Utsman bin Thalhah
Dipercaya sebagai Pemegang Kunci Ka'bah
Utsman bin Thalhah berasal dari kalangan Quraisy, keturunan Bani Hajabi. Beberapa saudaranya, seperti Musadi, Jullas, Harits dan Kilab berada di barisan musuh pada saat Perang Badar. Dalam pertempuran, mereka semua terbunuh dalam keadaan kafir.
Setelah Perjanjian Hudaibiyah, terjadi gencatan senjata antara kaum musyrik Quraisy dan umat Islam. Utsman bin Thalhah berangkat ke Madinah untuk menemui Rasulullah. Di tengah perjalanan dia bertemu dengan rekannya, Khalid bin Walid dan Amr bin Ash yang bertujuan sama. Maka mereka bertiga berangkat bersama. Ketika sampai di Madinah, di hadapan Rasulullah ketiga menyatakan masuk Islam. Utsman pun menetap di Madinah.
Saat Pembebasan Makkah, Utsman ikut berangkat ke Makkah. Rasulullah memintanya untuk mengambil kunci Ka'bah. Ustman segera menemui ibunya, Salafah binti Sa'ad bin Syahid. Pada momen inilah, ibu Utsman terketuk hatinya untuk memeluk Islam. Kemudian Utsman membawa kunci itu kepada Rasulullah.
Rasulullah menunaikan shalat dua rakaat. Setelah itu, beliau menyerahkan kembali kunci Ka'bah kepada Utsman. Beliau berkata, "Ambillah kuncimu, wahai Utsman. Hari ini adalah hari kebaikan dan balasan yang baik. Ambillah wahai Bani Thalhah untuk selama-lamanya. Tidak ada yang mengambilnya dari kecuali orang yang zalim. Wahai Utsman, sesungguhnya Allah telah memercayakan rumah-Nya kepada kalian. Makanlah secara patut sesuatu yang sampai kepada kalian dari rumah ini."
Utsman menjalankan wasiat Rasulullah itu dengan sangat baik. Ustman gugur sebagai syahid dalam Perang Ajnadain. Saat itu usianya usia 42 tahun. Pemegang kunci Ka'bah digantikan oleh sepupunya, Syaibah bin Utsman bin Abu Thalhah. Ketika Syaibah meninggal, pemegang kunci Ka'bah dilanjutkan oleh anak-anaknya.
Dear Sahabat pembaca, dukung karya ini ya, insya Allah akan hadir dalam versi cetak, jadi untuk versi Wattpad di work ini hanya ditampilkan sampai Hari ke-235. Dukung karya cetaknya agar bisa memberikan manfaat dan inspirasi jauh lebih luas lagi kepada para pembaca.
Tunggu kehadiannya ya... Terima kasih banyak.
KAMU SEDANG MEMBACA
365 Hari Bersama Sahabat Nabi #2
Spiritual365 HARI BERSAMA SAHABAT NABI Season #2 Tersedia dalam versi cetak. Pemesanan via WA: 0812-8798-2492 Kisah-kisah di season ini tetap menarik, humanis dan menginspirasi. Semoga banyak ibrah yang bisa kita ambil. Biar tahu kisah-kisah di ratusan hari...