Menangislah seperlunya, lalu bersyukurlah sebanyak-banyaknya

3 0 0
                                    

Kau mungkin kehilangan waktu istirahatmu. Kau bahkan kehilangan waktu liburanmu. Kau kehilangan waktu luang bersama sahabat-sahabatmu.  Hingga, kaupun jarang berkumpul dengan keluargamu. Kau tertidur dalam kelas bahkan ruang kerjamu karena lelah. Kau menangis diam-diam karena merasa tak sanggup menjalaninya. Hingga terkadang dihatimu terbesit Kata ingin menyerah.

Begitulah perjuangan,  memang berat. Tetapi jangan menangis. Menangis hanya akan membuat orang lain menganggapmu lemah. Pun akhirnya tangis itu tak dapat kau bendung lagi. Maka menangislah seperlunya jika itu akan menumbuhkan semangatmu Setelahnya. Lalu bersyukurlah sebanyak-banyaknya.

Rintangan yang menghadang. Tantangan yang kau tempuh.  Tetesan airmata yang berlinang.  Janganlah menghentikanmu dalam perjuangan,  seberat apapun medannya. Tuhan tahu,  perasaan yang bergejolak dihatimu itu.  Tuhan tahu,  berat menjalani hidup sepertimu. Tapi Tuhan juga tahu,  bagaimana memperlakukan hamba yang tahu bahwa berjuang itu tidak mudah tapi ia tak pernah lelah menjalaninya.

Ingatlah, lelahmu pasti terbayar.  Ingatlah setiap Canda dan tawa disela kesedihan dan pahitnya perjuanganmu itu. Ingatlah tak ada perjuangan yang sia-sia. Apa yang sedang kau usahakan hari ini.  Hasilnya mungkin tak nampak hari itu juga. Tetapi cobalah meneropong setiap perubahan baik yang terjadi dalam dirimu,  karena perjuanganmu.  Juga perubahan baik dalam diri orang-orang yang sedang kau perjuangkan setiap waktu.

Do'a yang kau ucapkan dalam sujudmu. Harapan yang terpatrih dalam setiap nafasmu. Niat ikhlas yang menjadi petunjuk atas jalanmu. Pilihan perjuangan demi kemaslahatan orang-orang disekitarmu.  Itu adalah Pilihan yang baik. Jadi,  tetaplah berprasangka baik. Sekali lagi akan kusampaikan bahwa tak ada lelah yang sia-sia.  Manusia hanya perlu menjalaninya dengan keikhlasan.  Sementara untuk balasan,  biarkan Tuhan bekerja sesuai kadar yang telah ia janjikan.  Percayalah niat baik akan dibalasNya baik,  sedangkan niat buruk akan dibalasNya buruk.

Benteng sombaopu,  30 agustus 2018

ALLEGRETTOTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang