27. Teman

1.9K 71 3
                                    

"Teman itu layaknya cermin, jika engkau ingin mengetahui dirimu, lihatlah dengan siapa engkau berteman .
.
Rasul shalallahu ‘alaihi wa salam bersabda.
. *Seorang mukmin merupakan cerminan saudaranya yang mukmin.* (HR. Al-Bukhari dalam Al-Adabul Mufrad, no. 239; Abu Dawud, no.4918 [Ash-Shahihah, no. 926]) .
.
Memilih teman bukanlah perkara remeh, Islam memerintahkan kita untuk memilih siapa yang menjadi teman kita.
.
Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa salam bersabda, .
.
*Seseorang itu berada pada agama teman karibnya, maka hendaklah salah seorang di antara kalian melihat siapakah yang dia jadikan teman karibnya.* (HR. Abu Dawud, At-Tirmidzi, dan Ahmad)
.
Ketahuilah bahwa tidak semua orang layak dijadikan teman karib.
••
*Dan bersabarlah kamu bersama-sama dengan orang-orang yang menyeru Tuhannya di waktu pagi dan senja hari dengan mengharap keridhoannya.* (QS. Al-Kahfi : 28)
••
*Teman -teman akrab pada hari itu sebagian menjadi musuh bagi sebagian yang lain kecuali orang-orang yang bertakwa.* (QS. Az-Zukhruf : 67)
***
Jadi harus pandai milih teman ya gais karna kualitas iman mu tergantung dengan siapa kita berteman😉
Kenalan banyak harus. Tapi untuk milih teman karib harus selektif ya❤."

Kata Islam.Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang