1 | Rencana

102 15 0
                                    

Beberapa orang biasanya menuliskan rencana dan impiannya setelah lulus SMA. Banyak di antaranya juga yang menuliskannya di sticky note dan menempelkannya di dinding kamar agar selalu di baca kemudian di aminkan.

Rencana sudah tersusun rapi, hampir tidak ada celanya di mata manusia.

Kebanyakan bahkan hampir keseluruhan isinya pencapaian yang harus dicapai yang sifatnya duniawi atau sementara saja.

Kita sebagai manusia, jika diminta menulis rencana hidup kebanyakan menomor duakan akhirat atau bahkan melupakan akhirat seolah kita lupa bahwa akan ada kehidupan setelah kematian nanti.

Jika mengikuti kemauan dan ekspektasi manusia, setelah lulus SMA saya seharusnya kuliah, kerja setelah itu menikah, memiliki keturunan dan lain sebagainya yang bahkan tidak akan ada habisnya. Selembar dua lembar kertas tentu tidak akan cukup memuat isi kepala tentang rencana hidup.

Namun jika kita sandarkan dan serahkan semuanya kepada Allah dengan merubah orientasi hidup kita menjadi akhirat, tidak akan haus rasanya diri ini dengan pencapaian dunia yang tidak ada habisnya itu.

Sahabat, peluk dirimu sendiri. Kamu butuh mencintai dirimu, tutup telingamu rapat-rapat komentar orang lain tentang pencapaianmu di usiamu saat ini.

Untuk segala letih yang telah kamu usahakan sampai hari ini bersyukurlah.

Untuk segala keringat yang menetes sampai detik ini ucapkan 'Alhamdulillah'

Kita semua punya kesempatan untuk menjadi nahkoda berbahan bakar iman dan berpetakan Alquran.

Untuk para pengemudi, selamat berkemudi. Lebarkan sayapmu. Karena ini bukan perjalanan para pengemudi biasa.

___________

26 Juni 2022
Liafadhilah

Bukan Pengemudi Biasa Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang