Dalam hadits Anas Riwayat Muslim:
.
Anas bin Malik radhiallaahu ‘anhu berkata,”Kami pernah kehujanan bersama Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wassallam. Lalu Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wassallam menyingkap bajunya hingga terguyur hujan. Kemudian kami mengatakan,” Wahai Rasulullah, mengapa engkau melakukan demikian?” Kemudian Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wassallam bersabda,”Karena hujan ini baru saja Allah ciptakan.” (Artinya langsung turun dari langit yang belum dirusak manusia).
.
Ada beberapa hal yang perlu kita garisbawahi:
.
Menurut Ibnu Qudamah: ini dilakukan di tengah hujan sedang deras-derasnya.
.
Tujuannya bukan untuk basah-basahan, namun mencari berkah yang sesuai dengan sunnah yang dalilnya (HR. Bukhari Muslim).
.
Hujan langsung turun dari langit dan itulah salah satu keberkahan yang luar biasa.
.
Maksud hujan-hujanan di sini adalah bukan basah kuyup, tapi paling tidak ada bagian tubuh kita yang basah terkena air hujan secara langsung. Ini hukumnya SUNNAH.
.
Saat hujan turun, salah satu sunnah Nabi shallallaahu ‘alaihi wassallam adalah memperbanyak doa.
.
Ada dua hadits tentang masalah ini:
.
HR Imam syafi’I dalam kitabnya al Umm, Nabi shallallaahu ‘alaihi wassallam bersabda: “Carilah doa yang mustajab dalam 3 kondisi/waktu, (1) ketika dua pasukan telah berhadapan (dalam jihad syar’i), (2) menjelang dilaksanakannya sholat wajib, antara adzan dan iqomat, (3) ketika hujan turun.”
.
HR Hakim, Nabi shallallaahu ‘alaihi wassallam bersabda:”Ada dua doa yang tidak akan ditolak, (1) setelah adzan, (2) ketika turun hujan.
👤 Ustadz. Dr Khalid Basalamah, Lc. MA
🎥 : dakwahpemuda
.
.
.
.
.
Like & Share jika dirasa bermanfaat
#IslamQuotesVideo #BarisanHijrah
FOLLOW IG: ATIQOH_247
KAMU SEDANG MEMBACA
Quotes Islami
SpiritualJangan takut kehilangan orang-orang yang tidak pandai menghargaimu. Percaya saja, jika memang apa yang kamu lakukan baik, hal-hal yang menimbulkan kebaikan dan kebahagiaan bagi orang lain. Akan selalu ada datang orang-orang baru yang lebih pandai me...