Gerhana Bulan

8K 337 5
                                    

"woi Gerhana......! Mau ke mana loe....", teriak gue.

Si Gerhana bener-bener buat gue naik darah. Tiap hari dia cari masalah terus sama gue. Dan kalo udah gitu, gue harus cari cara lagi untuk ngebales dia. Dia baru aja ngebuat ban sepeda gue bocor. Terpaksa deh gue harus jalan kaki pulang nanti sambil ngedorong sepeda gue ke bengkel. Kayaknya, dia emang sengaja nggak bawa motornya ini hari. Mungkin takut kalo gue juga bikin ban motornya bocor. Awas loe yah, besok-besoknya gue bales loe. Malah tadi dia cuma cengengesan lagi pas ngeliat ekspresi marah muka gue.

Gue sama dia udah tetanggaan cukup lama. Semenjak dia pindah di samping rumah gue satu tahun yang lalu, gue sama dia bagaikan kucing dan tikus. Selalu aja berantem tiap hari. Padahal yah, ortu kami akur-akur aja tuh.

"hai Bulan. Kok muka loe ditekuk lagi sih. Perasaan tiap hari muka loe selalu aja jutek", kata Tari waktu gue berpapasan sama dia di dekat pintu kelas.

Tari itu pacarnya Gerhana. Itu sih cuma penafsiran gue aja. Habisnya mereka sering banget jalan bareng. Gue sering liat Gerhana ngebonceng Tari kalo pulang sekolah. Makanya itu gue langsung nyimpulin kalo mereka pacaran. Gue sih ogah cari tau yang sebenarnya tentang mereka.

"loe nggak usah mancing emosi gue deh. Loe itu sama aja tau nggak kayak pacar loe itu".

"pacar gue ? Siapa ?", tanya Tari kayak nggak ngerti. Aduh, pura-pura bloon deh.

"yah siapa lagi kalo bukan Gerhana. Emangnya loe punya banyak pacar. Wah, kasian juga Gerhana udah diselingkuhin ". Gue langsung masuk ke kelas sebelum ngedengerin omongan Tari.

Lagi-lagi gue ngeliat Gerhana. Gue emang sekelas sama dia. Padahal yah, gue enek banget kalo tiap hari ngeliat dia. Tapi yang anehnya, Lola teman sebangku gue malah terus muji-muji dia. Tiap hari malahan. Udah tau gue benci banget sama Gerhana, malah dipuju-puji lagi di depan gue.

Gerhana balik ke arah gue. "heh Bulan, gimana kejutan gue tadi pagi ? Seru kan ?", katanya dengan smirk menyebalkannya.

" Awas loe yah, gue bales perbuatan loe".

"oke deh gue tunggu. Kapan rencana loe mau ngebales gue ?", ledeknya.

"ih malah ngeledek". Gue langsung ngejitak kepala Gerhana.

"aw...". Dia nahan tangan gue. "loe jadi cewek kasar banget sih. Nanti nggak ada yang suka loh".

"bodo' !". Gue berantem sama gerhana di kelas.

"Gerhana ! Bulan !", bentak bu Merry guru matematika gue.

Gue dan Gerhana seketika berhenti.

"kalian ini bener-bener yah. Tiap hari kerjaannya berantem terus".

Gue dan Gerhana saling melirik.

"kalian berdua maju ke depan ! cepat..!".

Gue dan Gerhana lalu maju dan berdiri di depan kelas. "apa kalian ini nggak bisa akur sedikit..".

"nanti kalo matahari udah terbit dari barat bu", kata Gerhana.

"dan kalo matahari udah terbenam dari timur bu", lanjutku.

"kalian ini bener –bener keras kepala. Seharusnya kalian ini tetap akur. Karena biar bagaimana pun ada yang namanya gerhana bulan. Gerhana nggak mungkin sendiri. Pasti kalo bukan gerhana bulan, maka gerhana matahari".

"kalo gitu, saya mau cari cewek aja bu yang namanya Matahari. Lebih cocok tuh gerhana matahari daripada gerhana bulan. Kalo dia, lebih cocok cari cowok yang namanya Sabit, biar jadi bulan sabit bu. Atau nggak, cowok yang namanya Purnomo. Jadi bulan purnomo deh. Ha ha ha", kata Gerhana tertawa meledek.

Kumpulan Short Story {End}Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang