"Tempat apa?"
"Buat ngedate. Tadi lo belom jawab pertanyaan gue."
"Gak tau."
"Kok gak tau? Rumah lo kan deket sini?"
"Sok tahu."
"Emang tau. Orang lo sendiri yang bilang kemarin."
Hah? Kemarin? Perasaan kemarin aku gak bilang apa - apa ke Ethan. Lagian ngapain juga? Tunggu. Jangan - jangan...
"Kamu nguping obrolanku sama Ashilla?!"
"Bukan nguping. Kan kalian duluan yang ngomongin gue. Salah siapa kalo penasaran?"
"Hih!" Aku mukul lengan kiri Ethan pake tanganku yang lain. Bukan mukul ala cewe yang kalian bayangin tapi seriusan mukul sekenceng yang aku bisa.
"Aw sakit!" Ethan menghindar, selang yang dia pegang keluar dari lobang corong, ngebuat sepatuku basah.
"ETHAN!"
Bukannya berhenti, Ethan justru nutup sebagian lubang selang dan ngarahin semprotan buatannya pas ke mukaku. Kampret bener nih orang.
Gak mau basah sendirian, aku ngedeket ke Ethan buat tumpahin air di dalem corong ke mukanya. Rasain. Siapa suruh mulai duluan?
"Lo gila?!"
"Kok aku? Siapa suruh kamu basahin sepatuku?"
"Gak sengaja elah. Lagian lo tadi pukul gue!!"
"Kalo gak sengaja, ngapain pake nyemprotin air ke mukaku?"
"Itu... bonus!" Ethan nyemprotin selangnya lagi ke aku.
Gak lama kemudian bel masuk bunyi. Jackpot banget. Udah basah, bakalan telat lagi! Sumpah Ethan super duper nyebelin.
"Udah dong. Udah bel masuk."Aku ngelap mukaku yang basah banget sementara Ethan naroh selang di tanah, matiin kran, dan jalan ke luar greenhouse. Aku ngikutin Ethan dari belakang sampe akhirnya sadar kalo dia gak jalan ke kelas melainkan UKS.
"Kok kesini?"
"Lo mau masuk kelas basah - basahan gitu?" Ethan buka pintu UKS dan masuk duluan.
Karena omongan Ethan gak sepenuhnya salah, aku ngikutin dia masuk ke UKS. Di dalem, AC berhembus kenceng, bikin tambah dingin aja.
"Dingin banget."
Aku duduk di bangku deket timbangan berat badan dan lihat sekitar buat cari cara ngeringin baju dengan cepat.
"Dingin gue."
Mataku tertuju ke kipas angin di deket rak obat.
"Badan gue kedinginan, lo enggak?"
"Hah?" Aku baru sadar kalo Ethan dari tadi ngeluh kedinginan. Huh emangnya cuma dia yang kedinginan? Bisanya protes mulu dasar.
"Lo gak kedinginan gitu?"
Aku geleng cepet, muter bola mata sambil gigit bibir dalem buat nahan rasa dingin. Gak ada gunanya juga bilang yang sebenernya ke Ethan.
"Kalau ditanyain guru gimana?"
"Gue udah minta Adi buat ngijinin gue." gak tau dari kapan Ethan ngeluarin hape, tapi sekarang dia nunjukkin chat-nya sama adi.
"Kok cuma kamu yang diijinin?"
Aku refleks ambil hape Ethan dan ngetik : Thea juga
"Apa kata Adi?"
Ethan nunjukkin chat-nya lagi. di situ terbaca,
Ethan : Thea juga
Adi : Thea siapa?
Ethan : sekre cantik kelas kita.
Sehabis baca balesan terakhir Ethan, aku langsung injek kakinya.
"Lo dibilang cantik kok malah injek kaki gue sih?"
"Kalo kamu yang bilang, ogah!"
Semenit kemudian, aku denger suara gagang pintu dibuka.
"Buruan tutup pake selimut!"
"Kalo ketauan gimana?"
"Pokoknya lo harus pura - pura tidur dan gak boleh bangun sebelum gue suruh."
Sesuai perintah Ethan, aku tidur di kasur deket tembok dan narik selimut sampe nutupin badan. Aku juga ngeliat Ethan ngelakuin hal yang sama, tidur di kasur sebelahku dengan selimut di seluruh badan.
Karena merem, aku gak tau apa yang terjadi sama Ethan. Tapi aku denger,
"Kamu murid kelas 10 ya?" tanya Ibu penjaga UTS yang aku belom tau namanya.
"I.. iya Bu." Suara Ethan bener - bener kedengeran kayak orang sakit. Pinter acting juga ni anak.
"Sakit apa nak?"
"Perut saya gak enak bu. Tadi waktu istirahat minum kopi trus baru inget kalo belom sarapan."
"Yasudah, kamu istirahat dulu."
Percakapan mereka berhenti, ngebuat jantungku berdegup kencang. Please jangan dateng kesini. Aku emang berniat ikut ekskul teater, tapi kalo disuruh acting bohong kayak gini, rasanya gak mau.
"Bu!" Ethan manggil. Aku ngerasain langkah ibu itu ngejauh dari kasurku.
"Iya nak?"
"Ada obat sakit perut?"
"Sebentar ibu ambilkan. Itu teman kamu sakit apa?"
"Gak tau Bu, tadi udah di situ waktu saya dateng."
Percakapan mereka berhenti lagi. Pasti Ibu UKS lagi ngambilin obat yang diminta Ethan.
"Ini obat sakit perutnya. Nanti kalau mau cari Ibu ada di ruang guru."
Setelah itu, bener - bener gak ada percakapan. Sampe akhirnya Ethan ngebuka selimut yang nutupin wajahku.
"Lo boleh bangun."
Aku buka mata pelan - pelan, berusaha ngeyakinin diri sendiri kalo Bu UKS bener - bener udah pergi.
"Udah gak ada kok."
Denger ucapan Ethan barusan, aku bangun dan beranjak dari tempat tidur menuju kipas angin di pojok ruangan. Aku pencet tombol angka 3 dan berdiri di depan kipas.
"Ngapain lo?"
"Ngeringin baju."
"Geser." Ethan tiba - tiba udah di sampingku dan ngegeser pake badannya yang jelas lebih kuat.
"Jangan nyerobot dong! Kan aku dulu yang nemuin kipasnya."
"Badan gue basah lo gak liat?"
"Aku juga. Gih minggir."
Aku dorong badan Ethan tapi percuma, dia cowo, aku gak mungkin bisa nyingkirin semudah itu. Bukannya geser, Ethan justru matiin kipasnya setelah ngeliat aku susah payah dorong dia.
"Lah kok dimatiin?"
"Tunggu bentar."
"Maksudnya?"
Belom sempet jawab pertanyaanku, Ethan udah keburu pergi. 10 menit kemudian dia dateng bawa kresek di tangan.
"Kan udah gue bilang jangan di depan kipas."
"Biar cepet kering."
Ethan mendekat ke tembok buat ngelepas tancepan kipas dari stopkontak. Lagi - lagi dahiku dibuat berkerut. Sekali aja gak bikin kesel gak bisa ya?
"Nih."
"Apaan tuh?"
"Baju."
Aku buka kereseknya yang ternyata beneran berisi baju. "Kok kamu kasih ke aku?"
"Katanya baju lo basah?"
"Kamu aja yang pake. Lagian punya siapa juga nih baju?" Gue lempar pelan bajunya ke Ethan
"Pokoknya 2 menit lagi gue masuk." Ethan ngasih bajunya ke aku dan pergi gitu aja.
Aku ganti di dalem UKS dengan baju yang dibawa Ethan, baju olahraga yang kegedean pake banget. Celana panjangnya harus ditekuk 4 kali dan lengan pendek bajunya nyampe di siku.
Tepat saat aku udah selesai ganti, Ethan masuk dan langsung ketawa liat aku pake baju kegedean.
"Jadi kamu sengaja nyuruh aku pake baju ini biar bisa diketawain?"
"Iya. Tapi gue gak nyangka bakal selucu ini. Lo kayak orang - orangan sawah."
"Hih! Baju siapa sih nih?"
"Punya gue."
"Hah? Kok bisa? Kita kan belom dapet seragam?"
"Semalem gue dibilangin Adi kalo pulang sekolah nanti bakalan ada pembagian seragam olahraga sama jas lab."
"Trus kok kamu gak ambilin punyaku?"
"Gak bisa. Harus diambil sendiri soalnya pake tanda tangan gitu. Udah pake itu dulu aja sambil nunggu seragam lo kering."
Aku berdiri di depan kipas angin sambil ngeringin baju dan rok SMP ku.
"Deket sini ada restaurant steak yang enak." Aku baru sadar kalo belom jawab pertanyaan Ethan yang tadi. Sebagai rasa terima kasih, aku akhirnya ngasih tau deh.
"Udah itu doang. Aku jarang keluar rumah."
"Lo gak mau nanya gitu?"
"Nanya apa?" Aku balik kemeja putih ke bagian belakang buat dikipasin.
"Kenapa gue bisa secepet itu nembak Adin."
Duh kenapa Ethan bisa tepat banget nebak pertanyaan yang sejak tadi ada di otakku.
"Kak Adin." Aku benerin sebutan dia buat Kak Adin.
"Kan dia udah jadi pacar gue."
"Iya juga sih." Aku kibas - kibasin bajuku biar lebih cepet kering.
"Jadi kenapa? Kenapa lo gak tanya?"
"Karena..." Aku musti jawab apa nih? gak mungkin kan beneran bilang kalo aku penasaran?
"Gak papa. Bukan urusanku. Kamu juga geer banget sih, kamu pikir semua orang mau tau urusan kamu apa?"
Ethan ngangguk - ngangguk.
"Oke, nanti gue bakal coba makanan di tempat yang lo bilang tadi."
Aku senyum karena gak tau balasan apa dari perkataan Ethan barusan.
"Lo ikut ekskul apa?"
"Mau daftar MPK sama..."
Belom sempat aku selesein kalimat, pintu UKS kebuka. Aku deg - degan bukan main. Gimana kalo kali ini ada guru yang dateng lagi? Please jangan. Gak siap nih kalo harus lari ke kasur dan pura - pura tidur kayak tadi.
Tunggu. Itu bukan guru.
Tapi...
Harris?
Aku ngeliat Harris, atau kakak kelas yang mirip Harris. Dia masuk buat ambil hansaplast dan pergi lagi. Refleks, aku panggil namanya.
"Harris?"
Orang itu berhenti bentar lalu ngelanjutin langkahnya keluar UKS. Gue semakin yakin kalo dia itu Harris. Kalo bukan, kenapa dia berhenti? Tapi kalo iya... apa dia udah gak inget aku? kenapa gak nengok?
"Lo kenal?"
Aduh, aku lupa kalo Ethan masih di ruangan ini.
"ngnngngn... Nggak."
. . . .
Setelah 2 jam pelajaran berlangsung, aku ke kelas sama Ethan. Aku pake bajuku yang udah kering, sementara Ethan pake bajunya yang sempet ku pinjam tadi. Begitu masuk kelas, murid lain pada ngasih pandangan aneh. Pertama, Ethan pake baju olahraga SMA yang seharusnya masih dibagiin sepulang sekolah. Kedua, pasti mereka bertanya - tanya kemana aku dan Ethan pergi. Soalnya, begitu duduk, Ashilla langsung ngasih pertanyaan yang sama dengan yang baru aja aku tebak.
"Kamu abis dari mana sama Ethan? Sekelas nanyain tauk."
"Tadi..."
"Kamu sama Ethan terakhir di greenhouse kan?"
"Iya. Ceritanya panjang Shil. Intinya tu anak super duper ngeselin. Bikin bajuku dan baju dia basah."
"Oh, makanya Ethan pake baju olahraga?"
Aku ngangguk waktu Ashilla ngeliat ke arah Ethan.
"Kebiasaan deh Shil. Kalo ngomongin orang jangan diliatin."
"Hehe, maap."
"Tadi ada catetan? Boleh pinjem?"
"Ada. Banyak pake banget. Gara - gara kita belom dapet buku paket."
. . . .
Pulang sekolah, aku jalan kaki seperti biasa.
"Maaf ya The gak bisa nganter. Ntar deh kalo aku udah bawa motor sendiri, pasti aku tebengin."
Aku ngangguk ke Ashilla yang lagi pake helm gojek.
"Santai ah, deket juga. Yaudah kamu ati - ati!"
Ashilla ngangguk. "Bye The! Jangan lupa catetannya ya!"
Di belokan deket rumah, ada motor ninja warna item yang lewat dan bunyiin klakson. Ethan. Sebenernya, aku gak bisa liat mukanya, tapi kak Adin yang ada di belakangnya ikut nyapa meskipun gak tau namaku. Siapa lagi coba kalo bukan Ethan? Lagian tu ya, mana ada yang berani ngelanggar aturan sekolah buat bawa motor. Gila ya, kalo dipikir - pikir baru beberapa hari masuk tu bocah udah banyak melanggar peraturan.
KAMU SEDANG MEMBACA
TIED
Teen FictionHal yang paling aku sesali saat ini, selama 3 tahun berada di SMA dan 1 bulan menuju hari kelulusan adalah membiarkanmu tidak meneruskan pertanyaan waktu permainan truth or dare malam itu. Apa yang sebenarnya ingin kamu tanyakan? Jika saja malam it...