Pengertian Ria
Rasa ingin di puji ( ria) itu ada di dalam hati, kita tidak tahu isi hati seseorang kecuali jika orang tersebut memberitahu. pernahkah kita Menyimpulkan dengan perasaan bahwa orang tersebut "Ria" dalam beramal? lalu atas dasar bagaimanakah pendapat kita itu? apakah kita lihat bukti buktinya?? ataukah orang tersebut menceritakan RIA yang ada dalam hatinya?? jika kita pernah melihat bukti maka tentu itu sesuatu yang bisa difahami , tetapi jika kita menyimpulkan atas dasar isi hati sendiri, maka itu adalah Prasangka dan sebagian Prasangka adalah dosa.
يٰۤـاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوا اجْتَنِبُوْا كَثِيْرًا مِّنَ الظَّنِّ ۖ اِنَّ بَعْضَ الظَّنِّ اِثْمٌ وَّلَا تَجَسَّسُوْا وَلَا يَغْتَبْ بَّعْضُكُمْ بَعْضًا ؕ اَ يُحِبُّ اَحَدُكُمْ اَنْ يَّأْكُلَ لَحْمَ اَخِيْهِ مَيْتًا فَكَرِهْتُمُوْهُ ؕ وَاتَّقُوا اللّٰهَ ؕ اِنَّ اللّٰهَ تَوَّابٌ رَّحِيْمٌ
Artinya : Wahai orang-orang yang beriman! Jauhilah banyak dari prasangka, sesungguhnya sebagian prasangka itu dosa, dan janganlah kamu mencari-cari kesalahan orang lain, dan janganlah ada di antara kamu yang menggunjing sebagian yang lain. Apakah ada di antara kamu yang suka memakan daging saudaranya yang sudah mati? Tentu kamu merasa jijik. Dan bertakwalah kepada Allah, sungguh Allah Maha Penerima Tobat, Maha Penyayang.
[QS. Al-Hujurat: Ayat 12]وَمَا يَتَّبِعُ اَكْثَرُهُمْ اِلَّا ظَنًّا ؕ اِنَّ الظَّنَّ لَا يُغْنِيْ مِنَ الْحَـقِّ شَيْـئًا ؕ اِنَّ اللّٰهَ عَلِيْمٌۢ بِمَا يَفْعَلُوْنَ
Artinya : Dan kebanyakan mereka hanya mengikuti dugaan. Sesungguhnya dugaan itu tidak sedikit pun berguna untuk melawan kebenaran. Sungguh, Allah Maha Mengetahui apa yang mereka kerjakan.
[QS. Yunus: 36)وَلَقَدْ صَدَّقَ عَلَيْهِمْ اِبْلِيْسُ ظَنَّهٗ فَاتَّبَعُوْهُ اِلَّا فَرِيْقًا مِّنَ الْمُؤْمِنِيْنَ
Artinya : Dan sungguh, Iblis telah dapat meyakinkan terhadap mereka kebenaran sangkaannya, lalu mereka mengikutinya, kecuali sebagian dari orang-orang mukmin.
[QS. Saba': Ayat 20]Hilangkanlah penyakit Ria yang ada didalam Diri kita
Semoga Bermanfaat 📖
Wallahu a'lam bish Showab
Bondowoso, Jawa Timur
Hamba Allah
121117
KAMU SEDANG MEMBACA
Dalam Dekapan Ukhuwah
EspiritualAku cemburu pada Khadijah binti Khuwailid, yang mengorbankan segala hartanya demi membela islam. Aku crmburu pada kecerdasan 'Aisyah Radhiyallahu 'anha, yang berperan besar dalam khazanah intelektual islam. Aku cemburu pada 'Asiyah Alaiha as-salam...