mereka dan ia bahkan tidak makan dengan duduk tapi berdiri karena ia akan terlambat sekolah kalau berlama-lama makan. Keluarganya sangat kasar padanya, bahkan bibinya selalu meminta Eun Tak memberikan buku rekening tabungan ibunya, meski Eun Tak bilang ia tidak punya, bibinya tidak percaya, ia yakin Eun Tak menyimpan buku tabungan asuransi ibunya. Kasar banged sumpah, udah dimasakin, melempar pake mangkuk,
Eun Tak melawan dan mengatakan kalau mereka sudah mengambil semua tabungan ibunya saat ibunya meninggal, tapi si bibi masih mikir ada tabungan lain. Dan lagi, keluarga mereka hanya punya 2 payung dan ia tentu saja tidak boleh memakainya kalau hujan.

Hari itu adalah uang tahunnya sekaligus hari kematian ibunya, ia tetap memasak sup rumput laut. Ia juga membeli cake dan akan merayakan ulang tahunnya di pinggir pantai. Ia menyalakan lilin dan membuat 3 permohonan, ingin dapat pekerjaan paruh waktu, tolong lakukan sesuatu pada bibinya yang kasar dan ingin mendapatkan pacar.
Ajaibnya, permohonan itu sampai ke telinga Kim Shin dan ia tak bisa mengabaikannya. Ia bingung kenapa ia mendengarnya. Dan anehnya, saat Eun Tak meniup lilin, Kim Shin muncul di hadapannya.

Ditarik paksa ke tempat dimana Eun Tak memanggilnya, tentu saja Shin terkejut, hal itu tidak pernah terjadi sebelumnya. Ia bertanya kenapa dan bagaimana Eun Tak memanggilnya, Eun Tak tentu saja bingung, ia tidak memanggil siapa-siapa dan ia juga tak mengenal Shin. Ia mengatakan mungkin karena mata mereka bertemu waktu itu saat hujan, ia jadi bisa melihat Shin. Ia berfikir Shin adalah hantu.
Shin masih bingung, ia biasanya bisa melihat umur dan masa depan seseorang, tapi ia tidak bisa membaca umur dan masadepan Eun Tak.

Eun Tak tidak terlalu ambil pusing meski Shin mengatakan kalau ini pertama kalinya terjadi padanya. Eun Tak kemudian melihat bunga yang dibawa Shin dan memintanya. Ia mengatakan sekarang ulang tahunnya, ulang tahun yang sangat menyedihkan, ia ingin Shin memberikan bunga itu sebagai hadiah untuknya. Ia selalu mendapatkan hadiah hijau di hari ulangtahunnya, saat ia berulangtahun ke-9, ia mendapatkan kubis. Shin memberikan bunga itu. Saat Eun Tak menanyakan apa arti dari bunga buckwheat dan Shin mengatakan artinya adalah 'lover.'

Kemudian pembicaraan beralih pada 3 permintaan Eun Tak dan Eun Tak tertarik karena Shin bisa tahu permintaannya. Shin mengatakan ia bisa mendengarkan dan mengabulkan permintaan orang yang berdoa. Eun Tak bersemangat dan malah meminta uang 5ribu won HAHAHHAHA. Shin tidak mendengarkan dan mengataakn Eun Tak harus berusaha sendiri, ia memberi petujuk untuk bekerja di kedai ayam goreng dan Eun Tak tak akan bertemu dengan keluarga bibinya dalam beberapa waktu jadi pamitlah pada mereka. Shin kemudian menghilang di hadapan Eun Tak yang berteriak bagaimana dengan permintaannya untuk punya pacar HAHHAAHHAHA.

Shin pulang ke rumah dan menemukan kalau Wang Yeo ada disana. Keduanya terkejut kenapa ada disana. Shin jelas mengatakan ia tinggal disana dan Wang Yeo mengatakan kalau ia akan menyewa rumah itu. Ternyata Duk Hwa akan menyewakan rumah itu HAHAHAHHAHA. Karena Shin juga akan pergi dalam wkatu yang lama jadi ia menyewakannya. Ia bahkan sudah menerima bayarannya HAHAHAH. Mobil mewah LOL. Shin meminta Wang Yeo pergi dari sana, ia akan mengembalikan uangnya, tapi Wang yeo menolak, ia sudah menandatangani kontrak dan memperlihatkan kertas kontraknya dan dalam sekali tembakan, Shin membakar kertas itu. KEREN! HAHAHHAHAH.

Keduanya sama-sama keras kepala, tidak ada yang mau pergi. Pada akhirnya mereka berdua memutuskan tinggal di rumah yang sama, meski masing-masing mengakui kalau itu rumah mereka. Permusuhan keduanya sangat unik HAHAHHAHA.
Makan di meja yang sama dengan makanan yang berbeda, satu salad, satu steak. Wang Yeo sengaja melempar bumbu ke gelas dan Shin melempar bubuk cabe ke salad Wang Yeo HAHHAHAH.
Semuanya sama-sama bilang itu nggak disengaja. HAHHAHAHAHAH.
Ini yang berdua asik banged! Ditunggu momen selanjutnya XD

Eun Tak sendiri jadi memikirkan Shin setelah pertemuan itu dan ia kelihatan percaya kata-kata Shin jadi memutuskan menemukan pekerjaan di kedai ayam goreng. Ia mendatangi hampir seluruh kedai di daerahnya sayang sekali ia tidak diterima disana. IA kesal sekali karena mau percaya pada Shin.
Saat ia istirahat di bangku taman, ia melihat kertas terbakar dan meniupnya, otomatis Shin muncul dan kembali kesal kenapa dan bagaimana Eun Tak memanggilnya. Eun Tak bersikeras dia tidak memanggil Shin. Shin yakin Eun Tak memanggilnya, karena ini tidak pernah terjadi sebelumnya. Eun Tak kemudian berfikir dan mulai percaya, ia bertanya pada Shin apakah Shin melihat sesuatu dari dirinya. Tapi Shin hanya mengatakan mengenai pakaiannya dan Eun Tak kecewa, dia pikir dia punya sayap atau semacamnya HAHHAHAHAH. Shin kesal dan menghilang.

