Tiga : Nyctophobia

89 39 38
                                    

Nyctophobia itu apa sih? Itu phobia jenis apa?

Okay, simak artikel di bawah ini yuk!

Nyctophobia adalah suatu jenis phobia yang diartikan sebagai ketakutan luar biasa terhadap tempat atau suasana yang gelap.

Nyctophobia juga biasa dikenal dengan sebutan lygophobia. (Etdah sulit amat yak nyebutnya)

Biasanya pengidap phobia jenis ini akan menganggap kegelapan sebagai sesuatu yang bisa membahayakan, sehingga memicu ketegangan dan berbagai gejala ketakutan lainnya.

Pengidap nyctophobia, umumnya juga akan merasakan ketakutan yang teramat sangat pada waktu malam hari. Ketakutan yang begitu luar biasa membuat pengidap nyctophobia tidak bisa tidur dalam gelap atau mereka biasanya membutuhkan cahaya penerangan agar mereka tidak merasakan ketakutan tersebut.

Siapa yang waktu kecil dulu takut gelap? Atau yang saat ini masih sering merasa takut di tempat yang gelap? Ayo cung!

Oke, nggak apa-apa, itu hal yang biasa terjadi. Menurut profesor psikologi Thomas Ollendick dan direktur Child Study Center di Virginia Tech, Amerika Serikat, mengatakan bahwa "Anak-anak cenderung mempercayai imajinasinya jika berada di dalam kegelapan dapat muncul hantu, monster, pembunuh, penculik, atau perampok secara mendadak."

Semua itu, akhirnya dapat memunculkan persepsi bahwa gelap adalah hal yang menyeramkan dan menimbulkan ketakutan.

Jadi, wajar saja jika kalian pernah merasa takut saat berada dalam tempat yang gelap. Namun, ketakutan yang tidak wajar adalah ketika kalian memiliki rasa takut yang ekstrem dan itu telah berlangsung lebih dari enam bulan. Dalam kondisi seperti ini, dapat disimpulkan bahwa kalian bisa saja menderita nyctophobia.

Ada pun ketika berada dalam kegelapan, pengidap nyctophobia akan merasa tubuhnya menjadi lemas dan tidak berani menggerakkan tubuhnya sedikit pun. Hal ini yang menyebabkan pengidap nyctophobia tidak berani berjalan di malam hari baik sendiri maupun beramai-ramai. Dia akan merasa tidak nyaman karena dihantui oleh rasa takutnya sendiri.

Phobia ini jika tidak segera ditangani dengan cepat, tentu saja akan menghambat aktivitas sehari-hari. Misalnya, ketika kalian akan mengerjakan sesuatu dan tiba-tiba saja listriknya mati. Apa yang akan kalian lakukan? Belum menyalakan senter atau pencahayaan lain, kalian sudah merasa takut dengan sendirinya.

Nah, sekarang kalian sudah tahu tentang nyctophobia kan? Lalu, gejala-gejalanya apa saja sih?

Gejala fisik yang dialami pengidap nyctophobia, meliputi :
1. Kesulitan bernapas,
2. Detak jantung akan lebih cepat,
3. Biasanya akan merasakan sakit pada area dada,
4. Pusing,
5. Berkeringat, dll.

Selain gejala fisik, pengidap nyctophobia juga akan mengalami gejala emosional, apa sajakah itu?
1. Perasaan cemas yang luar biasa,
2. Hilang kendali atau merasa gila,
3. Kehilangan kesadaran atau pingsan,
4. Merasa tegang juga takut,
5. Merasa lemas dan tidak berdaya,
6. Berusaha menghindari kegelapan,
7. Mengalami serangan panik (teriak, menangis, diam, mengamuk, dsb)
8. Mengalami stres.

 Mengalami stres

Ups! Gambar ini tidak mengikuti Pedoman Konten kami. Untuk melanjutkan publikasi, hapuslah gambar ini atau unggah gambar lain.
It's about The UniverseTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang