Seperti yang kalian ketahui, untuk SNMPTN kita hanya boleh memilih maksimal 3 program studi saja pada 2 univeristas. Jadi cari dan mantabkan jurusan yang emang kamu banget.
***
Pertama, mulai cari tahu kamu minatnya dimana.
Sebaiknya sedini mungkin kamu harus memulai langkah ini. Caranya tulis sebanyak-banyaknya hal yang kamu minati di buku harian kalian. Kalo nggak sempet ya paling nggak diingat-ingat aja lah, yang penting jangan lupa. Tapi saranku si mending ditulis aja ya, biar lebih terstruktur. Repot? Nggak apa apa lah repot sedikit, toh ini buat masa depan yang lebih baik hehehe.Oiya, aku melakukan langkah ini dari sekitar kelas 8 SMP. soalnya waktu itu kakak sepupuku yang SMA sering banget bahas seputar jurusan pas ada aku. Jadi ya lumayan lah, bisa menambah wawasan buatku. Thanks brother! Hehehe. Dari situ, Aku selalu menuliskan apa yang aku minati di bukuku.
Cuplikannya begini :
- aku suka bahasa jawa
- katanya kalau s2 bahasa jawa kuliahnya di belanda ya?, lumayan ya bisa keluar negeri
- fisika kok menarik ya?
- astronomi kayaknya keren tuh
- jadi penulis buku kok kayaknya cepet kaya ya?, atau aku masuk Sastra indonesia aja ya?
- dari dulu kok nggak bosen sama biologi ya?
- aku kok suka banget kalau ikut lomba pidato ya?
- minat banget sama organisasi, tapi sekarang belum terwujud. Mungkin pas kuliah, dll.Gitu sih yang mulai ada di bukuku sejak SMP. nggak tau dulu aku ikut2an atau gimana, tapi pas aku mau pilih jurusan buat SNMPTN, catatanku itu sangat membantu.
***
Ke dua, cari tahu lebih dalam minatmu tersebut.
Untuk yang ini, kamu bisa searching-searching di mbah google.Sebenarnya sudah ketahuan sih minatmu dimana dengan membuka history search di google chrome atau yang lain. Karena disitu akan ditunjukkan apa aja yang kamu cari di internet. Tapi pasti ada sih yang historynya cuma stalkingan mantan. Ups.. hehehe
Lah untuk kamu yang seperti itu, maka ada terobosan lain nih. Misalnya, kamu cari artikel yang berhubungan dengan minatmu tersebut. Kalau misalkan saat kamu membaca kamu tidak bosan dan tertarik akan kelanjutnya, maka itu lah minat kamu yang sebenarnya. Tapi jika kamu bosan dan tidak tertarik saat membacanya, maka coba searching minatmu yang lain yang sudah kamu tulis di buku seperti step yang pertama. Inshaallah akan terdeteksi kok minatmu dimana.
Kamu juga harus cari tentang plus minus apa yang kamu minati. Jangan sampai ada suatu kekurangan di minatmu yang terdeksi setelah lama. Itu akan berdampak penyesalan di kemudian hari.
***
Ke tiga, imbangi minatmu dengan bakatmu.
Ibarat sistem gerak, minat itu tulang, bakat itu otot. Jadi kalo nggak ada bakat, ya minatmu nggak bisa gerak. HeheSebenarnya semua orang punya bakat. Tapi karena manusia tiada yang sempurna, maka tidak semua orang tau bakatnya. Eakss.. Kadang justru ada orang yang tidak sadar bahwa apa yang ia lakukan adalah bakatnya. Lah terus gimana antisipasinya kak?
Tips dari aku, coba kalian cari info lomba, lalu ikuti lomba yang kira-kira kalau kamu ikut kamu bakalan menang
.
.
Comingsoon lanjutannya
KAMU SEDANG MEMBACA
LOLOS KEDOKTERAN TANPA TEST
LosoweNovel ini akan dilanjutkan di novel : DOKTEROGENESIS di Akun Athallahfath. Udah mulai ditulis loh guysss