Hai ukhty, gimana kabar hijrahmu? Semoga masih semangat seperti saat pertama mengurungkan niat ya ukhty, walau di kata badai topan yang menghembus kencang ingin meruntuhkannya, semoga Allah mengkokohkan niat kita kembali untuk terus melangkah di jalan-Nya😊
🌸🌸🌸
Saat kita bicara tentang hijab nih, otomatis kita bicara tentang pakaian takwa seorang wanita muslimah. Tapi tidak semua orang mampu untuk istiqomah dengan pakaian takwa ini, sehingga banyak yang menanyakan perihal "Bagaimana sih caranya buat istiqomah?"
Sebelum kita bahas perihal tersebut, apakah ukhty tau hijab itu apa? Ingat ya ukhty, hijab bukanlah hanya sekedar hiasan wanita, tapi hijab adalah gaun kehormatan seorang wanita muslimah. Dengan hijab ini kita jadi mudah di kenal, terlindungi, Allah begitu sangat menjaga dan memuliakan seorang wanita muslimah, subhanallah banget ya ukhty.Kita terkadang sering mengatakan kata hijab malah mungkin sering ya, tanpa tau arti dari kata hijab itu sendiri. Ayoo siapa yang tau arti dari hijab? Wanita muslimah pasti tau dong artinya.
Hijab terbagi jadi dua bagian yaitu, jilbab (gamis) dan khimar (kerudung). Dalam kitab Al-Mu'jam Al-Wasith jilbab diartikan sebagai "ats tsabaul musytamil'alal jasadi kullihi" (pakaian yang menutupi seluruh tubuh) atau "Al-Mula'ah tasytamilu biha al-mar'ah" (pakaian luar yang digunakan untuk menutupi seluruh tubuh wanita).
"Kenapa sih kita harus berhijab?"
Karena perintah Allah. Menggunakan jilbabkan juga buat kebaikan kita, ada banyak kebaikan dari jilbab yang kita pake. Percaya deh sama Allah, bahwa hijab itu sangat baik untuk kita ukhty."Mana buktinya kalo Allah nyuruh kita berhijab?"
Sebenarnya udah di jelasin di part pertama, tapi kalo ukhty mau di jelasin lagi boleh ko. Firman Allah swt:
"Hai Nabi katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mu'min:" hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka". Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk di kenal, karena itu mereka tidak di ganggu. Dan Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang" (Q.S. Al-Ahzab:59).Allah swt. berfirman: "katakanlah kepada wanita yang beriman:'hendaklah meraka menahan pandangannya, dan kemaluannya dan janganlah mereka menapakkan perhiasannya, kecuali yang (biasa) nampak daripadanya. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kerudung keparas dadanya, dan janganlah menampak perhiasannya, kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka, atau ayah suami mereka, atau putera-putera mereka, atau putera-putera suami mereka, atau saudara-saudara laki-laki mereka, atau putera-putera saudara lelaki mereka, atau putera-putera saudara perempuan mereka, atau wanita-wanita islam atau budak-budak yang mereka miliki, atau pelayan-pelayan laki-laki yang tidak mempunyai keinginan (terhadap wanita) atau anak-anak yang belum mengerti tentang aurat wanita. Dan janganlah mereka memukulkan kakinya agar diketahui perhiasan yang mereka sembunyikan. Dan bertaubatlah kamu sekalian kepada Allah, hai orang-orang yang beriman supaya kamu beruntung." (Q.S. An-Nur:31).
Udah jelas belum ukhty? Udah dong ya, kan udah dikasih dua penjelasan."Berhijab itu susah ga sih?"
Menurutku berhijab itu mudah banget, tinggal beli hijabnya terus pake deh, mudahkan? Hehe
Sebenernya sih mudah atau nggaknya itu tergantung kita sendiri. Kalo kita berpikirnya mudah ya inshaa Allah akan mudah juga dan sebaliknya. Kalo menurut aku sih berhijab ma gampang, ah cetek lah. Yang susah tuh istiqomahnya. Pasti ada aja gangguan-gangguan syetan yang menggoda kita untuk ingakar kepada Allah. Hiraukan aja, luruskan kembali niat kita."Lalu bagaimana caranya agar kita bisa istiqomah?"
Berikut adalah tips-tips biat istiqomah ya ukhty:1. Resapi dan amalkan dua kalimat syahadat. Dua kalimat syahadat adalah kunci utama dalam kehidupan kita dimana kita akan mengimani bahwa Allah lah Tuhan kita dan Nabi Muhammad adalah utusan-Nya, serta menjalankan perintah-Nya dan menjauhi segala larangan-Nya. Dengan mengamalkannya maka kita akan terpacu untuk lebih banyak menimba ilmu agama yang akan menjadikan kita dapat bersungguh-sungguh sehingga akan menjaga diri kita tetap istiqomah dalam beragama.
2. Mengkaji dan mengamalkan Al-Qur'an. Allah swt. berfirman dalam surat An-Nahl ayat 102 yang isinya adalah "dengan membaca dan memahami Al-Qur'an maka akan meneguhkan hati orang-orang yang beriman" dengan keteguhan hati maka akan tercipta sikap istiqomah dalam beragama.
3. Mengingat mati, renungkan ukhty! Apakah kalian akan nunggu kain kafan yang menjadi hijab pertama dan terakhir kalian?
4. Cobalah menghitung nikmat Allah! Di jamin pasti tak terhitungkan? Walau pun pake alat tercanggih sedunia, pasti masih tak terhitung. Begitu murahnya Allah, begitu baiknya Dia pada kita. Apa kita tidak bisa membalas-Nya walau hanya dengan menjalankan perintah-Nya ukhty?Sadarlah ukhty. Betapa durhakanya kita yang selalu lalai.
5. Mengingat keutamaan hijab, sudah jelas banget ya ukhty hijab itu melindungi kita, jadi tunggu apalagi? Yuu berhijab dan istiqomah
6. Berkumpul dan bergaul dengan orang-orang shalih, karena Rasulullah saw. bersabda "orang itu tergantung agama kawannya, maka hendaknya berhati-hati dalam memilih teman." (HR. Ahmad)
"Dimana kita bisa menemukan orang-orang shalih?"
Banyak ko, ada dimana mana malah. Kadang kitanya aja yang ga mau berusaha mencari ntah karna malas. Sekarang kan di sekolah-sekolah udah ada ekskul Rohis, di lingkungan masyarakat juga udah Risma (Remaja Islam Masjid). Ngga susah kan nyari mereka?Yuu ukhty kita mulai istiqomah, perteguh lagi keimanan kita dengan menjalin silaturahim yang baik dengan sesama, dan berkumpul dengan orang-orang shalih. Kuatkan tekad ini untuk hijrah kita, katakan tidak pada semua kemunkaran yang menyebabkan kemurkaan Allah swt. Mari bangun segala kebaikan yang di ridhoi-Nya. Semoga Allah senantiasa bersama hijrah kita😊
Sekian dulu ya ukhty, jangan lupa vote dan vommentnya ya😄 maaf maaf kalo ada kesalahan, karna kesempurnaan hanyalah milik-Nya
KAMU SEDANG MEMBACA
All About Muslimah
SpiritualWanita muslimah tidak cukup hanya dengan muslimah saja, tetapi haruslah wanita muslimah yang shalihah karena banyak muslimah yang tidak shalihah. Wanita shalihah adalah idaman bagi setiap orang bukan? Harta yang paling berharga sebaik-baik perhiasa...