MUNGKIN DIA SI M

51 2 0
                                    

Hari ini hari Minggu jam 2 siang. Matahari tampak begitu semangat untuk bersinar.  Seperti kata bunda pas hari ulang tahunku,  bunda bakal ketemuan sama tante Amel.  Tempat janjiannya di daerah Kebayoran,  tak jauh dari rumahku. 

"Kak,  ayo berangkat.  Udah telat nih." Bunda menyuruhku untuk gercep.  Sebenarnya aku malas pergi,  tapi bunda bilang gak enak sama tante Amel.  Anaknya juga udah setuju buat ikut.  Jadi ya mau ga mau deh.

Untung saja kali ini jalanan yang biasa kami lewati tak padat seperti biasanya.  Mungkin karna hari Minggu, para pekerja yang libur pada mager.  Aku menatap ke arah jendela kaca mobil.  Tak sadar,  bibir dan hidungku sudah menempel di kaca jendela.  Jakarta,  kapan kau tak akan sumpek?

Perjalanan dari rumah ke cafe tempat janjian memakan waktu 30 menit.  Kami telat 15 menit dari waktu janjian.  Aku tak banyak bicara selama perjalanan.  Abisnya masih penasaran siapa sih M itu. 

"Kak,  jalannya yang cepet dong.  Gak enak nih ama tante Amel udah nungguin." Bunda tiba-tiba membuyarkan lamunanku.  Duh bunda ini cerewet banget sih kaya mau ketemu Park Hyung Shik aja deh.  Akhirnya jalanku kupercepat agar bunda gak ngomel lagi. 

Aku melihat ada seorang ibu muda dan pundak seorang laki-laki dari jarak 10 meter.  Sudah pasti dia itu anak si tante Amel.  Kata bunda dia satu sekolah denganku,  tapi aku gak familiar.  Mungkin karna liat pundaknya doang.

"Jeng,  aduh maaf ya nunggu lama.  Biasa anak cewek." "Iya gapapa jeng,  kita juga baru dateng kok." Lelaki yang baru selesai menyeruput kopi itu langsung berdiri menyadari kehadiran kami.  Hmmm.  Sepertinga aku tahu.

"Budi?" "Ah?  Budi?" Belum sempat si Budi menjawab,  tante Amel balik bertanya.  Aku melihat mulut Budi mulai terbuka untuk menjelaskan namun lagi-lagi tante Amel yang bicara.  "Ouh,  Budiman.  Hahaha." "Iya tante, Budiman." Kataku sembari terrsenyum.

"Nama anak tante ini Marco Julius Budiman. Biasa dipanggil Marco.  Kok kamu manggilnya Budi sih?  Emang di sekolah dia dipanggil Budi?" Sekarang aku yang bertanya-tanya,  sejak kapan Budi dipanggil Marco?  Perasaan semua anak manggilnya Budi.  Tapi aneh juga ya,  bagusan dipanggil Marco kan?  Kok malah make nama Budi sih?

"Marco emang biasa dipanggil Budi, Mi di sekolah.  Katanya nama zaman now." Budi pun akhirnya angkat bicara dengan nada bercanda.  Tanten Amel mempersilahkan kami duduk.  Posisinya bunda di sebelah tante Amel dan berhadapan denganku dan Budi eh Marco yang duduk bersebelahan.  Sesaat kemudian bunda dan tante Amel memperkenalkan anaknya masing-masing secara lebih detail. Ya biarpun lebih detail Budi sih soalnya aku juga belum mutusin mau kuliah dimana dan ambil jurusan apa. 

Tentang  Budi,  eh Marco.  Duh aku harus manggil apa nih?  Kata tante Amel,  Marco ini dari kecil suka banget bantu orang.  Eh pas banget lagi nama keluarga papinya itu Budiman.  Terus si Marco juga jago main basket.  Nah,  kalo ini aku mah tahu soalnya dia pernah satu tim basket sama si Martin.  Duh pokonya banyak deh yang diceritain. 

Ouh ya,  mungkin kau bingung gimana aku bisa kenal sama Budi. Jadi waktu kelas X dulu aku dan Budi jadi anggota paskibra 17an di sekolah.  Disitulah aku kenal sama Budi walau sebatas nama,  soalnya gak pernah sekelas. 

"Jadi gue manggil lo apa nih? Marco atau Budi?" Aku memulai pembicaraan dengannya.  Marco menundukkan kepalanya sambil bergaya ala-ala orang yang sedang mikir dengan satu tangan dipinggang dan satunya disentuhkan pada dagu kecilnya.  "Hmmm..  Marco panggilam sayang.  Kalo Budi panggilan teman. Terserah lo aja mau manggil yang mana." Marco menatapku tersenyum, penuh percaya diri.

Iyuhhh.  Kataku dalam hati.  Berani-beraninya ni cowok gombalin gue didepan orang tua! Bunda dan tante Amel yang mendengar langsung tertawa.  Tak ada risih sedikit pun.  "Duh jeng,  anaknya pinta gombal.  Pasti niru papinya nih." Begitu kata bunda sambil menepuk tante amel.

OPPAKU BUDIMANTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang