8. Menulis Beberapa Judul Dalam Waktu Yang Sama

506 47 10
                                    

Topik kali ini tentang Nulis ff lebih dari satu judul dalam waktu yang bersamaan. Sett dah judul di atas panjang bener keknya 😂🔫

Denger nya pasti bingung kan yah, nulis satu judul aja kadang suka mandet, kan? Apalagi nulis beberapa judul. Bisa-bisa botak nih kepala gegara panas terus rambut rontok :v engga deng canda.

Oke, kali ini Ara mau bagi Tips biar ga ribet nulis lebih dari satu judul dalam waktu yang bersamaan ⬇ Dont judge, because this is my version 😂

Biar gampang bahas nya. Aku bikin Judul ff satu dengan Another Love, yang ff ke dua dengan Insensibly.

Pertama-tama sih tentu nya kudu dapet feel kan yah? 😂🔫 Nah, sekarang pertanyaan nya gimana bisa dapet feel kalau nulis dua judul yang berbeda alur?

1. Biasa nya Ara baca ulang Chapter sebelum nya. Nah disitu kalau Ara udah masuk cerita berhenti deh gausah baca lagi :v Bayangin aja Chapter selanjut nya gimana? Yang udah siapin plot sampai akhir pasti lebih gampang buat nulis lanjutan nya.

2. Seperti yang pernah Ara tulis di Judul Writer Block / Males Nulis. Sekali-kali ajak tokoh ff mu berbicara atau biarkan mereka berkicau sendiri di kepala.

3. Buat playlist lagu yang dukung banget ke cerita ff kamu. Nah, ini bisa memacu imajinasi muncul lagi loh.

Terus dapet feel ff yang satu nya gimana?

√ Setelah publish Another Love. Anggap ff itu udah di buang. Bayang² alur ff Another Love hilangkan, terutama Chapter yang baru di publish.

√ Sela dengan beberapa menit baca komenan Insensibly (ff yang kedua). Biar agak semangat gitu ngelanjut yang ini. Hihihi. Komenan itu semacam vitamin buat author. Jadi yah gitu. Setidaknya yang udah nikmatin tulisan gratis cuma perlu ngasih feedback komenan.

√ Sebelum nulis dan publish cerita kudu punya alur yang jelas. Ini menghindari kemacetan dari badai puting beliung penulis. Hahaha

√ Lihat² momen main cast ff kamu di yutub. Atau bisa juga dengerin lagunya. Kadang suara aja bisa bikin feel naik. Haha kang baper gue emang. Makanya enak bae. Hihihi

Oke intinya buat bangun feel dalam dua judul yang berbeda itu engga gampang. Kadang feel kita masih ketinggalan di salah satu nya. Dan itu menghambat untuk nulis yang satunya lagi.

Sebelum memposting chapter baru, sempatkan menulis secuil adegan pada chapter selanjut nya. Semacam kata kunci. Saat kita ingin menulis ,tinggal melanjutkan. Aku pikir itu lebih mudah.

Berpindah dari judul satu ke judul dua. Tentu kamu harus punya alur yang kuat. Dengan begitu bayangan kamu akan mudah muncul.

Banyak penulis yang ngeluh karena ga bisa nulis lebih dari satu ff. Alasan nya hanya bisa fokus satu dulu. Its okay, ini masuk akal. Jadi mereka kaya ga bisa ngelakuin hal lain, kalo udah ngelakuin satu hal.

Buat penulis yang hanya bisa fokus satu judul. Pasti bingung saat dapet ide baru harus gimana? Pasti nya semangat kalo ada ide baru dan pengen banget cepet di terbitin 😂

Sebenernya ide baru yang ada di kepalamu bisa di satukan sama judul ff yang sedang kamu fokusin itu. Masukin aja kesitu dengan alur yang nyambung juga kan tentunya. Yaa, semacam nyelipin.

Atau mungkin ceritanya udah beda bgt sama judul yang lama. Kamu bisa bikin ff lagi dan endapkan di draft, jangan di terbitin.

Biasanya penulis yang hanya bisa fokus satu cerita, ketika nerbitin ff lain dan itu malah ga kelanjut. Jatuhnya makin males buat lanjutin semuanya. Dan jalan terbaik mengabaikan salah satu nya sekaligus menggantung pembaca sampe kecekik 😂🔫

Rangkuman :
^ Biarkan mereka mengobrol di kepalamu.
^ Bikin playlist lagu (duaduanya).
^ Bikin secuil adegan buat next chapt.
^ Jangan tertekan karena punya utang banyak yaitu ff lebih dari satu. Karena ini bisa menyebabkan kemalesan yang berkepanjangan. Wkwkwk

Abaikan kalau ga paham 😂 sebenarnya aku juga bingung nyampeinnya gimana heu. Gkgkgkgk. Yaa pokoknya gitulah. Sekian dan terimakasih ❤

Belajar Menulis Fanfiction ✔Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang