7. Males Nulis

441 55 8
                                    

Males nulis adalah penyakit penulis, termasuk aku juga 😂 beda dengan Writers Block yah. Kalau WB pengen nulis gatau apa yang mau di tulis. Kalau males, ide banyak merasa enggan untuk nulis padahal di bayangan kita udah banyak adegan dan itu susah buat ditulis. Jadilah kita males. Nah semoga tips dibawah membantu yah 📖

– Jenuh menulis? Coba pindah tempat menulis. Yg tadinya di kamar jadi ke coffee shop. Beda tempat, beda sudut pandang.

– Agar tdk buntu di tengah jelan, skema ‘awal-tengah-akhir’ cerita sudah harus jelas di kepala sebelum mulai menulis. Jadi kalian bisa menulis dengan santai dan tinggal merangkai kata.

– Agar cerita mengalir? Terus-menerus ajak si tokoh ngobrol. Biarkan ia ‘berkicau’ di kepalamu. Kamu akan dapet ide dan ingin nulis lagi.

– Sumber inspirasi cerita paling mudah adalah kisah hidup kamu; kamu tahu detail apa saja yg terjadi. Kamu tokoh utama nya.

– Latihan menulis bisa dimulai dg membuat cerita 1,000 kata dari videoklip yg kamu lihat di TV atau laptop.

– Bingung mau menulis cerita apa? Coba tanya ke diri sendiri: paling suka baca buku genre apa? Itu jawabannya.

– Mengamati tweets orang bisa jadi sumber inspirasi untuk karakter tokoh cerita.

– Cerita nggak kunjung selesai? Boost your mood. Selalu buat music playlist berbeda yg sesuai dengan karakter cerita untuk teman menulis. *ini yang sering aku lakuin.

– Agar cerita fiksi padat, ciptakan dialog antar tokoh yang sarat informasi & ‘menjalankan’ cerita, bukan hanya celotehan basa-basi.

– Seorang penulis adalah seorang pengamat, ia menulis hasil pengamatan nya tentang kehidupan dari sudut pandang nya.

– Cari ide cerita juga bisa dari status update Facebook teman atau “kicauan seru” di Twitter.

– Bikin bbrp alternatif ending. Diamkan minimal 2 minggu. Lalu baca kembali. Biasanya keliatan mana ending plg sreg.

Sumberhttps://mybfnabilah.wordpress.com/schools-room/fanfic-writing-penulisan-ff/

Belajar Menulis Fanfiction ✔Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang