Uwais - 4

64 5 2
                                    

HARUSNYA Airin abis olahraga itu pergi ke kantin atau numpang tidur di uks dengan alasan sakit abis olahraga— kaya kebiasaan dia waktu SD sampe SMP, tapi karna tiba-tiba rok yang ada dilokernya itu tiba-tiba ilang, Airin harus ngerelain waktu berharganya buat nyari rok abu-abu yang tadi Airin yakini udah dia masukin ke loker.

Terlintas di otak Airin, apa disekolah se-elit ini ada maling rok? Kurang kerjaan banget. Dan karena bingung dan malah muter-muter ruang ganti sambil nilik-nilik ke sudut ruang ganti —siapa tau diseret tikus sekolah?

"Make olahraga ke kelas, emang gapapa ya?" Airin bermonolog, dan akhirnya dia make baju olahraga ke kelas. Siapa peduli kalo nanti Airin bakal kena sindir guru matematika nya karna dia masih make baju olahraga yang pasti udah bau keringet. Lagipula semua kelas disekolahnya itu udah ada air conditioner nya.

"Loh?" Airin hanya mengedikkan bahunya acuh dan langsung duduk di bangkunya. Disamping Uwais.

"Kok lo gak make seragam?" Airin menoleh, "Ada yg iseng ngumpetin."

Setelah Airin berujar, Uwais langsung beranjak dan menarik tangan Airin untuk ikut dengannya. Awalnya Airin berontak, tapi waktu Uwais menoleh sambil bilang, "Gue tau sapa yang ngumpetin seragam lo."

Dan akhirnya Airin pasrah aja diseret Uwais sampai ke lapangan. "Ngapain lo bawa gue ke lapangan?" Uwais gak ngejawab, dia hanya menunjuk keatas, kepucuk tiang bendera dengan jari telunjuk. "Gak ada kerjaan emang."

Lima detik berikutnya Airin mendelik, namun detik keenam dan seterusnya, dia langsung gerak cepet nurunin roknya yang udah melayang-layang kayak bendera di tiang yang tingginya tiga meteran itu.

Airin gak tau siapa yang bisa sejail ini sampe rok dia digantung di tiang bendera di lapangan—yang mestinya sekarang Airin udah jadi pusat perhatian dari banyak siswa. Airin mah bodoamat sama yang lagi ngeliatin dia dari depan kelas mereka yang emang ada mengelilingi lapangan utama. Yang gak habis pikir, perasaan Airin baru beberapa hari disini, bahkan belum ada seminggu Airin pindah tapi udah ada yang jail kedia.

Apa mungkin Airin cari gara-gara sama anak sekolah sini yak? Tapikan, boro-boro nyari gara-gara, dia kenal orang disini juga bisa diitung jari. Lah trus siapa?

"Rok nyangkut ditiang bendera tuh rasanya udah hampir tiap hari disini." Airin menoleh kearah Uwais yang sekarang udah melangkah sejajar dengan dia kearah ruang ganti, niatnya Airin mau langsung ganti sih.

"Ya." Uwais mendengus waktu dia cuma dapet sekata dari bibir Airin. Ekspektasi Uwais itu, Airin bisa lebih akrab lagi sama dia kayak dulu. Atau seenggaknya dia mau ngerespon omongan Uwais walau itu gak penting-penting banget buat Airin itu dengan baik. Bukannya dapet respon sekata-sekata kaya gini. Sebenernya Airin tuh gak secuek ini sama Uwais. Bahkan dulu mereka akrab.

Tapi itu dulu. Ya, Uwais tau itu.

"Lo masih suka akustik gak? Dulu kan lo suka banget kalo gue main gitar." Kalo topik pertama gak berhasil, Uwais masih bisa bikin topik pembicaraan lain biar Airin ngomong. Seenggaknya lebih dari sekata-duakata.

Kayaknya topik yang dipilih Uwais berhasil. Buktinya sekarang Airin berhenti dan langsung ngadep Uwais ngebuat Uwais melebarkan senyumnya sampe kedua matanya menyipit, "Ya—

"Kalo gitu nanti kerumah gue dulu yuk? Entar gue Kasih li—

—Sayangnya gue ga minat. Terus, lo mau masuk ruang ganti cewek? Pergi sana. Dasar mesum." Senyum lebar Uwais berganti jadi senyum getir waktu Airin mendorong dia menjauh dari ruang ganti di sekolahnya yang isinya cuma ada sekumpulan loker dari besi berjejer di tembok dan Airin langsung masuk dengan ditandai suara keras pintu tertutup.

Uwais Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang