05. Tipe-Tipe Writer's Block

4.6K 709 325
                                    

Jadi hari ini, gue lagi ditimpa musibah amat memilukan yang biasa disebut dengan istilah writer's block.

Writer's block, suatu keadaan dimana otak lo lagi buntu-buntunya, enggak bisa dipake mikir, dan semua ide yang sedang mengalir sama sekali gak ada yang tampan.

Biasanya, fenomena mahadahsyat ini bisa ditanggulangi pada saat lo lagi ngeden di kamar mandi, atau saat lo lagi guling-gulingan gak bisa tidur, bahkan saat lo lagi megang gayung di waktu mandi.

Tapi writer's block ini rada susah buat dibikin reda kalo emang otak lo lagi ngambek buat diajak berimajinasi.

Pada saat fenomena ini menimpa lo, otak lagi rajin-rajinnya mengode diri lo biar dia dikasih cuti bentar buat holiday bersama keluarga.

To be honest, otak juga punya keluarga. Ada musik, film, drama menye-menye, buku komik, dan hal-hal lain yang termasuk kedalam daftar penghibur manusia.

Keluarga si otak ini bisa juga buat menanggulangi masalah writer's block kita. Biar kita gak terlalu out of topic dan malah ngegosipin keluarga si otak yang katanya mau ada yang cerai, kita beralih aja ke cara menanggulanginya.

Tapi sebelum itu, kita nge-date dulu sama tipe-tipe fenomena writer's block berikut ini:

NB: Mohon dimaafkan bahasa gue yang menyerupai
Mbak-Mbak navigasi Google Maps.

1.TIPE SATU: THE NGIBRIT IDEA.

Ini adalah tipe writer's block dimana pada saat itu, ide lo lagi ngibrit kagak tau kemana. Apalagi buat yang doyan pake teknik let it flow, pasti sering banget kehabisan ide buat mikirin adegan selanjutnya.

BENER GAK?

KALO BENER, COBA IDUNGNYA MEKAR.

Hari-hari sebelumnya, imajinasi lo luas banget tuh. Ngetiknya cepet banget, sampe-sampe banyak typo bertebaran dan membuat sepasang mata pengen cepet-cepet kawin karena hal itu.

Tapi suatu saat nanti, cepat atau lambat, lo pasti bakal ngerasain sama yang namanya; "gue gak tau lagi nanti mereka bakal ngapain dan twist nya apaan."

Yah, itu yang sedang gue rasakan sekarang.

2.TIPE DUA: THE MANDET-MANDET IDEA.

Ini adalah tipe writer's block dimana pada saat itu, ide lo lagi adem ayem mengalirnya. Tapi ketika lo tuangkan dalam bentuk kata-kata, idenya suka tiba-tiba mandet.

Bisa dibilang, tiba-tiba bingung kelanjutannya apa. Padahal waktu lo lagi berimajinasi, idenya udah dierami baik-baik biar berkualitas. Berkualitas kayak telor ayam yang biasa dijual di Alfamart atau di All Fresh. Ya gak? Iyain dong.

Selain itu, ide lo bisa mandet-mandet seperti poopy karena pada saat itu, otak lo lagi kena wabah finding dory sesaat. Lo tiba-tiba lupa alurnya, lupa tanpa kepastian.

#Anjay.

3.TIPE KETIGA: THE 'NIKUNG MULU LO' IDEA.

Ini tipe yang paling sulit ketimbang dua poin diatas. Pasalnya, lo udah berakit-rakit ke dimensi Doraemon buat dapetin ide yang layak publish dan kebetulan, lo suka sama idenya. Istilahnya lo udah cocok banget sama ide itu dan mantap buat nikahin dia.

Tapi sayang-sayange, pada saat lo lagi baca cerita punya orang lain, ternyata ide lo itu udah dipake sama si penulis tanpa adanya unsur kesengajaan.

Dan pastinya, jantung lo udah ngesot-ngesot gak tau kemana saking sakit hatinya ngerasa ditikung. Yaaah, walaupun emang gak sengaja. Tapi rasanya tetep sesedih ditangkep polisi karena ganja.

(Un)Helpful Book to Read In Case You BoredTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang