Penutup

2.7K 397 42
                                    

Haii! Kayaknya gue harus menyudahi works ini sampai di sini. Kenapa? Karena gue juga udah bingung mau nulis apa lagi dan rata-rata yang baru-baru ikut sharing kurang lebih sama isinya sama yang udah di-publish di sini.

Sebenernya gue bingung kenapa lapak ini rame banget ya? WKWKW.

Jadi, gue berterimakasih sebesar-besarnya atas antusias kalian terhadap works ini sampe tembus 30k reads lebih dan jebolin notification gue 99+ setiap harinya sampe-sampe gue harus scroll jauh banget supaya gak ada notification update cerita atau komen yang kelewat.

Gue baca kok semua comment kalian di works ini. Cuman emang gak semuanya gue bales karena kadang gue juga bingung mau bales apa. Jadi gue cuman bales beberapa yang bisa gue tanggepin. Ohiya, belakangan ini udah mulai jarang, sih, bacain komennya karena banyak bgt dan gue pusing.

Kata-kata terakhir gue di works ini adalah:

1. Semua jaman di Wattpad ini punya kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Jadi, daripada kita terus berpaku sama jaman yang udah lewat, mending kita kembangin Wattpad jaman sekarang ini supaya lebih berkualitas ke depannya dan memperbaiki citra yang udah terlanjur buruk di mata orang non-pengguna Wattpad.

2. Kalau kalian merasa sekarang banyak cerita yang mainstream, bosenin, alur gitu-gitu aja, EBI amburadul, banyak typo atau gak jauh-jauh dari bad boy dll, kenapa gak mulai dari diri kita sendiri buat ngubah itu? Mari kita sama-sama buat cerita yang lebih bervariasi, berkualitas, dan layak dibaca. Jadi, daripada ngomong doang dan nyalahin keadaan, lebih baik kita mulai dari diri sendiri mulai sekarang buat cerita yang lebih menarik lagi. Gue sendiri pun lagi nyoba setahun belakangan ini.

3. Memang semua buku terobosan Wattpad di luar sana yang udah naik cetak ada yang SEBAGIAN menurut kita gak layak terbit atau gimana, tapi coba kita tahan diri buat nge-judge mereka karena belakangan ini gue baca tulisan paperromance bahwa mungkin mereka itu konsisten sama karyanya sehingga bisa sampe diterbitin. Misalnya update teratur di saat kita bahkan update setahun sekali. Pokoknya mari kita lebih ngehargain orang.

4. Soal beberapa buku di sini yang tiba-tiba diterbitin tengah jalan dan menelantarkan readers yang lagi asik baca, gue jadi mikir. Coba kita bayangin tuker posisi sama mereka. Kalo kita jadi mereka, cerita kita ditawarin penerbit dan atau ngirim ke penerbit lalu diterima tengah jalan cerita kemudian penerbit minta buat stop cerita kita di Wattpad demi kepentingan penjualan sebagai syarat, apa yang bakal kita lakuin?

Nolak penerbit dengan alasan 'kasian readers yang baca tulisan kita, nanti digantung dan mereka belum tentu bisa beli buku kita' atau nerima karena itu emang mimpi kalian?

Yak, gue sendiri juga bakal bingung kalo ada di posisi orang-orang tersebut. Jadi, mari kita hargain apapun keputusan orang-orang itu karena kita gak boleh egois juga jadi pembaca sampe mau ngorbanin mungkin mimpi penulis itu pengin nerbitin buku?

Udah deh sekian dulu. Panjang banget, ya, jadinya HAHAH. Akhir kata, gue mau mengucapkan maaf yang sebesar-besarnya kalo ada kesalahan kata dalam works ini yang mungkin menyinggung hati beberapa belah pihak.

Dahh! Kalau ada yang kangen sama gue, langsung mampir aja ke works gue yang lain^^

-Indah Melati-

Wattpad yang Dulu tuh....Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang