Orang Tua Anak dan Handphone

438 16 0
                                    

Sebuah video seorang anak kecil membuka video porno dan si ibu planga plongo tidak tahu apa yang tengah dilakukan belia disampingnya..
Dan kejadian tersebut terjadi di public area.

Pertanyaannya, jika sedemikian dekatnya jarak fisik ibu dan anak namun ibu nampak cuek, apalah lagi jika si anak sudah masuk kamar, ada dinding besar membatasi. Apa yang diketahui orangtua..?

Video viral tersebut masuk di grup medsos saya, dan cukup membuat hati saya berkecamuk hebat. Gadis belia kecil itu adalah anak negeri ini. Saya mungkin tak mengenalnya langsung, tapi gadis itu adalah cermin bangsa ini.

Miris sekali.

Betapa lalai nya kita sebagai orangtua. Betapa mudah dan bangga nya kita membiàrkan anak menenteng handphone, membekali dengan internet, membuka youtube dan terpaparlah apa yang seharusnya kita semua tidak lihat.

Ya Allah.. Kembali airmata ini jatuh, membayangkan jika si gadis kecil itu adalah anak kita.. Apa yang kelak akan kita jawab dihadapan Allah Swt.. Apa yang kelak akan kita pertanggungjawabkan akan rusaknya mental jiwa anak-anak kita hanya karena secuil kemalasan kita mengasuh anak.

Apa hebatnya anak belia berhandphone?
Apa urgensi nya membiarkan anak usia dini dengan gadget, tablet, handphone di tangannya, selain kemalasan kita untuk mengajak mereka bercerita, mengajak mereka melek dan memperhatikan sekeliling, kita malas menjawab detail pertanyaan anak dan lebih memilih mendiamkan mereka asik dengan handphpone sampai suatu waktu kita betul-betul kehabisan kata akan "cerdasnya" pengetahuan anak akan konten pornografi yang kita kasih ke tangan anak-anak kita..

Apakah belum sampai berita padamu duhai para Ayah dan Ibu..

“Wahai orang-orang beriman, lindungilah dirimu dan keluargamu dari Api Neraka” (Qs. At-Tahrim:6).

Jika konteks neraka terasa jauh..
maka renungkan ayat ini :

“Katakanlah kepada wanita yang beriman, “Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan memelihara kemaluannya, … . Dan bertobatlah kamu sekalian kepada Allah, hai orang-orang yang beriman supaya kamu beruntung.”(Qs.Annuur:31).

Mari sejenak kita sama-sama berintropeksi diri. Jika kita amat sangat ketakutan buah hati jatuh pada bahaya Narkoba.. Mengapa kita lalai dengan bahaya yang lebih dahsyat dari Narkoba, yaitu Pornografi.

Dr Donald Hilton Jr selaku ahli bedah otak Amerika Serikat mengungkapkan bahwa ternyata pornografi dapat mengubah struktur dan fungsi otak. Atau dengan kata lain merusak jaringan otak.

Donald menambahkan bagian yang paling rusak adalah prefrontal cortex (PFC) yakni jaringan di mana anak tidak bisa membuat perencanaan, mengendalikan hawa nafsu dan emosi, serta mengambil keputusan yang benar. Selain itu otak juga tidak bisa berperan eksekutif  sebagai pengendali implus-implus. Bagian inilah yang membedakan antara manusia dan binatang.

Di samping itu, penulis buku The Drugs of the New Millenium, Mark Kastleman memberi nama pornografi sebagi visual crack cocaine atau narkoba lewat mata. Mark juga menyebutkan kecanduan pornografi pada anak tidak lepas dari bisnis pornografi yang menyasar kepada anak-anak yang memang sebagi target pasar. (sumber : marketing.co.id)

See.. Sudah sadarkah kita sebagai orangtua bahaya besar yang ada dihadapan anak-anak kita..
Sudahkah kita aware bahwa Pornografi tengah mengincar anak-anak kita..

Masih lalaikah kita dengan membiarkan anak berkawan handphone tanpa adanya pengawasan kita.

Semoga. Kejadian yang jelas ini bisa membuka mata hati kita semua.

⛔⛔⛔⛔⛔⛔⛔⛔⛔⛔⛔
ps : Bagi yang sudah melihat video yang dimaksud mohon JANGAN menviralkan/menyebarkan video tsb, karena sama saja menyebarkan konten pornografi, menyebarkan dosa jariyah naudzubillah. Semoga kejadian ini cukup kita ambil pelajarannya agar lebih berhati-hati dan waspada.

Nah sekilas informasi nih untuk Orang tua yg memberikan/meminjamkan gadget ke anak-anak.
BEGINI cara memblokirnya​konten Porno dan Narkoba cara_nya :

1. Buka youtube,

2. Pilih tiga titik di pojok kanan atas

3. Pilih ​setting/ setelan​ , lalu pilih umum/general,

4. Pilih ​restricted mode​ /  ​mode terbatas

5. Selesai

Restricted mode​ akan menfilter video2 yg memiliki konten tidak layak bagi anak maupun dewasa

Segera lakukan di gadget anak kita, karena pornografi sangat berbahaya bagi anak kita,
mohon bantu sebarkan​ ...

TAMBAHAN​  ..

Selain you tube, sebaiknya dilakukan filter juga utk ​Play Store​ Android supaya anak2 tidak menginstall aplikasi/game yg tidak baik sesuai umurnya.

Caranya, cari menu ​Settings​ di Play Store.
- Lalu pilih submenu ​Parental Controls
- Lalu geser tombol ​On​ ke posisi kanan
- Lalu ​Set content restrictions  for this device​ pilih sesuai umur yang diinginkan...

Untuk program IOS
#Klik gambar orang di pojok kanan
#klik setting
#pilih restricted mode filtering
#pilih strict
  
Semoga bermanfaat Bapak & Ibu

MOHON BANTU SHARE.

PUTRA PUTRI KITA ADALAH MASA DEPAN KITA.
SELAMATKAN GENERASI EMAS MASA DEPAN.

#*_SiLahkan d Share k Grup lain agar semakin banyak orang tua yang tahu😊

Belajar IslamTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang