Banyak sekali hadist shohih yang melarang minum sambil berdiri, diantaranya :
~~
Dari Anas radhiyallahu anhu dari Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wasallam : "Sesungguhnya Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wasallam melarang seseorang untuk minum berdiri". Qatadah (seorang tabi'in) berkata : "Kami bertanya kepada Anas, 'Bagaimana dengan makan sambil berdiri?' Anas menjawab, 'Yang demikian itu lebih jelek dan lebih buruk.' (HR. Muslim).
~~
Dari segi medis pun, minum sambil berdirimemiliki beberapa dampak buruk diantaranya hilangnya kesegaran air ketika masuk ke dalam tubuh, fungsi pencernaan dan syaraf hingga penyakit kristal jantung.
~~
Lalu bagaimana dengan rasul yang mencontohkan minum air zam zam sambil berdiri?
Kita harus meyakini bahwa semua yang Rasulullah sampaikan dan dakwahkan dari hal perkara kecil hingga besar, semua bahkan seluruhnya adalah al-haq (benar) tanpa tanding, karena bersumber dari Dzat yang kekuasaan-Nya mutlaq dan tiada yang mampu membatasinya.
~~
Ibnu 'Abbas radhiyallahu anhuma berkata,
سَقَيْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مِنْ زَمْزَمَ فَشَرِبَ قَائِمًا "Aku memberi minum kepada Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam dari air zam-zam, lalu beliau minum sambil berdiri" (HR. Bukhari no. 1637 dan Muslim no. 2027)~~
Ternyata, Menurut kajian pakar, air zam-zam mengandung fluorida yang memiliki daya efektif membunuh kuman serta mengandung kalsium dan garam magnesium yang tinggi berbanding air biasa.
~~
Dari segi saintifik air zam-zam bersifat alkali, jadi air zam-zam dapat menetralkan asid/asam hidroklorik yang dihasil di dalam perut.
~~
Jadi inilah sebab rasulullah minum air zam-zam sambil berdiri supaya air tersebut cepat dapat menetralkan asid yang dihasilkan dalam perut.
~~
Jadi kesimpulannya tetap dilarang makan dan minum sambil berdiri kecuali minum air zamzam. sunnahnya dengan berdiri ketika meminumnya sambil menghadap ke qiblat 😇
KAMU SEDANG MEMBACA
Kata Islam.
SpiritualAssalamualaikum wr.wb Disini kalian dapat mengintropeksi diri, apakah kalian benar atau salah. TERMASUK AKU SENDIRI JUGA AKAN MENGINTROPEKSI KOK.... Menurut agama Islam.