[1] Juki

437 39 16
                                    

*note
Semua pakai sudut pandang pertama. Dan setiap tittle akan ada namanya. Dan itu berarti dari sudut pandang si dia okey?

BAB 1
SUSAHNYA NYARI KERJA

Hhhh, gue ditolak lagi. Kenapa ya, jaman sekarang susah banget cari kerja? Gue udah coba ke beberapa perusahaan tapi tetep aja ngga gol.

Temen gue udah pada punya pekerjaan, sedangkan gue masih lontang-lantung ngga jelas keluyuran sana-sini. Gue mau minta bantu tapi kan ngga enak.

Gue natap CV (resume) yang ada di tangan gue. Dan gue mulai berpikir.

Apa kali ini gue harus berhenti.

Bukan, bukan berhenti cari kerja. Gue pikir, gue harus berhenti jadiin perusahaan sebagai target lapangan kerja gue.

"Bang, teh nih." Saat gue lagi meratapi nasib, anak kecil ngasih cup yang isinya es teh. Gue yang lagi kepanasan pun menelan ludah.

"Makasih dek." Gue ngga nyangka masih ada anak-anak baik di jaman sekarang. Masih peduli satu sama lain, ngga cuma nunduk liatin gadget terus.

Gue sa-

"Uangnya bang. Goceng aja."

Lut.

Anj, gue ketipu. Mana esnya udah gue minum, kan ngga bisa gue balikin. Gimana ini?

Anak itu udah nadahin tangannya yang berarti dia nunggu uang gue. Sumpah ya, hati gue hampa banget. Udah kerja ngga keterima, di tipu lagi sama anak kecil.

Gue ngambil dompet dari saku belakang celana, dan gue liat isi dompet gue. Yang warna biru satu, warna ijo tiga, warna ungu satu, warna kuning empat, dan logam ada 10.

Buset dah dompet gue isinya receh doang gini. Gue ambil satu lembar uang warna kuning dan ngasih ke dia. Hhh, yaudahlah. Itu rejeki dia dapet uang dari gue kali ini.

Ngga dapet gratis juga sih, kan dia juga tanpa sepengetahuan gue sama aja ngejual minuman. Sulit emang jaman sekarang.

Kayaknya, hari ini gue boro-boro bisa naik ojek. Yang ada langsung ludes uang gue sekejap. Bikaus, lokasi tempat gue ngelamar kerja tadi cukup jauh sama rumah gue. Udah gitu ngga keterima lagi. Pahit amat.

Demi penghematan, gue nunggu di pinggir jalan buat naik angkot. Nasib. Udah ganteng-ganteng pake kemeja, malah harus keringetan plus ngga dapet kerja.

Nyatanya, gue yang masih pengangguran ini terngiang-ngiang di kepala gue. Gue juga ngga enak sama emak babeh.

Ada angkot satu yang berjalan ke arah gue. Gue sumringah. Karena gue pengen cepet-cepet pulang ke rumah. Disini panas terik banget.

Gue melambaikan tangan ke depan biar angkotnya berhenti. Tapi sayangnya angkot itu penuh, dan dengan syai**nnya, ada anak SD yang ngacungin jari tengah ke gue.

Ya Allah, bener-bener tuh anak. Kalo bukan tempat umum udah gue ajak gelut anak SD itu. Cuma gue disini hanya bisa ngelus-ngelus dada biar sabar.

•••

Setelah banyaknya angkot yang lewat dan ngga gue naikin, dengan beberapa alasan. Gue akhirnya bisa berada di dalam angkot sekarang. Dan untungnya angkotnya yang lega.

Angkot kedua tadi setelah ada anak SD yang pengen gue getok itu, kosong, tapi ada satu bencong disana. Gue dari dulu anti banget sama yang gemulai-gemulai gitu memutuskan ngga naik angkot yang itu.

Setelahnya, gue baru aja mau naik, udah diserobot sama ibu-ibu yang bawa belanjaan banyak banget. Gue ngelus-ngelus dada lagi.

Abis itu yang terakhir, gue udah masuk berbarengan dengan ibu yang gendong anaknya. Gue sadar kalo disitu isinya bukan kaum gue semua. Tapi kebalikannya. Dan dengan santainya, ibu-ibu di depan gue nyusuin anaknya yang nangis minta jatah. Ya gue malu lah ya ngeliat yang begitu, akhirnya gue memutuskan turun.

Dan akhirnya gue bisa dengan selamat sampai di depan Indomaret yang ada di depan perumahan yang gue tempatin.

Thanks ya, angkot berplat nomor B 3600 LO yang udah nganterin gue sampai sini. Setelah gue pikir, plat nomernya kalo dibaca ngeselin juga.

Gue mampir ke Indomaret buat ngadem dan beli air putih satu. Bodo amat dikata apaan, cuma beli air mineral doang ke Indomaret. Toh, gue pelanggan disini.

Gue jelas dilihat banyak orang pas bayar. Kebetulan itu minimarket lagi rame. Gue bisa liat ada anak SMP yang bisik-bisik, perempuan seumuran gue yang ngeliat gue canggung, dan ibu-ibu yang ngelirik gue judes.

Bodo amat lah. Hidup-hidup gue. Kebiasaan nih orang Indonesia, kerjanya nyinyir doang. Kalo emang ngga suka tingkah gue, ya beliin kek apa gitu minuman yang rada mahal.

Gini-gini gue tadi beli aqua yang disedot-sedot itu. Apa namanya? Oh, Click N Go yang isinya 750 ml harganya 6000 ya, dibanding gue beli merk yang paling murah? Makin ngga tau diri kan gue.

Gue jalan ke komplek perumahan gue. Gue ketemu Fathur yang kayaknya habis dari warung ngeliat tentengan yang dia bawa.

"Hoy!" Panggil gue. Dia nengok.

"Ngapain lo disini Juk?" Rumah Fathur itu ada di depan komplek perumahan. Gue di belakang, pelosok.

Gue ngangkat tangan yang megang CV gue.

"Ditolak lagi?" Tanya dia. Gue cuma senyum sok keren aja.

"Gila-gila. Kata gue sih mending lo buka warnet, jadi tukang servis komputer gadget kalo ngga kayak gue, buka les komputer." Saran Fathur.

"Yah, liat aja nanti." Jawab gue sekenanya. Gue masih ngga tau gue harus berjalan kemana sekarang.

"Yaudah lah, bro. Gue balik ya." Pamit gue dan segera beranjak dari taman itu. Fathur mah langsung lambai-lambai santai aja. Ga ada niatan gitu ya nganterin temennya ke rumah. Jalan ke rumah gue masih jauh nih.

Tin!

Eh buset, siapa sih yang klasonin gue? Gue udah dipinggir banget ini sepinggir-pinggirnya jalanan. Kesenggol dikit gue nyeblos ke got kali.

"Yok naik." Ternyata Fathur. Emang ya, dari dulu tuh ngga pernah berubah. Masih lola terus. Pasti tuh anak baru kepikiran nganter gue pas gue udah balik. Dasar. Untuk cinta.

Eh? Ngga ah. Cinta gue masih buat Syana seorang.

Gue langsung aja naik.

Gue inget, dulu gue suka goncengan sama Fathur pas sekolah. Mau berangkat atau pulang juga. Trus naik motor bareng pas dia udah di beliin motor. Turing ga jelas kesana-kemari. Jadi kangen gue.

Gue sama Fathur ya biasa, ngobrolin apa aja. Si Fathur lagi galau diputusin. Yah gue mah cuma bisa nepuk-nepuk pundaknya doang biar sabar.

Ngga berasa, udah sampe depan rumah gue.

"Mau mampir ngga lu, Thur? Kali aja emak gue kangen sama lo."

Heheh, sebenernya sih kangen dari mana. Terakhir Fathur ke rumah gue tuh dia bh-nya emak gue sambil dipejeng-pejeng depan rumah gue.

Sumpah, waktu itu dia kayak orang gila beneran.

"Ogah, nanti gue digetok pake gagang sapu lagi." Yaiyalah, lo nya aja kelakuan kayak orang gila, yakali emak gue sabar. Gue salah dikit aja diomelin (◔ิ з◔ิ)

Telor PetjahTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang