1

14.3K 223 5
                                    

Dira melihat permainan tim basket sekolahnya dari sudut lapangan indoor. Dira seperti tidak memiliki keberanian untuk melihat dari jarak yang lebih dekat lagi, padahal sahabatnya sedari belum masuk TK sedang bertanding karena dia adalah kapten tim basket. Sahabatnya itu sudah hafal betul dimana Dira berada karena hampir setiap tim basket bertanding ia selalu melihat dari sana.

Dira menunjukkan kedua jempolnya saat Rheyner berhasil mencetak three point dan menoleh padanya. Rheyner tersenyum dan mengedipkan sebelah matanya. Ya, Rheyner adalah nama sahabat Dira. Lagi-lagi Rheyner berhasil membuat tim basket sekolahnya memenangkan pertandingan. Meskipun hanya pertandingan persahabatan tapi tetap saja euphoria kemenangan tak bisa dicegah.

Setelah pertandingan selesai, beberapa pemain meninggalkan lapangan. Penonton pun banyak yang mulai meninggalkan tribun. Tapi Dira masih bertahan di sana bersama sahabatnya di SMA ini, Putri.

"Seneng banget gue disenyumin sama Rheyner!" seru seorang siswi yang tadi berdiri di sebelah Dira pada temannya sambil berjalan melewati Dira dan Putri.

"Dih, GR banget tuh cewek. Kak Rheyner kan senyumnya sama lo." cela Putri setelah cewek tadi berjalan jauh. Dira hanya tersenyum. "Lagian kenapa sih, Dir, lo nggak nunjukin sama semua orang di sekolah ini kalo kalian sahabatan bahkan udah kayak saudara, kan?"

Dira tak langsung menjawab. Dia diam beberapa saat. "Aku cuma nggak mau jadi beban buat Rheyner. Udah cukup aku nyusahin dia terus-terusan, Put." Putri memandang tidak setuju.

"Ck, lo Dir, gue malahan pengen banget punya sahabat cowok yang selalu ada buat gue. Terus kan kalo punya sahabat cowok pasti selalu ngerasa aman karena ada yang jagain. Apalagi kalo sahabat gue kayak Kak Rheyner gitu. Udah pinter, ganteng, jago basket, karateka terbaik dan suaranya bagus lagi. Ugh...idaman banget deh." cerocos Putri.

"Idaman buat dijadiin sahabat atau pacar?" goda Dira.

"Hehe.. pacar sih." Putri hanya nyengir. "Eh, By the way, lo kan dulu pernah bilang sempet ragu sama Kak Rheyner kan ya? Ceritain dong."

"Iya, jadi dulu aku pernah ngerasa kalo Rheyner itu nggak tulus temenan sama aku. Menurutku, dia mau jagain aku karena itu adalah satu kewajiban dari orang tuanya. Aku pernah liat orang tua Rheyner marahin dia cuma gara-gara dia pulang duluan dari sekolah. Dan Rheyner janji bakalan jagain aku terus kemana pun aku pergi."

"Emang kejadian itu kapan?" tanya Putri.

"Waktu aku kelas 4 SD."

"Terus lo mulai yakin kalo Kak Rheyner beneran tulus temenan sama lo kapan?"

"Waktu SMP. Ya, di SMP kan udah bisa berfikir lebih dewasa. Aku mulai yakin kalo dia temenan sama aku ya karena dia pengen bukan karena orang tuanya. Apalagi waktu kejadian aku dikunciin di kamar mandi sama kakak kelas. Dia bener-bener keliatan marah sama kakak kelas aku itu."

"Kok lo bisa dikunciin kakak kelas lo sih? Duh, gue kepo banget ya?"

Dira tersenyum dan menggeleng. "Di SMP aku selalu barengan sama Rheyner. Kapanpun dan dimanapun. Dimana ada Rheyner pasti ada aku. Orang-orang mikirnya aku yang ngintilin Rheyner terus. Padahal Rheyner yang maksa aku buat selalu ikut sama dia. Dan ya Rheyner adalah salah satu cowok pujaan di SMPku dulu seperti saat ini." Dira berhenti sejenak untuk mengambil nafas. "Yang ngunciin aku adalah temen sekelas Rheyner yang naksir banget sama dia. Cewek itu nekat ngunciin aku di kamar mandi setelah marah-marah dan ngancem aku. Untung Rheyner bisa nemuin aku padahal waktu itu udah hampir malem. Dan dia ngelilingin satu sekolah sendirian buat nyari aku. Dari situ aku percaya kalo Rheyner emang tulus sahabatan sama aku dan nganggep aku adik seperti yang selalu dia ucapin."

Dira mengingat setiap momen yang dia lalui bersama Rheyner. Semuanya menyenangkan. Rheyner selalu peduli padanya, Rheyner selalu perhatian padanya, Rheyner selalu menjaganya, Rheyner selalu ada untuknya. Dan selama ini mereka juga bersahabat secara wajar tidak seperti sebuah paksaan. Mereka saling berbagi cerita tentang apapun, mereka saling mengetahui pribadi masing-masing secara mendalam. Dira menikmati semua waktu yang dia lewati bersama Rheyner dan Rheyner sepertinya juga begitu. Lalu apa yang membuatku dulu meragukan Rheyner? Dira merutuk kebodohannya dalam hati.

"Ya ampun, so sweet banget nggak sih Kak Rheyner. Terus cewek itu gimana?" pertanyaan Putri mengembalikan pikiran Dira pada alam sadar.

"Yang aku tahu Rheyner marahin cewek itu. Aku nggak tahu apalagi yang udah dia lakuin karena setelah itu nggak ada lagi yang berani gangguin aku meskipun Rheyner udah lulus."

"Iyalah secara lo kan jadi senior dan mereka juga takut kali sama Kak Rheyner, dia jago karate dari dulu kan?" Dira mengangguk.

"Eh, kok aku jadi kayak curhat gini sih?"

"Ya ampun nggak papa kali, gue malah seneng banget bisa denger cerita lo sama Kak Rheyner." Putri tertawa renyah. "Oh iya, maksud lo nggak mau ngebebani Kak Rheyner tuh karena lo takut kejadian dulu terjadi lagi gitu?"

Dira mengangguk. "Terkadang Rheyner bisa jadi orang yang nyeremin kalo marah. Aku nggak mau bikin image Rheyner buruk kalo sampe ada kejadian kayak dulu lagi."

"Lo trauma?"

Dira mengangguk lemah. "Mungkin."

"Apapun yang terjadi sama lo pasti Kak Rheyner akan lindungin lo."

"Kamu bisa aja."

***

Cerita keduaku meski cerita pertama belom tamat. Semoga suka yaa, jangan lupa votes dan commentnya :)

Sahabat Jadi Cinta, Why Not?Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang