Ingat! Salah satu tanggung jawab seorang lelaki setelah menikah ialah memberikan nafkah lahir kepada anak & istri baik berupa sandang maupu pangan.
Jika saat ini kita masih belum mampu menjawab pertanyaan tersebut (pada gambar), itu artinya kita harus berusaha lebih keras lagi.
Kan gak mungkin setelah menikah, utk memenuhi kebutuhan anak & istri kita masih minta sama ortu.
Ada yang menjawab: min, Rezeki itu kan Allah yang mengatur.
Benar rezeki itu sudah diatur sama Allah. Kita harus yakin dengan hal itu. Setiap yg terlahir di muka bumi ini sudah di jamin rezekinya oleh Allah. Orang yg menikah juga akan dicukupkan rezekinya sama Allah.
Namun Sunatullahnya rezeki tersebut haruslah kita ikhtiarkan (usahakan). Bukan bermalas²an apalagi tidak mau bekerja.
Jika kita melihat kehidupan para nabi, mereka semua bekerja utk memenuhi kebutuhan hidupnya.
Jika melihat kehidupan para sahabat. Mereka semua juga bekerja utk memenuhi kebutuhan hidupnya.Bukan minta lantas langsung ada di depan mata.
Bekerja jika niatnya semata-mata mengharapkan ridho Allah akan bernilai ibadah.
Biasanya seorang yg bertanya kepada kita "mau dikasih makan apa anak dan istrimu setelah menikah nanti?" karena ia melihat kita selama ini kerjanya hanya bermalas²an, main² / tidak mau bekerja. Dan biasanya yg menanyakan hal ini ialah orang tua kita sendiri dg harapan setelah kita mendapatkan pertanyaan ini yg semula kita malas menjadi lebih giat. Yg semula kita tidak mau bekerja kita menjadi mau bekerja.
Maksud lain dari pertanyaan ini agar kita punya perencanaan yang matang terkait masa depan kita.
Setelah kita maksimal bekerja untuk mengais rezeki namun hasilnya tidak sesuai harapan. Jangan bersedih. Allah memberikan rezeki dari jalan yang tidak terduga². Teruslah Bersabar, berusaha dan berdoa. Tunggu saja kejutan dari Allah
#taaruf #khitbah #nikah #akadnikah #jodoh #menikahlahkarenaiman
KAMU SEDANG MEMBACA
Menikah
SpiritualMenikah sudah jelas bagian dari ibadah kepada Allah Namanya ibadah harus punya ilmunya Follow ig : akadnikah fiqhwanita_