Gue udah bilang belum sih kalo gue ini punya kelebihan yang tidak dimiliki oleh sebagian besar cowok? Belum kali, ya?
Kelebihan yang gue maksut disini, ya, kelebihan berat badan. Singkatnya, gue ini gendut. Bukan yang gendut banget sampe kalo pesen kaos olahraga harus XXL. Gue ini ya gendut biasa. Apa coba gendut biasa.
Intinya, gue ini nggak pernah merasa kalo gue ini gendut. Menurut gue ya gue biasa-biasa aja. Nggak gendut nggak kurus. Gue ideal, kalo menurut gue. Tapi nggak semua orang mikir kaya gitu. Eh, ralat, tapi, kebanyakan orang punya pemikiran yang beda sama gue.
Setiap ketemu saudara-saudara gue waktu lebaran, baik dari pihak bokap atau nyokap pasti ada satu kalimat wajib yang bakal mereka lontarin, dan gue udah terbiasa denger itu dari kelas tujuh.
"Kalo kurusan dikit aja, kamu jadi ganteng lho, Yan."
Di lebaran tahun ini gue jadi tau kalo itu adalah bentuk halus dari kalimat "Kamu gendutan, Yan, Diet dong!"
Jangan salahin gue dong kalo selama ini gue nggak tahu, lagian mereka ngomongnya kan 'kurusan dikit' berarti sebenernya gue nggak gendut-gendut amat. Alhasil dari pemikiran gue itu, setiap ada yang ngomong gitu, gue cuman bales senyum doang.
Hari ini, gue tersadar oleh satu kalimat sederhana yang keluar dari mulut Vina. Tadi posisinya gue lagi tiduran di meja, terus tiba-tiba Vina manggil sambil ngomong, "Gue udah selesai nih, Ndut. Mau nyontek nggak?"
Perasaan gue waktu itu kalo difilm-in udah muncul efek-efek petir yang menyambar-nyambar bareng sama suara epic dan muka gue yang di zoom bolak-balil. Bener-bener sekaget itu gue waktu dipanggil 'Ndut' sama Vina. Banyak banget sebenernya yang manggil gue 'Ndut', anak tongkrongan, anak basket, anak kelas, temen-temen gue di SMP, dan perasaan gue waktu dipanggil juga biasa aja. Tapi nggak tahu kenapa rasanya seaneh itu waktu Vina yang ngomong.
"Ye! Malah ngelamun lagi!" Vina ngomong sambil mengayunkan buku tulisnya ke muka gue.
Gue yang gelagapan, akhirnya ngambil buku milik Vina dan langsung nyalin. Biasanya, mau sepercaya apapun gue sama orang yang gue contek, gue tetep tuh, meneliti lagi kerjaan tu orang, bener apa kagak. Tapi, waktu gue nyontek tugas punya Vina tadi, gue bener-bener nggak fokus sama apa yang gue kerjain. Pikiran gue cuman fokus sama satu hal, gue pengen kurus!
Nggak, nggak. Gue harus kurus!
KAMU SEDANG MEMBACA
The Untold Story of Ian
NouvellesBercerita tentang keseharian Ian yang diam-diam menyukai teman satu kelasnya sendiri.