*Belajar Adab dari Ulama Hadits Universitas Islam Madinah*
Oleh: *Ust Maulana LaEda*
Pernah... suatu hari ditahun 2011 M, Syaikh Dr. Ibrahim bin Muhammad Nur bin Saif -hafidzhahullah- (Dosen Senior Fakultas Hadis Universitas Islam Madinah) merasa kehilangan salah seorang mahasiswanya yang terbilang rajin masuk kuliah...
Pagi itu sang mahasiswa sedang sakit kepala, demam, dan flu...Keesokan harinya... beliau bertanya padanya; "Saudaraku, kenapa kemarin engkau absen dari kuliah ??
Sang mahasiswa menjawab; "Maaf Syaikh, Kemarin saya lagi demam dan sakit kepala".
Syaikh yang terkenal dengan kelembutan dan banyak nasehatnya ini lalu memandang ke mahasiswa tersebut dan berkata dengan nada rendah dan lembut; "Saudaraku, ilmu itu adalah obat... jika anda sakit (tidak berat)... tetaplah hadir kuliah...niscaya Allah akan menyembuhkanmu".
Nasehat syaikh yang sangat dituakan di Fakultas Hadis ini begitu indah... keluar dari hati yang jernih... lewat pengalaman bermajelis ilmu puluhan tahun... dan memang "obat" tawaran beliau ini sangat tepat.
Nasehat ini...bukan bertujuan untuk memaksa ikhwah atau akhwat... saudara atau saudari sekalian untuk menghadiri kajian ilmu atau tarbiyah walaupun sakit... namun hanya sekedar mengingatkan; kalau sakitnya masih ringan...maka tidak perlu dijadikan alasan untuk absen kuliah, ikut kajian rutin, ataupun ber-tarbiyyah...
Ingat pesan syaikh diatas; " Saudaraku, anda sakit ?? Obati dengan bermajelis ilmu !!
Perlu diingat: sakit disini bukan hanya berupa penyakit badan, tapi juga penyakit hati berupa futur, tidak istiqamah, banyak maksiat, dll.
***copasSegera obatilah dengan: menghadiri majelis ilmu...berupa kajian atau liqa tarbiyah...
Seandainya manfaatnya hanyalah agar dosa-dosa kita dihapuskan,,maka telah cukup..apatah lagi jika dengannya kita akan dijauhkan dari berbagai macam penyakit jasad dan hati, mendapatkan pahala dan ketenangan, serta ilmu dan keimanan.
KAMU SEDANG MEMBACA
Belajar Islam
SpiritualKumpulan artikel dan cerita islami yang Insya Allah dapat memotivasi untuk selalu mengingat sang pencipta serta tujuan Kita diciptakan. Dikutip dari beberapa sumber yang InsyaAllah Shahih.