Wattpad yang dulu tuh menurut gue masih minim kontes nulisnya. Di Indonesia, ya. Gue coba menjelajah Wattpad lewat browser juga kok ga ada, ya, kayaknya event resmi dari Wattpad yang dikhususkan untuk orang Indo.
Wajar, sih, sebenernya karena emang dulu sepi banget.
Tapi, sekarang gue seneng eheheh udah banyak kontes-kontes atau kampanye yang menyemarakkan Wattpad sekarang. Penulis jadi bisa bersaing dalam hal yang positif, entah itu dari mendukung kampanye atau bersaing secara sehat supaya ceritanya di-notice dengan buat cerita yang berkualitas.
Beberapa kampanye di antaranya yang pernah gue ikutin adalah:
1. #IndonesiaMembaca
Jujur, seneng banget pas ada kampanye ini. Kayak lumayan, lah, buat meningkatkan minat baca orang-orang. Selain itu, ini bisa jadi ladang author buat meningkatkan kualitas ceritanya supaya layak dibaca orang-orang dan naik ke permukaan.
Dari kampanye ini juga jadi ditemuin cerita-cerita bagus yang ada di Wattpad Indonesia, bisa diliat sendiri di daftar bacaan indonesia banyak cerita-cerita berkualitas di sana.
2. #StopPenindasan
Ini juga gue seneng banget pas ada kampanye ini, karena bisa sebagai penyemangat sekaligus motivasi untuk orang yang pernah atau masih ditindas supaya mungkin nunjukkin aksinya. Sekaligus juga sebagai tamparan bagi para penindas di luar sana supaya stop melakukan penindasan atau bullying.
Bagus, sih, tujuannya gue suka. Peminatnya juga lumayan banyak. Bagus-bagus juga cerita yang ikutan. Ada sebagian yang curhat tentang diri dia sendiri. Lumayan buat ngeringanin beban yang dia rasain dengan nulis di kampanye ini.
Jadi, bagus sih kampanye ini gue suka. Dan gue ikutin cerita gue juga yang My Girly Boy di sini /bukanpromosi HE.
3. #RealRandom
Ini salah satu kampanye yang baru gue ikutin sekarang, di works ini. Kalo kalian liat di cover works ini ada stiker oren-oren tulisannya 'Real Random' kan? Nah, itu bagian dari kampanye ini.
Kampanye ini sendiri diadain oleh wicksn yang telah meracuni gue akhirnya nulis random juga.
Tujuan dari kampanye ini juga gue suka banget, di antaranya adalah supaya gak ada lagi yang namanya genre lain kesasar di genre random! Karena itu sangat merugikan penulis yang bener-bener ceritanya genre random tapi jadi susah naiknya karena kelelep sama cerita yang salah genre itu.
Contohnya aja, genre random yang harusnya isinya contoh graphic showcase, tutorial, atau works sejenis gue ini jadi harus bersaing dengan fanfiction Ali-Prilly *oops
Sebenernya gak salah mau nulis ff itu juga, bukan urusan gue. Tapi genre-nya itu loh Mbak, Mas, nyasar. Mending beneran gatau yak, ini kadang udah dibilangin tetep gak dipindah juga supaya bisa dapet ranking.
Bubar aja bubar.
Jadi, gue sangat-sangat mendukung kampanye #RealRandom ini supaya kita bisa nunjukkin ke mereka kalo works kita ini yang bener-bener genre random.
Gileee mantap kan il gue promosi terselubung di sini. Pokoknya buat kalian yang punya works genre random, gue sarankan ikutin kampanye ini yang bisa langsung dicek di works doi.
Sebenernya masih banyak banget kampanye dan kontes-kontes yang ada di Wattpad sekarang ini, tapi gak mungkin gue bahas semua.
Ohiya, mau nanya2 sekalian buat sharing dong. Inline comment ya, guys.
1. Apa kontes nulis/kampanye lain yang kalian tau ada di Watty saat ini? Selain yang gue sebutin di atas, yaa.
2. Apa aja kontes nulis/kampanye yang kalian ikutin itu&kenapa pengen ikut kontes itu?
3. Menurut kalian keberadaan kontes nulis dan kampanye2 yang sekarang marak banget di Wattpad ini berguna gak, sih? Kalo iya, apa gunanya?
Dijawab ya:3
True?
KAMU SEDANG MEMBACA
Wattpad yang Dulu tuh....
Ngẫu nhiênMari kita bernostalgia! *** Notes: Gue bukan sesepuh juga, sih, di Wattpad. Tapi gue melihat perbedaan antara Wattpad pas gue pertama masuk, 2014, dan Wattpad yang sekarang. Mungkin kalian juga ngerasain? Yuk, share di sini! #1 Opini (12/01/2019)