Uwais - 6

9 2 0
                                    

Sesampainya di rumah, Uwais Dan Airin disambut oleh Ayah Dan Ibu Uwais. Dengan muka ceria. Uwais mengernyit. Selama 17 tahun dia jadi anak orang tuanya, Uwais bahkan bisa menghitung dengan jari berapa kali kedua orang tuanya menyambut kedatangannya dengan muka seceria itu.

"Eh Airin udah dateng ya."  Adel , ibu Uwais tersenyum sambil mengambil alih Airin yang ada disamping Uwais. Menuntunnya untuk duduk disofa ruang keluarga dirumahnya. "Kamu udah gede dan tambah cantik ya sekarang."

Airin meringis, "Tante lebih cantik." Airin lalu duduk di sofa yang berhadapan dengan Satya, Ayah Uwais. "Om Satya juga makin ganteng." Airin tertawa sambil mengacungkan kedua jempol nya kearah Satya yang sedang melihatnya dengan tatapan geli yang menahan tawa.

Adel tertawa, "Kamu bisa aja. Lihat aja tuh muka ayahnya Uwais udah keriputan kaya gitu udah gaada ganteng-gantengnya." Airin tertawa. "Justru itu pesona om Satya, Tanteee."

Satya berdiri dari duduknya. Menghampiri Uwais yang sedari tadi masih berdiri diambang pintu. Melihat keakraban orang tuanya dengan Airin. Yang belum pernah dirasakan Uwais selama ini. Dalam hati dia berfikir, sepertinya dia memang bukan anak kandung orang tuanya. Uwais merasa sangat sangat terasingkan saat ini.

Satya berdiri disebelahnya. Menepuk pundak Uwais, menyadarkan pemuda itu dari lamunannya sedari tadi. Uwais menoleh, menatap ayahnya yang sedang tersenyum tipis. "Jagain Airin selama dia disini ya."

Uwais mengernyit. "Kalian juga dong. Masa cuma Uwais doang yang jagain Airin?"

Satya sembari melangkahkan kakinya kearah Airin, dia berujar "Ayah sama ibu juga bakal ada perjalanan dinas ke Bandung besok."

Airin yang mendengarnya langsung mengalihkan mata sepenuhnya kepada Satya. "Om sama tante juga mau pergi? Trus Airin disini sendirian?" Adel menggeleng, tangannya menunjuk kearah Uwais yang sekarang sudah duduk di jajaran sofa yang menghadap televisi di ruang keluarga rumahnya. Mengambil remote lalu menyalakannya. "Tenang aja, kan ada Uwais yang bakal jagain kamu." Adel tersenyum lebar. "Disini juga ada bi Ika yang bakal masakin tiap hari."

Airin meringis mendengarnya. Daripada disini bareng Uwais, Airin lebih mending dirumah sendirian. Beneran deh. Padahal, dari dulu Airin gak pernah ada fikiran untuk ketemu lagi sama Uwais. Apalagi bakal tinggal serumah dalam seminggu kedepan.

"Kalo gitu Om sama Tante ke kamar dulu ya. Kamar kamu udah tante beresin tadi. Nanti kalo kamu butuh apa-apa ngomong aja ke Bi Ika atau ke Uwais langsung ya."

***

Sekarang udah jam sebelas. Dan Airin udah ngantuk. Airin dari dulu emang paling gabisa begadang. Mau besoknya libur pun Airin tetep gabisa begadang. Apalagi sekarang, kengantukan yang Airin rasakan sekarang udah berkali-kali lipat karna dia sekarang ga ngapa-ngapain. Airin pengen banget pergi kekamar lalu merebahkan diri diatas kasur dan tertidur lelap sampe pagi. Tapii..

Airin menoleh kesamping kanan, disana ada Uwais yang lagi asyik nonton acara komedi didepan televisi. Dari tadi dia nunggu, tapi Uwais sama sekali ga ngomong apapun dan sama sekali ga nawarin diri buat nganterin ke kamar yang tadi Adel katakan.

Fiks. Airin ga kuat lagi. "Lo gaada niatan buat nganterin gue ke kamar apa? Gue ngantuk banget."

Uwais menoleh, matanya membulat, gawat. Dia lupa kalo diruangan ini ada orang lain selain dirinya. "Lo kenapa belum masuk kamar?" Tanya nya linglung.

Airin memutar bola matanya. "Lo belum ngasih tau kamar nya yang mana bodooh." Airin mendengus yang hanya dibalas cengiran oleh Uwais.

Cowok itu berdiri, "Yuk gue anterin." Lalu berjalan sambil membawa tas bawaan Airin. Sedangkan Airin juga segera mengikuti langakah Uwais dari belakang.

***

Pagi ini Airin bangun pagi dan udah melangkahkan kaki keluar dari kamarnya. Biasanya,  Airin bahkan langsung tidur lagi setelah subuhan di hari weekend. Tappi, Airin sadar diri, sekarang dia lagi numpang dirumah orang. Jadi, mau ga mau Airin harus bangun pagi dan ikut bantuin bi Ika masak pagi ini.

"Bi Ika, Airin cantik ga hari ini?" Gatau kenapa, padahal Airin baru kenalan sama bi Ika pagi tadi, tapi dia udah ngerasa akrab banget. Airin yang biasanya males ke dapur aja sekarang malah betah nemenin bi Ika masak. Bahkan ga jarang Airin melontarkan gurauan yang bikin bi Ika tertawa terpingkal-pingkal. "Neng Airin kan emang cantik dari lahir. Hahaha"

Bi Ika itu udah di umur 50an, pembawaannya lembut bikin Airin nyaman. Airin jadi iri sama Uwais yang dari dulu bisa bareng bi Ika. Btw, Uwais mana ya.

Pasalnya sekarang udah jam 7. Tapi Uwais belum nongol dari tadi.

Enggak. Bukan. Bukannya Airin penasaran apalagi kangen, tapi yaa aneh aja tuan rumahnya malah dari tadi ga nongol. Kan ngeselin.

"Bi, Uwais emang kebo banget ya?" Makanan udah siap semua di meja, dan sekarang Airin cuma lagi nunggu yang punya rumah buat keluar. "Iya neng. Bahkan tiap pagi Mas Uwais tuh selalu kesiangan kalo berangkat sekolah. Padahal uadah bibi bangunin lho."

Airin membuang nafasnya. Yah Uwais emang kebo dari dulu.

"Eh yaampun Airin nyiapin ini semua?" Adel dan Satya keluar kamar dengan sudah berpakaian rapih dan dengan koper sedang disampingnya. "Rajin banget ya Airin. Tante jadi makin suka."

Airin tertawa dan menggeleng. "Engga tante, tadi Airin cuma bantuin bi Ika. Semua yang masak jelas bi Ika. Hehe."

Sebelum Adel duduk di kursi, dia berujar, "Airin tolong bantuin tante bangunin Uwais ya. Dia setiap hari abis subuhan malah langsung tidur lagi sampe kebablasan." Lalu dia menunjuk pintu coklat muda yang didepannya bertuliskan 'FLASH AREA' dengan tulisan hitam tebal.

Airin pengen nolaaak! Tapi lagi-lagi dia harus tau diri dan cuma bisa bilang, "Iya tante." Lalu berjalan kearah kamar Uwais si kebo.

Cklek! Yang pertama Airin lihat pas masuk kamar Uwais adalah, meja belajar yang rapih. Buku-bukunya tertata rapi dan.. ada foto berpigura.

Mata Airin membelalak, foto itu, tiga anak kecil yang sedang tertawa ceria didepan danau. Itu foto dia dan Uwais, juga Aisa. Dengan mata berkaca-kaca, Airin mengambil foto itu. Airin jadi inget masa kecil nya dulu.

Dulu, dia dan Uwais itu temen kecil. Mungkin pas umur 10. Airin inget banget dulu mereka suka main bertiga didepan danau di dekat rumah Aisa. Bermain tanpa tau waktu dan berakhir dicariin orang tua mereka aktu maghrib menjelang.

Airin tertawa. Dia kangen Aisa. Aisa kecil yang selalu berbagi curhat tentang pahitnya obat dan bagaimana rambutnya mulai rontok ketika pulang dari rumah sakit. "Aisa, gue kangen.." Air mata Airin meleleh. Dia terduduk di pinggiran kasur Uwais. Jarinya mengelus wajah ceria Aisa di foto itu.

Airin masih mencoba menghapus air matanya ketika tiba-tiba ada yang merangkul dia dari belakang seakan menenangkannya. Airin lupa kalo sekarang dia lagi ada di kamar Uwais. Asem dia malu kalo ketahuan nangis kejer di kamarnya.

Lalu seakan sadar, Airin berdiri dengan tiba-tiba dan langsung meletakkan pigura itu di tempat awal lalu buru-buru melangkah keluar sambil menhapus air matanya. Tapi sebelum benar-benar pergi, dia menatap Uwais yang masih setia pada posisi duduknya. "Cepet bangun trus sarapan. Om sama tante udah mau pergi." Lalu Airin keluar tanpa menutup pintu.

***

Kamu telah mencapai bab terakhir yang dipublikasikan.

⏰ Terakhir diperbarui: Jan 28, 2022 ⏰

Tambahkan cerita ini ke Perpustakaan untuk mendapatkan notifikasi saat ada bab baru!

Uwais Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang