AWAL KELAS 2 SMA

259 14 31
                                    

Nama gw Ferara, saat ini gw naik ke kelas 2, dan seperti biasanya gw mendapatkan peringkat pertama se-sekolahan. Papah selalu memberi gw hadiah saat rapor gw tertuliskan peringkat satu didalamnya. Hadiahnya nggak seberapa sih.

Papah selalu mengganti handphone gw sesuai keluaran yang paling baru. Walaupun papah sebenernya tau, handphone gw selalu kebanting. Pernah sekali, gw berantem sama temen gw, sampai-sampai handphone gw remuk tak berbentuk, tapi papah menggati handphone gw itu ke handphone yang baru buat gw.

Sebenernya gw sering cari alesan biar papah gw nggak beliin hp baru buat gw, tapi papah selalu aja maksa gw pakai handphone keluaran terbaru. Terkadang gw nggak sengaja ngebanting handphone gw, ketika papah tau kalau layar handphone gw itu remuk, pasti papah langsung menggantinya. Padahal gw jarang buka handphone, tapi papah selalu beliin handphone buat gw.

Di kelas 2 ini, gw tetap ada di kelas MIPA-1. Temen baru yang di kelas gw ada 5. Dhena, Fina, Dara, Rasya dari kelas MIPA-2 dan Pratama dari kelas MIPA-5. Gw merasa aneh dengan tama, gw curiga kalau dia nggak jujur saat ujian.

Hari ini hari pertama masuk di kelas 2. Entah kenapa gw mengeluarkan handphone gw yang baru itu. Gw buka-buka whatsapp, tapi nggak ada pesan yang masuk. Mungkin gw jarang online whatsapp, karena kalau gw online hanya perintah dari papah, karena hanya papah yang selalu nyuruh gw online.

Gw buka Youtube, di home gw membaca tulisan, 5 cara agar pasangan tetap setia. Sengaja gw buka, dan didalemnya ada tulisan-tulisan macam slide. Salah satunya, mencintai dengan tulus dan saling tidak menyimpan kebohongan. Di satu sisi gw bertanya, gimana sih cara mencintai seseorang? Dan rasanya mencintai itu seperti apa? Apalagi rasanya dicintai? Gimana rasanya?

Di belakang gw ada reina, reina melihat gw yang sedang membuka Youtube. Reina kemudian berteriak ke arah temen-temen gw, dia bilang kalau sekarang gw udah kenal cinta. Banyak komentar yang diucapkan temen-temen gw, gw nggak menggubris perkataan mereka sih. Karena waktu gw lebih berharga ketimbang ngurusin perkataan yang  nggak penting.

Reina bilang ke gw, katanya gw cocok sama tama. Gw aja nggak kenal sama dia, buat apa gw pikirin dia. Kata reina lagi, katanya tama baru aja diputusin ceweknya. Lah iya, terus apa hubungannya sama gw kan.

Oh iya, reina itu saingan gw dikelas. Gw mendapat peringkat satu dan reina peringkat ke dua. Banyak cara reina mengalahkan gw, tapi selalu aja gw yang menang. Selaku ketua kelas, dalam pembagian kelompok, reina pasti mengelompokkan gw bareng cowok-cowok. Padahal reina tau, gw paling nggak suka deket sama temen cowok. Itu dulu waktu kelas satu.

Pukul 07.00 Ibu Dewi masuk ke kelas gw, kemudian dia memperkenalkan 5 teman yang masuk di kelas gw. Ketika perkenalan selesai, ibu dewi mempersilahkan kelima temen gw duduk di bangku yang kosong. Saat itu gw duduk sendiri, dan keempat temen baru gw duduk berpasangan dan masih sisa satu bangku ada di sebelah gw. Dan dengan sangat terpaksa tama harus duduk di bangku sebelah gw.

Tama berkenalan dengan gw, banyak kata gombal yang keluar dari mulutnya itu. Dia bilang ke gw, selama 1 tahun lebih dia satu sekolah sama gw, dia nggak pernah lihat wajah gw, dia cuma tau nama julukan di luar kelas gw, yaitu ferara cupu kelas MIPA-1. Ya jelaslah dia belum pernah lihat wajah gw, orang gw nggak pernah keluar kelas dan gw jarang berinteraksi dengan temen-temen luar kelas.

"Eh ra, kenapa lu jarang maen ke luar kelas?" Tanya tama ke gw

"Nggak apa-apa," jawab gw dengan malas

"Bohong, pasti ada alesannya kan" tanyanya dengan nada memaksa

"Kalau gw jujur, gw nggak punya duit buat jajan ke kantin, lu bakal kasih uang ke gw?" Pertanyaan gw sinis

Tama kemudian hanya diam, mungkin aja dia berfikir kalau gw itu orang miskin yang salah masuk sekolahan. Karena kebanyakan di sekolah ini anak orang-orang kaya raya. Banyak juga kok temen sekelas gw yang bilang gw miskin. Ya, jujur aja gw itu orang miskin, yang kaya itu papah gw. Tapi gw kaya akan ilmu bukan harta.

Ibu Dewi dan temen-temen gw sibuk memih koordinasi kelas, ada temen yang mengusulkan urut dengan peringkat dan banyak juga yang bilang setuju. Tandanya gw harus menjadi ketua kelas.

"Ehh, yakin ferara yang jadi ketua kelasnya?" Bisik-bisik temen cewek gw

"Eh coba aja, siapa tau dia bisa berinteraksi dengan temen-temen kita" kata temen gw yang lain

"Yasudah, ferara jadi ketua kelas dan reina menjadi wakilnya. Untuk sekertaris dan bendahara bisa kalian acak sendiri," kata bu dewi ke kita semua

"Lu jadi ketua kelas fer," kata tama ke gw

Dalam hati gw menjawab, gw aja udah denger bu dewi bilang gitu, ngapain diulangin lagi. Dia kira gw nggak punya kuping. Hmm

"Ra, lu partner gw"

Gw batin, reina sama aja sama tama. Gw juga udah tau kali.

"Ra, lu bisu?"

"Enak aja lu bilang, buat apa gw berkata nggak penting, yang nggak ada gunanya," kata gw dengan emosi

Tama yang daritadi liatin gw, kemudian dia dan reina pergi tinggalin gw. Mereka keluar kelas barengan, mungkin mereka ke kantin bareng. Soalnya ini kan udah jam istirahat.

Istirahat pertama, seperti biasa gw hanya diem di kelas, gw membaca novel yang baru aja kemarin gw beli. Biasanya sih satu buku novel, habis gw baca sehari aja. Jadi uang saku gw habis gara-gara gw beli buku novel. Kadang papah marahin gw, soalnya rak buku dirumah udah penuh dengan buku-buku gw.

"Woy, baca buku terus," kata tama sambil menggebrak meja gw

"Heh lu, nggak usah sok kenal sama gw!! Berani-beraninya lu nggebrak meja gw!!" Kata gw ke tama

"Lah..lah.."

Seketika gw diem aja, karena mungkin dalam sehari di kelas, gw hanya mengucapkan beberapa kaliamat aja ke temen-temen gw.

Pukul 10.00 bel tanda pulang berbunyi, karena baru hari pertama masuk sekolah, semua siswa pulang lebih awal. Saat temen-temen gw sibuk berebutan pintu untuk keluar dari kelas, gw sibuk nunggu mereka selesai. Gw paling males dengan suasana kericuhan, jadi gw mengalah dan nungguin sampai mereka keluar.

"Heh lu pulang sana!!" Kata gw ke tama

"Lu aja nggak pulang, ngapain gw pulang!!"

"Kalau lu nggak pergi, gimana gw lewatnya bege!!"

"Fer, jalan ke mall yuk"

"Hadeh ma, duit buat jajan aja gw nggak punya, ke mall mau ngapain?"
"Yaa, nongkrong aja"

"Apa manfaatnya?"

Tama kemudian diam, paling dia nggak tau mau jawab apa.

"Minggir!!" Kata gw ke tama

Kemudian tama berdiri dan berjalan ke pintu barengan sama gw. Saat di luar kelas, gw sengaja mempercepat jalan gw ke parkiran. Tapi dengan cepat pula tama mengikuti gw.

"Lu nggak dianterin?"

"Enggak!! Kenapa emang??"

"Cewek disini kan yang pake motor cuma dikit, cewek disini kebanyakan manja"

"Ngapain ngurusin orang lain, kalau ngurusin diri sendiri aja belum bisa!!"

Ke sekian kalinya tama diam tanpa menjawab pertanyaan dari gw.

"Gw bonceng lu ya fer pulangnya" pinta tama ke gw

"Em.." kata gw berfikir

Next..

Yang typo di comment yak, biar nanti aku revisi😊

Satu Jam Di JogjaTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang