4.Wawancara Kompetensi
Mulai makin deg-deg an disini, karena udah deket sama tes pantuhir. Di tahapan ini gue di interview kurang lebih 45 menit, gue yang udah siap jika diserang pertanyaan ini itu. TAPIIII, kenyataan berbeda, pertanyaan bener-bener diluar bayangan kita! LOL! Intinya dia akan bertanya sesuai alur jalan cerita kalian, tentang seputar pengalaman hidup, keputusan yang pernah kamu ambil, solusi saat mempunyai masalah dan banyaaak lagi. User nya seorang Psikolog yang bakal tahu kalau kita sedang berbohong atau tidak, jadi jangan pernah sekali-kali berbohong! Karena dia pintar ngebuat kita cerita dan makin cerita sehingga dia bisa tahu saat kita tidak konsisten dengan perkataan. Does it run in full english? No, saat itu gue di interview 1/2 bahasa inggris, 1/2 bahasa indonesia. Dia cuma ingin tahu kemampuan kita dalam berbicara bahasa inggris seperti apa, jika dia merasa kita cukup baik nanti akan dialihkan ke bahasa indonesia kok! Usernya sampe bilang gini waktu itu "We always have to make sure that the candidates understand and are able to speak in English, because we do not provide English Class in GITC". Hayooo, masih mau nyepelein bahasa inggris? Tenang aja! Gue juga masih gagap dan grammarnya acak adut kalo ngomong hehe. Ohya, kalau gagal di tahap ini, kalian harus menunggu 3 bulan untuk mencoba tes ulang di Garuda, So always prepare your self!!
Dalam tes ini, hanya pertanyaan pribadi saja yang akan dilemparkan ke kita, kepribadian kita, percakapan bahasa inggris (tidak full), pengalaman kerja (jika ada), mengenai kegiatan kita, bagaimana menghadapi masalah, dan mereka sebenarnya lebih tertarik melihat tutur bahasa yang kita gunakan. Jadi dalam tes ini, usahakan berbicaralah yang sesopan mungkin, tidak terlalu kaku, dan konsentrasi juga. Baiknya dalam tes ini jangan berbohong dan katakan apa adanya, karena yang mengetes adalah orang psikolog/kejiwaan dari Garuda Team, dan tak jarang secara tidak langsung terkadang mereka melontarkan pertanyaan yang sama dalam rentang waktu yang berbeda, so guys, jangan berbohong disini ya.. (kalo bisa dimana pun juga ya, itung-itung nambah pahala :p)