Saat berdoa di gereja, Eun Tak mendapat petunjuk bagaimana cara memanggil Shin, yaitu dengan meniup api. Ia mengetesnya dengan lilin di gereja dan Shin benar-benar muncul di hadapannya. Shin kesal sekali tiba-tiba ada di gereja dan ia tak nyaman ada disana wkkwkwkwkw.
Bahkan Shin bisa dipanggil kalau Eun Tak meniup aplikasi lilin di handphonenya wkkwkwkwkw.
JAdi dengan mudah ia memanggil Shin. Shin benar-benar sibuk dan kesal Eun Tak main-main. Saat Shin akan pergi, Eun Tak memegang tangannya dan Shin terkejut Eun Tak bisa memegangnya sementara Eun Tak kepanasan karena memegang Shin.

Karena Eun Tak terus menganggu dengan mengatakan banyak yang ingin ia tanyakan, Shin setuju untuk bicara. Eun Tak menjelaskan awalnya ia kita kalau Shin adalah malaikat maut, tapi Shin tidak mengambil nyawanya. Kemudian ia pikir Shin adalah hantu, tapi Shin punya bayangan. Kemudian, Eun Tak mengatakan satu-satunya yang ada dipikirannya kali ini adalah goblin. Ia bertanya apakah Shin adalah Goblin?
Shin tentu saja kaget. Eun Tak mengatakan kalau ia adalah penganti goblin dan itu membuat Shin makin kaget. Eun Tak menunjukkan tanda lahirnya dan Shin ingat ia menyelamatkan seorang wanita yang mengandung sekitar 20 tahun lalu.

Shin kemudian meminta Eun Tak membuktikannya kalau ia memang pengantin goblin. Eun Tak bertanya bagaimana caranya. Shin menyuruh Eun Tak menatapnya dan katakan apa yang ia lihat. Eun Tak kemudian mengatakan Shin tinggi, pakaiannya mahal, usia sekitar 30an dan tampan.
TApi bukan itu yang diharapkan Shin, ia mengatakan jika hanya itu yang Eun Tak lihat, maka ia bukanlah pengantin goblin. Ia minta maaf karena Eun Tak bisa melihat hantu, tapi setidaknya bersyukurlah ia bisa hidup. Ia mengatakan Eun Tak adalah akibat dari ikut campur dalam urusan manusia.

Eun Tak tersinggung, ia mengatakan bagaimana kalau ia tidak mau bersyukur?
Shin mengatakan kalau Eun Tak bisa saja mati saat itu. Eun Tak kesal, ia bertanya sekali lagi apakah Shin Goblin. Tapi Shin mengatakan ia bukan.
Eun Tak bertanya lagi, lalu kau apa? Kau siapa berani menilaiku berarti atau tidak?
Shin membalas, bukankah kau bilang kau ingin menjadi lebih baik? Aku yang memikirkan tentang itu. Hiduplah dalam realitas bukan rumor, karena kau bukan pengantin goblin.

Shin pergi meninggalkannya. Eun Tak masih kesal dan mengejarnya. Shin membuka pintu dan Eun Tak mengikutinya. Eun Tak memanggilnya kalau mereka belum selesai. Shin shock melihat Eun Tak mengikutinya keluar dari pintu. Eun Tak terkejut karena tiba-tiba mereka ada di luar dan sepertinya ini bukan tempat yang ia kenal.
Shin masih shock dan bertanya bagaimana Eun Tak bisa mengikutinya. Eun Tak dengan polos mengatakan kalau ia hanya memegang gagang pintu dan mendorongnya. Ia melihat disekitar dan mulai menyadari kalau mereka ada di tempat asing. Karena banyak orang asing ia pikir mereka ada di Paju (kampung inggrisnya Korea). Eun Tak bertanya lagi dimana mereka dan Shin kemudian mengatakan kalau mereka ada di Kanada dan Eun Tak terkejut, bagaimana bisa?

Shin meninggalkannya dan Eun Tak mengikutinya. Ia bukannya shock atau bagaimana dan menganggap itu keren karena Shin bisa melakukan hal seperti itu. Shin mengatakan kalau ia kaget karena Eun Tak bisa melakukannya, ia makin penasaran siapa Eun Tak sebenarnya.
Eun Tak menatap Shin, Jika ini benar-benar Kanada dan ahjushi bisa melakukan ini, aku sudah membuat keputusan.
Shin terkejut, Apa? Apa yang kau bicarakan?
Eun Tak tanpa ragu mengatakan, Aku akan menikahimu. Aku sungguh berfikir kau goblin. Aku mencintaimu.

쓸쓸하고 찬란하神-도깨비 1Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang