Tanda baca

672 48 5
                                    

CARA MEMBERI TANDA BACA PADA DIALOG

1. Beri tanda baca pada kalimat yang berakhir dengan kata-kata dialog.

 Saat menulis dialog, hal terpenting yang perlu kalian ingat adalah bahwa kalian harus meletakkan dialog itu di dalam kerangka tanda kutip dan menutupnya dengan sebuah tanda koma di dalam kutipan itu kalo kalian bakalan menambahkan kata-kata tertentu yang menunjukkan pembicaranya.
🔪Contoh :
🐱 “Aku ingin membaca buku saja sambil berbaring di ranjang sepanjang hari,” Mary berkata.
🐱 “Aku sangat ingin melakukannya, tetapi sayangnya aku harus pergi bekerja,” Tom berkata.
🐱 “Kamu bisa beristirahat selama akhir pekan nanti,” ujar Mary.

2. Beri tanda baca pada kalimat yang diawali dengan kata-kata dialog.

Saat kalian memulai sebuah kalimat dengan kata-kata yang menunjukkan dialog, aturan yang sama tetap berlaku. Perbedaannya hanyalah, kalian menggunakan kata kerja dan kata ganti atau nama pembicara di awal kalimat, kemudian diikuti dengan sebuah tanda koma, tanda kutip pembuka, isi dialog, tanda titik atau tanda baca penutup lainnya, lalu tanda kutip penutup.
🔪Contoh :
🐱 Mary berkata, “Kupikir aku akan makan cupcake saja untuk sarapan.”
🐱 Tom berkata, “Apakah menurutmu itu adalah pilihan yang paling sehat?”
🐱 Ia menjawab, “Tentu saja bukan. Tapi justru itulah yang membuatku sangat tergoda.”

3. Beri tanda baca pada kalimat yang memiliki kata-kata dialog di tengah-tengahnya.

Cara lain untuk memberi tanda baca pada sebuah dialog adalah dengan menempatkan kata-kata yang menunjukkan adanya dialog itu di tengah-tengah kalimat. Ini bakalan menciptakan suatu jeda sementara kalian lanjutin kalimat itu.
🔪Contoh:
🐱 “Aku ingin berlari,” Mary berkata, “tetapi aku lebih suka duduk-duduk saja di kursi goyang ini.”
🐱 “Ada beberapa hal yang lebih menarik lagi daripada duduk-duduk di kursi goyang,” kata Tom, “tetapi kadang berlari adalah satu-satunya hal yang perlu kamu lakukan.”
🐱 “Aku tidak perlu berlari…” Mary menjawab, “sama seperti aku tidak perlu ada kerikil di dalam sepatuku."

4. Beri tanda baca pada kalimat-kalimat yang memiliki kata-kata dialog di antara dua kalimat dialog.

Salah satu cara untuk kalian kasih tanda baca pada dialog adalah dengan menandai salah satu kalimat seperti biasa, dengan memberi tanda titik di akhir, lalu memulai kalimat baru tanpa menunjukkan pembicaranya sama sekali. [Menurut konteksnya, seharusnya akan tampak jelas bahwa pembicaranya adalah orang yang sama.]
🔪Contoh:
🐱 “Murid baru di sekolah tadi kelihatannya baik,” Mary berkata. “Aku ingin berkenalan lebih jauh dengannya.”
🐱 “Menurutku dia kelihatan agak sombong dan tidak ramah,” jawab Tom. “Kamu baik juga, mau berteman dengannya.”
🐱 “Aku tidak tahu,” kata Mary. “Aku hanya suka memberi kesempatan saja kepada orang lain. Kamu perlu melakukannya juga kadang-kadang."

5. Beri tanda baca pada dialog yang tidak mencantumkan kata-kata dialog.

Banyak dialog yang sama sekali tidak membutuhkan kata-kata tertentu yang menunjukkan adanya dialog. Dari konteksnya, akan tampak jelas siapa pembicaranya. Demikian pula, jangan berulang-ulang menuliskan “ia berkata” setiap kali ada kalimat yang diucapkan.
🔪Contoh:
🐱 “Menurutku hubungan ini tidak bisa dilanjutkan lagi.” Mary bermain-main dengan pulpennya.
🐱 Tom menunduk memandangi lantai yang dipijaknya. “Mengapa kamu berkata begitu?”
🐱 “Aku berkata begitu karena aku merasakannya. Hubungan ini tidak akan berhasil, Tom. Bagaimana mungkin kamu tidak bisa melihatnya?”
“Mungkin memang aku sudah buta.”

Source : WikiHow
Saat aku liat tuh yang di atas ☝otakku merasa kebuka karena ya gitu :v /fliptablenojutsu/

Ini masih materi. Jadi kayak berhubungan dengan tanda baca, dan sebagainya. Kapan kapan baklan share tips 💞.

Aku motong motong bagian yang menurutku paling penting. Biar nggak ribet juga liatnya.
Hanya mengubah beberapa kata make bahasa nonbaku.
Karena menurutku sih, pake bahasa non baku bakalan lebih cepat ngerti.
Btw ini masih part 1 hohoho

Kalo merasa bermanfaat jangan lupa ninggalin jejak ya.
 
[Minta saran juga nih
Bagusnya kita /para admin/ make bahasa yang baku kayak para bangsawan, ato pake bahasa non-baku kayak anak gaul zaman sekarang? Komen ya 👇]

Bandung, 9 April 2017
Tertanda

💤

PANDUAN MENULIS FIKSI [ MATERI PW ]Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang