Hidup selalu punya dua pilihan; gampang sama susah. Sewaktu kita milih yang susah, ganjarannya cuma satu : pilihan itu emang benar-benar susah.
~ Miss Move on nahan marah ~
(*)
Ini rekor. Sejarah! Selama hampir tiga tahun gue kerja di Jaya Metal, ini pertama kalinya gue masuk pagi, yah kecuali pas hari pertama kerja dulu. Sekuriti aja sampai bengong tadi lihat gue. Ya gimana nggak? Seluruh kantor juga tahu, gue kalau dateng ya jam delapan pas. PAS! Nggak lebih apalagi kurang. Tapi, sekarang masih jam setengah tujuh, kantor bahkan masih sepi, cuma ada OB yang bersih-bersih, ditambah satu orang yang gue tahu nggak pernah mau rugi manfaatinn fasilitas kantor. Siapa lagi kalau bukan Bimo.
Jaya Metal itu punya lapangan basket di halaman samping, yang kadang bisa jadi lapangan badminton juga sama tenis. Kalau sore, suka ada anak—anak cowok main di situ. Atau Minggu yang jadi jatahnya Pak Paulus sama gengnya main tenis. Dan Bimo, gue tahu dia selalu datang pagi biar bisa main basket, kadang janjian sama Rama tapi lebih sering sendiri.
Dan bener aja, pas gue ke sana Bimo lagi iseng nembak-nembakin bola ke ring.
“Bim!” teriak gue. Bimo yang lagi nyoba three point shot langsung berhenti.
“Hei, Bri! Tumben pagi banget, kenapa? Kesambet ya…. Atau ada masalah kerjaan? Nggak bosen-bosennya lo bikin ulah, Bri.” Begitu selesai ngomong, dia langsung nembak dan … masuk! Ah, Bimo masih kayak dulu, jagonya three point.
“Negatif aja lo sama gue, Bim! Gue kan sengaja dateng pagi.”
“Oh, ya? Kenapa?” tanyanya lagi sambil ngos-ngosan ngejar bola, lalu mendribble sampai ke lingkaran tembak. Gue perhatiin aja dia lari dari situ, lalu loncat tinggi begitu deket ring. Perfect lay up dan itu ngingetin gue pas pertama kali lihat Bimo dulu.
Pelan, gue jalan nyamperin Bimo. “Gue sengaja mau ikutan main,” jelas gue begitu udah sampai di depannya.
“Hah? Seriusan? Kok pakai baju begitu?” Sambil ngatur napas, Bimo ngelihatin gue dari atas sampai bawah yang emang sama sekali nggak ada pantes-pentesnya megang bola. Secara ya, gue udah manis gini pakai rok, pakai blouse putih, pakai high heels pula.
“Kenapa? Takut? Gue mau nantangin lo. Mau ngajakin taruhan!” tantang gue lagi sambil melepas sepatu yang gue pakai.
Bimo ketawa sementara gue cuma senyum-senyum doang. “Nantang? Taruhannya apa?”
“Kalau gue menang, gue mau minta kado sama lo!”
Doi manggut-manggut sambil senyum. “Terus kalau lo kalah?”
“Gue nggak bakal kalah. Gue selalu dapet yang gue mau.”
Bimo makin ngakak. “Adeeh … sombongnya! Untung cakep lo, Bri! Oke, jadi mau minta kado apa!”
“Jam Esprit yang gue incer.”
Senyum Bimo lenyap. Matanya yang hitam gelap itu ngelihatin gue intens. Gue nggak tahu apa yang lagi dia lakuin, tapi apapun itu … gue nggak suka. Nggak tahu kenapa.
“Okey! Gue beliin!” Dan tebak, Bimo senyum lagi. Nih orang sinting kali ya!Mendadak gue ngerasa kesel, marah, nggak tahulah apa namanya. Gue berasa lagi dimainin sama Bimo, tapi alasannya apa gue juga nggak tahu. Yang pasti, gue nggak suka ngelihat ekspresi Bimo yang jelas-jelas berusaha biasa aja padahal udah ketahuan. Itu tolol namanya.
“Ladies first!” katanya lagi sambil nyodorin bola basket ke depan muka gue. Matanya masih ngelihat gue dan entah kenapa gue makin marah. Jeda sebentar, gue ambil bola di tangan Bimo dan gue langsung dribbling mundur sampai hampir ke tengah sementara Bimo masih aja diam di tempat. Dan selama itu, mata kita masih aja lihat-lihatan.