*Agama Yahudi
Yahudiah (Yudaisme) adalah kepercayaan yang unik untuk orang/bangsa Yahudi (penduduk negara Israel maupun orang Yahudi yang bermukim di luar negeri). Inti kepercayaan penganut agama Yahudi adalah wujudnya Tuhan yang Maha Esa, pencipta dunia yang menyelamatkan bangsa Israel dari penindasan di Mesir, menurunkan undang-undang Tuhan (Torah)kepada mereka, dan memilih mereka sebagai cahaya kepada manusia sedunia.
Kitab agama Yahudi menuliskan Tuhan telah membuat perjanjian dengan Abrahambahwa dia, dan cucu-cicitnya akan diberi rahmat apabila mereka selalu beriman kepada Tuhan. Perjanjian ini kemudian diulangi oleh Ishak dan Yakub. Dan karena Ishak, dan Yakub menurunkan bangsa Yahudi, maka mereka meyakini bahwa merekalah bangsa yang terpilih. Penganut Yahudi dipilih untuk melaksanakan tugas-tugas, dan tanggung jawab khusus, seperti mewujudkan masyarakat yang adil, dan makmur, dan beriman kepada Tuhan. Sebagai balasannya, mereka akan menerima cinta serta perlindungan Tuhan. Tuhan kemudian menganugerahkan mereka Sepuluh Perintah Allah melalui pemimpin mereka, Musa.
Sinagoga merupakan pusat masyarakat serta keagamaan yang utama dalam agama Yahudi, dan Rabi adalah sebutan bagi mereka yang pakar dalam hal-hal keagamaan.
*Kitab dan Teks Utama
Kitab Ibrani disebut Tanakh dan terdiri dari 24 buku yang dihimpun dari 3 kumpulan:
Torah atau Taurat (Pentateuch)
Nevi'im (Para Nabi)
Ketubim (Tulisan)
Selain itu terdapat juga Talmud yang merupakan terjemahan serta komentar mengenai Torah dari para rabi, dan cendekiawan undang-undang. Ini termasuk Mishnah dan Halakah (kode undang-undang masyarakat utama penganut agama Yahudi), Gemara, Midrash dan Aggadah(legenda, dan kisah-kisah lama).
Kabballah pula ialah teks lama yang berunsur mistik, dan menceritakan zat-zat Allah.*Adat-adat dan undang-undang penganut Yahudi
Kebanyakan penganut Yahudi mengikuti peraturan dalam memilih makanan yang tertulis di dalam Taurat yang melarang campuran susu dengan daging. Daging babi juga dilarang dalam agama Yahudi. Makanan yang disediakan harus menuruti undang-undang tersebut, dan daging harus disembelih oleh kaum Rabi, dinamakan kosyer.
Anak laki-laki juga diharapkan untuk disunat (sewaktu masih bayi) seperti perjanjian Abraham dengan Tuhan. Apabila seorang anak laki-laki mencapai kematangan dia akan dirayakan karena menjadi anggota masyarakat Yahudi dalam upacara yang dinamakan Bar Mitzvah. Setelah kematian seseorang, orang-orang Yahudi akan mengadakan satu minggu berkabung di mana mereka membaca Kaddish. Agama, dan kemasyarakatan saling berkaitan di dalam masyarakat Yahudi. Misalnya pengambilan riba/ bunga dianggap berdosa sesama kaum Yahudi, tetapi dibenarkan dengan mereka yang bukan Yahudi.
(Wikipedia, 2018)Hambali: Ooo soal yang im a jew? Iyalah Yahudi the best
Zaira: Ooh kamu ikut yahudi ?
Hambali: Iyah, dah lama banget. Tapi bukan agamanya. Kamu punya khodam perempuan?
Zaira: Tahu dari? Punyaku cowo yang masih terdeteksi.
Zaira: Prinsipnya?
Hambali: Gak tahu disamping foto lu. Mungkin dari luar
Hambali: Ini jelas lah 🤴👍
Zaira: Gimana prinsip mereka btw?
Hambali: Gua ambil "gua adalah orang pilihan dari Tuhan"
Zaira: Oh. Eh tapi spiritku cowok kah?
Zaira: Bagus
Zaira: Berjuta makna
Hambali: Gak liat spirit lu. Aku liatnya perempuan yang disamping lu wijk
Zaira: Siapa ya?
Zaira: Bisa kasih tau ciri-cirinya?
Hambali: Aku liat bentar doang. Liat wajahnya, cewe, ya udah. Paling dari luar
Zaira: Lah gua masih kepo😑
Hambali: 😂 cek sndiri lah wijk
Zaira: 😂
Hambali: Gokil jago menyaru dia
Hambali: Awalnya aku kira kunti-kunti, lama-lama jadi cantik zzzzz
Zaira: Menyaru itu apa?
Hambali: Mksudku berubah-ubah, kan aku liatnya dia natap, lama-lama dia berubah cewek cantik.
Zaira: Ngapain disamping gua
Hambali: Ya kalau yang dari luar kan ikut-ikut doang. Kata lu lu kan indigo 😂 biasanya indigo energinya narik
Zaira: Gua nggak indigo-indigo banget cyin
Zaira: Indigo kan ada klasifikasinya
Hambali: Entah, 😂 gua taunya cuma indigo, crystal, emas, pelangi
Zaira: Apaan dah😂Untuk seorang agnostik seperti Hambali, ia mempercayai Konsep keberadaan Tuhan yang Maha Esa. Tuhan yang tidak bernama dengan penyebutan secara universal "Tuhan".
Prinsip yang dianutnya diambil dari Yahudi, "Manusia Pilihan Tuhan"Perempuan misterius pada saat itu belum terdefinisi siapa dia, dari mana asalnya. Mungkin karena pada saat itu aku belum memiliki cukup ilmu dan kemampuan yang mumpuni tentang perempuan misterius ini.
Belakangan setelah banyak kuambil ijazahan ilmu, akhirnya aku mengetahui siapa dirinya, ialah Marita. Fisualnya bisa aku tunjukkan lain waktu, untuk sifatnya semakin kesini kami menyatu. Aku adalah dia dan dia adalah aku.[27/6 16:29]