Gak tau gue bakal bahas dimulai dari mana.
Sesuai dengan judulnya gue mau ngeluarin keluh kesah gue tentang wattpad, ralat tentang work di wattpad.
Setelah sekian lama, gue fokus sama beberapa work fanfic. Bahkan meninggalkan work ini.
Gue pengin mencari beberapa cerita teenfiction, yang ternyata udah gak semenarik waktu pertama kali gue baca yang berkaitan dengan genre tsb.
Gak tau kenapa ya. Semakin ke sini semakin banyak work yang pasaran. Gue udah survey ke beberapa work yang gue kunjungin.
Dan, gue menemukan beberapa kesamaan, ibaratkan serupa namun tak sama.
Serupa kejadian nya, serupa alurnya, serupa masalah nya, dll.
Namun tak sama tokohnya, tak sama penulisnya, tak sama pula otak nya, dll.
Kita ambil contoh, gue bikin work A, dan kalian bikin work B.
Di work A ada kejadian waktu si cowo nembak cewe nya si cowo minta bantuan temen temennya untuk ngasih satu bunga mawar pas si cewe lewat di depannya. Terus sampai bunga ke 99, dan yang terakhir. Si cowo bungkuk buat ngasih bunga mawar itu dan nembak si cewe.
Sedangkan di work B, si cowo ngasih bunga juga bedanya sampe 100 bunga dari temannya dan 1 dari cowo itu.
Bedanya cuma di jumlah bunga.
Dan banyak banget gue nemu yang kejadian nya hampir mirip-mirip gitu. Gak ngerti deh siapa yang copy paste, atau emang ide nya sama? Mungkin sih. Tapi, masa iya ide dia sama dan ternyata pas di cek aktifitas nya di profilnya dia menyukai salah satu part dari work A. Dan ternyata work yang berojol duluan itu work A. Dan tersangka nya author work B dong ya?
Tapi, kalo misalnya kita gak tau dia buat work duluan tapi kita gak liat work dia dan dia nuduh kita copy paste padahal itu pemikiran kita, itu gimana kak?
Ini pertanyaan yang cukup bertele tele.
Jawabannya, gak tau:)
Canda ila.
Menurut gue yaaa, kalo misalkan kita dituduh kayak gitu lo cukup bilang "apa bukti gue ngecopy cerita lo? Gue aja gak baca, bahkan gak tau kalo lo bikin cerita kayak gitu" terus kalo dia bilang "ya kan emang kita tau yang baca siapa aja? Engga kan? Kan lo bisa cuma tinggal baca doang, tanpa vote atau komen" lo jawab aja gini "oke gini gue bakal ngasih tau sedikit ending gue ke elo dan sebaliknya, gimana?" kalau dia gak mau berarti dia emang asal nuduh. Dan lo cukup mengabaikan nya saja.
Yaa itu sih pengalaman gue yaa..
Sebenernya gue emang ngambil beberapa quote dari berbagai sumber yang kadang gue lupa dari mana. Makanya gak gue cantumin. Tapi, beberapa juga ada karya murni hasil pemikiran gue.
Jujur, gue orangnya pelupa. Sumpah gak bohong!
Kalian bisa tanya beberapa temen gue kalo kalian tau kalau engga ya ga usah nanya/?
Sebenernya gue juga gak masalah dengan mereka yg memiliki beberapa unsur dalam work yg sama kyk work yg lainnya, gak masalah.
Cuma suka bosen aja sama cerita yang udah kita baca, terus pas baca cerita lain adegan nya sama. Kan bosen juga.
Tapi, kenapa kalo kakak gak masalah kenapa harus dibahas?
Pertanyaan yg sebenernya gak musti di bahas, sumpah gak penting² amat.
Menurut gue nih ya, kenapa harus dibahas? Supaya diantara kalian, yang tadinya mau bikin cerita tapi nyontek² cerita orang lain, tidak jadi melakukan tindakkan jahat tsb. Jujur, saya sendiri sebagai pembaca menginginkan sebuah cerita sederhana dan adegannya itu jarang untuk ditebak. Kata² nya menjebak, dan membuat kita semakin tertarik sama bacaan itu. Ya, semoga saja saya yang hanya pengoleksi quote ini dapat memberi semangat untuk kalian para pembaca work abal ini, hehe.
Kalian, kalau ada yang bertanya kepada saya bagaimana cara sebuah inspirasi timbul untuk sebuah cerita, itu sebenarnya tergantung otak masing². Dan pengalaman, paling penting untuk mendapatkan inspirasi. Saya pun yg membuat work bergenre fanfiction, sering mengambil kejadian nyata di kehidupan real saya.
Misal, teman saya punya sesuatu cerita menarik. Nanti, cerita itu saya usahakan tidak lepas dari kepala saya. lalu, kalau teman saya selesai cerita saya menuliskan ceritanya yang saya sedikit rangkum, hanya hal penting yang saya tulis, tidak dengan adegan yang benar² sama. Setelah saya revisi beberapa kaliamatnya, saya menjadikan kejadian itu di salah satu part. Dan jangan keluar dari alur cerita!!
Kalau, memang pengalaman pribadi tidak ada yang sama seperti alur cerita, lebih baik buatlah cerita itu menjadi pengalaman dan inspirasi anda sendiri.
Bagaimana caranya?
Misalkan anda ingin membuat sebuah percakapan di work anda, lalu anda ingin sang cowok menyatakan cintanya. Jika, anda tidak memiliki pengalaman unik untuk jawaban 'ya' dari sang cewek maka pikirkan jika cewek itu anda sendiri. Apa yang akan anda katakan ketika di tembak doi dan ingin menerima? Mudah bukan, jika kata² nya sedikit pasaran kalian bisa revisi sedikit. Sebelum di revisi tulis dulu apa yang anda ingin revisi. Itu lebih baik.
Sepertinya udah cukup sampai sini, diskusinya. Maaf saya belum bisa mengupdate quote² yang kalian inginkan. Tapi, nanti saat saya udah selesai melakukan kegiatan ukk. Saya akan update, yang mungkin akan mengguncangkan notif kalian/?
Saya pamit, tapi saya ingin mengetikkan sesuatu penghargaan bagi saya.
THANK YOUU SO MUCH ATAS 20K READERS NYAAA!!!!!!!!!!!!!!
THANK YOUU VERY MUCH:)
Saya moon untuk menekan bintang beberapa post tentang quote dan puisi² nya.. Sepertinya work ini sudah setahun lebih berdiri:) saya mengucapkan terimakasih atas segala²nya..
Saya pamit, sekali lagi terima kasih. Sampai jumpa..
Salam untuk kalian para orang baper..
KAMU SEDANG MEMBACA
Baper Zone
PuisiKetika hati yang terluka tidak mampu berkata, maka jari tangan lah yang berbicara mewakili sang mulut yang tidak mampu mengucapkan sepatah kata pun. Jika semua orang tidak ingin mendengarkan curahan hati dari sang mulut, maka semua orang dapat memba...