Bagaimana cara lelaki menyikapi seorang wanita yang melakukan kesalahan?
Sebagaimana yang diketahui bahwa kesalahan tersebut adalah kesalahan yang disebabkan atau terkait dengan asal mula penciptaannya (wanita), Seperti yang dijelaskan oleh Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam di dalam hadist berikut: “Nasihatilah kaum wanita dengan kebaikan, karena mereka diciptakan dari tulang rusuk. Sesungguhnya tulang rusuk yang paling bengkok adalah di ujung atasnya. Jika kamu bersikeras untuk meluruskannya, niscaya kamu akan mematahkannya. Jika kamu membiarkannya, maka ia akan tetap bengkok. Maka, nasihatilah kaum wanita dengan kebaikan.” (HR. Bukhari: 5186)Mari kita simak penjelasan ‘ulama tentang hadist di atas berikut ini;
Ibnu Hajar rahimahullah berkata, “Sabda Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam, ’Nasihatilah kaum wanita dengan kebaikan,’ seolah-olah mengusung simbol agar meluruskan (kesalahan) wanita dengan halus, tidak dengan cara yang terlalu keras agar tidak patah, tapi juga tidak membiarkannya agar tidak tetap bengkok.
Dari sini dapat dipahami, bahwa wanita jangan dibiarkan dalam posisi “bengkok” jika dia melakukan maksiat atau meninggalkan kewajiban. Yang boleh membiarkannya “bengkok” jika wanita tersebut melakukan perbuatan-perbuatan yang mubah. Hadist di atas mengindikasikan kecenderungan jiwa dan kelembutan hati.
Selain itu, terdapat strategi dalam menghadapi seorang wanita dengan cara memaafkan kesalahannya, sabar menghadapi ‘kebengkokannya’. Karena barangsiapa yang bersikeras untuk meluruskan kebengkokan kaum wanita, dia tidak akan bisa mengambil manfaat dari mereka.
Padahal, tidak ada seorang lelaki yang tidak memerlukan seorang wanita, sebagai partner dan pendamping dalam menjalani kehidupan di dunia ini.
Seolah-olah Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda ”Bersenang-senang dengan kaum wanita hanya bisa diperoleh dengan cara bersabar menghadapi kondisinya (yang bengkok itu).” (Al-Fathu Ar-Rabbaani, IX/954)
🎥 : dakwah_pedia
Follow : Atiqoh_247
.
.
.
.
Like & Share jika dirasa bermanfaat
#IslamQuotesVideo #BarisanHijrah
KAMU SEDANG MEMBACA
Quotes Islami
SpiritualJangan takut kehilangan orang-orang yang tidak pandai menghargaimu. Percaya saja, jika memang apa yang kamu lakukan baik, hal-hal yang menimbulkan kebaikan dan kebahagiaan bagi orang lain. Akan selalu ada datang orang-orang baru yang lebih pandai me...