DIRESENSI OLEH TIM 3: flower-bloomx kazza_05 WhiteMouse9
TERIMAKASIH TELAH BERPARTISIPASI"HANSEL AND AGATHA" adalah sebuah novel dalam aplikasi wattpad karya CruelScarlet, yang kerap dipanggil Salma atau Salmon. Novel ini mengisahkan tentang seorang anak laki-laki bernama Hansel, yang mendapatkan seorang adik baru bernama Agatha. Hansel bingung ingin bereaksi seperti apa, yang jelas, ia merasa seluruh perhatian dari Piper dan Sara (orangtua Hansel) kini berpusat kepada Agatha.
Tak sampai di situ saja, Hansel kerap melihat Agatha berperilaku aneh, perilaku yang benar-benar tidak masuk akal. Pertama, ia melihat Agatha mengobrol bersama tupai. Kedua, Hansel juga melihat Agatha membuat tanaman kecil menjadi besar. Dan yang ketiga, yang paling parah, Agatha terjun dari jendela dan berubah menjadi burung!
Hansel berpikir bahwa ada yang tidak beres dengan Agatha. Ia mulai menduga adik barunya itu merupakan seorang monster. Ia berencana untuk mengadu kepada ayah dan ibunya, namun ia harus menunggu waktu yang tepat agar dipercaya kedua orangtuanya.
Suatu hari, Hansel melihat seseorang berwajah mengerikan di kamar neneknya. Agatha langsung muncul dan membekap mulutnya.
Kelebihan dari novel ini, antara lain, plot cerita yang unik, menarik, dan tak tertebak, sehingga mampu membuat pembaca penasaran, serta kata-kata yang baku namun ringan, sehingga mudah dimengerti.
Akan tetapi, di samping kelebihan, ada juga kekurangan dari novel ini. Pertama, status dari novel ini masih on going sehingga memaksa pembaca untuk menunggu kelanjutan dari cerita ini beberapa waktu. Ditambah lagi jadwal dipublikasikan cerita ini tak menentu. Kedua, ada beberapa masalah dalam peletakan huruf kapital. Contoh: '"Jadi bagaimana dengan Sekolahmu, Agatha?" Ucap Sara.' Kata 'Ucap' seharusnya diketik menggunakan huruf kecil menjadi 'ucap' karena merupakan 'dialog tag' juga kata 'Sekolah' yang seharusnya diketik 'sekolah' karena tidak diikutin nama dari sekolah tersebut. Ketiga, ada beberapa kesalahanan dalam pengetikan (typo).
Dengan mengesampingkan seluruh kekurangan tadi, novel ini dapat memberikan hiburan tersendiri bagi yang ingin mengisi waktu luangnya, serta mengembangkan daya imajinasi dari para pembaca.
WE LOVE SEMPAKBETMEN
KAMU SEDANG MEMBACA
BEDAH KARYA
NonfiksiHasil resensi yang dilakukan oleh anggota SempakBetmen. Cover oleh @SmallTown_