TOLONG DIBACA BAIK-BAIK SEBELUM MEMBACA BAGIAN INI KARENA SAYA TIDAK BERTANGGUNG JAWAB JIKA TERJADI KESALAHPAHAMAN ATAS CERITA KALI INI.
OLEH KARENA ITU, SAYA INGIN MEMGINGATKAN BEBERAPA HAL KEPADA PEMBACA, YAITU:
•TIDAK BERMAKSUD MENGUNGKIT SARA. Cerita ini dibuat berdasarkan mitologi negara-negara Asia Timur yang saya pelajari sendiri-tentu saja ditambahkan sedikit bumbu imajinasi dari kepala saya-dan sama sekali tidak ada tujuan untuk menyinggung pihak manapun.
• ALUR YANG LAMBAT. Alur dalam cerita ini saya buat lambat dan konflik utama tidak akan muncul di awal chapter (sekitar 1-10). Akan tetapi, chapter awal memiliki peran penting mengapa konflik utama dapat terjadi. Jadi, jangan melewatkan satu chapter pun agar dapat mengerti jalan ceritanya.
• KOMENTAR SANGAT DIWAJIBKAN DAN BERHARGA. Di sini, saya bukan mengemis komentar pada kalian, tetapi kritik dan saran memang saya perlukan untuk pengembangan cerita. Saya memerlukan kritik dan saran yang membangun. Anggap saja saya ini haus akan sebuah kritik dan saran, meskipun yang pedas sekalipun. Oleh karena itu, saya memberlakukan wajib komentar bagi para pembaca sekalian.
• VOTE ITU DIANJURKAN. Saya tidak masalah jika kalian tidak mem-vote kisah ini. Tidak seperti komentar yang saya membutuhkannya, vote hanyalah penyemangat bagi saya. Jadi, silakan berikan vote sesuka kalian dan saya akan sangat menghargainya. Saya akan mengapresiasi mereka yang juga mengapresiasi karya saya.
• CHAPTER PERTENGAHAN AKAN SEDIKIT LAMA DIPROSES. Chapter pertengahan adalah saat konflik utama mulai muncul dan menulis hal tersebut sangatlah sulit. Bagi saya, lebih baik terlambat update daripada memaksakan update dan berujung hancurnya alur yang sudah dipersiapkan. Dan lagi, saya juga merupakan seorang penulis yang terkadang terkena serangan 'malas'. Kemudian, seperti pengalaman sebelumnya, menulis dalam keadaan malas hanya akan membuat karya yang saya buat hancur berantakan.
• GENRE FANTASI, BUKAN SEJARAH. Kisah ini merupakan kisah bergenre fantasi yang memiliki latar suasana historis. Latar tempat di kisah ini juga bukan di China walaupun nama-nama tokoh kebanyakan saya ambil dari negara tersebut. saya berharap kalian tidak membayangkan semua kejadian yang ada di cerita ini berlatarkan sebuah negara fakta. Sekali lagi, ini adalah cerita FIKTIF.
Terima kasih telah membaca dan saya harap kalian akan menyelesaikan cerita ini hingga akhirnya. I write because I'm afraid to say some things out loud, and sometimes only paper will listen to me.
Salam hangat,
Ren C.
23 May 2017
KAMU SEDANG MEMBACA
The Peach Blossoms
FantasíaSERI PERTAMA DARI THE HEAVENLY SERIES ~~~~ Kisah ini, bukanlah sebuah kisah cinta sempurna dimana sepasang kekasih berbahagia hingga semesta telah habis masanya. Kisah ini, hanyalah tentang dua makhluk berbeda yang saling jatuh cinta. Cinta mereka t...