CARA PENGGUNAAN TANDA PISAH (—)
1. Tanda pisah (—) membatasi penyisipan kata atau kalimat yang memberikan penjelasan khusus di luar bangun kalimat.
Contoh:
🍃 Wikipedia Indonesia—saya harapkan—akan menjadi Wikipedia terbesar.
🍃Ananda Nugraha—setelah gue selidiki—adalah ketua osis yang banyak disegani para siswa SMA Nusantara.
🍃Lagi-lagi, sahabat dekatku—yang gilanya kadang-kadang kelewatan—marah marah tak jelas.2. Tanda pisah (—) menegaskan adanya posisi atau keterangan yang lain sehingga kalimat menjadi lebih tegas.
Contoh:
🍃Rangkaian penemuan ini—evolusi, teori kenisbian, dan kini juga pembelahan atom—telah mengubah konsepsi kita tentang alam semesta.
🍃Hal yang dilakukan para ilmuwan bertopeng hitam—membuat ramuan, menyeludup, menemukan teori baru—telah mengubah konsepsi para manusia abad 21 tentang alam semesta.
🍃Saat ia mengajakku keluar—makan, menonton, melihat pertunjukan musik—aku tak bisa berpikir dua kali untuk menolak.3. Tanda pisah (–) dipakai di antara dua bilangan atau tanggal yang berarti sampai dengan atau di antara dua nama kota yang berarti 'ke', atau 'sampai'.
Contoh:
🍃 1919–1921
🍃Medan–Jakarta
🍃10–13 Desember 19994. Tanda pisah en (–) tidak dipakai bersama perkataan dari dan antara, atau bersama tanda kurang (−).
Contoh:
🍃dari halaman 45 sampai 65, bukan dari halaman 45–65
🍃antara tahun 1492 dan 1499, bukan antara tahun 1492–1499
🍃−4 sampai −6 °C, bukan −4–(−6 )°CCr. Wikipedia / untuk contoh nomor 1&2 gue tambah, biar lbh ngerti 😂/
Note ~
Gue nge-skip cara penggunaan tanda yang kayak tanda titik, koma, dkk. Gue nge-skip bukan berarti tanda yang kayak gitu ga penting, ya.
Tapi menurut gue, itu selalu didapat pas sekolah. Kalo gue kasih, ya palingan isinya juga sama :v. Makanya, menurut gue lbh baik dilompati sajaa 😂.
Tapi kalo ada kesempatan, gue coba rangkum yak.
(thankyou)
Bandung, 9 April 2017
Tertanda💤
KAMU SEDANG MEMBACA
PANDUAN MENULIS FIKSI [ MATERI PW ]
RandomPanduan ini dibuat untuk kalian yang ingin belajar menulis. == Mau jadi penulis tapi tak paham EBI? Typo dimana-mana? Struktur kalimat belum benar? Dialog bertele-tele? Alur cerita yang tak tahu bagaimana? == Kalian perlu baca materi ini!!