assalamualaikum :) Hai semuanya gimana kabar kalian. sehat? maaf karena updatenya lamaaaaa banget hehehe soalnya emang sibuk banget sih. oke kali ini aku bakal share ke kalian tentang kisah Nabi Sulaiman dan juga ratu Balqis, versi aku. Aku berharap semoga kalian suka yaa. jangan lupa untuk vote, share, dan juga komen yang banyak saran ataupun kritik juga boleh kok. enjoy guys love you :)
Alkisah pada zaman dahulu hiduplah seorang raja yang bernama Sulaiman, dia bertahta di negri Israel. beliau merupakan anak dari Nabi Daud a.s , setelah Raja Daud meninggal Sulaiman diangkat menjadi raja. Sulaiman memiliki kepribadian yang baik sejak kecil, yang paling penting dari kepribadiannya yang dapat kita contoh adalah beliau memiliki sikap kebijaksanaan yang tinggi oleh karena itu Allah swt memberikan gelar untuknya, yaitu AL-Hakim.
Allah telah memberikan Nabi Sulaiman keistimewaan, yaitu dapat berbicara dengan binatang, selain itu Allah memberikan keistimewaan kepada Nabi Sulaiman untuk bisa menundukkan bangsa Jin, angin bahkan bumi sekalipun. Maha suci Allah atas segala karunianya.
Atas seijin Allah Nabi Sulaiman menjadi raja Seluruh makhluk. salah satu bukti peninggalan nabi Sulaiman yang masih dapat kita lihat, yaitu Baitul Maqdis
sungguh kerajaan yang luar biasa. dindingnya terbuat dari batu pualam
sedangakan tiang dan pintunya terbuat dari tembaga dan emas, atapnya terbuat dari perak dengan hiasan mutiara. pengerjaan kerajaan ini dilakukan bergotong-royong oleh para Jin, binatang dan manusia.
setelah membangun Baitul Maqdis, nabi Sulaiman pergi ke Yaman. setelah ia tiba. ia kemudian memerintahkan burung hud-hud
untuk mencari sumber makanan baginya dan juga para pengikutnya. pergilah burung itu untuk mencari sumber pangan. setelah beberapa waktu Nabi Sulaiman memanggil burung tersebut untuk kembali, tetapi burung itu tak kunjung kembali. hal ini membuat Nabi sulaiman bingung dan marah.
setelah beberapa waktu kemudian burung itu kembali dengan tergesah-gesah seraya berkata." aku telah mengetahui sesuatu, yang belum kau ketahui, aku membawa berita dari negeri saba yang penting untuk kamu ketahui."
kemudian burung itu berkata kembali," sesungguhnya aku menjumpai seorang ratu yang memerintah sebuah kerajaan dia dianugerahi singgasana yang besar. aku juga mendapati ia dan rakyatnya menyembah matahari, bukan Allah."
mendengar berita ini Nabi sulaiman segera membuat surat yang bertujuan untuk menasihati ratu Balqis untuk menyembah Allah swt. ratu Balqis kemudian mendapat surat itu dan membacanya sendiri. ketika mendapat surat itu ratu Balqis mengumpulkan semua mentrinya untuk membahas surat itu. setelah berdiskusi dengan semuanya ratu Balqis mengirimkan utusannya agar menemui raja Sulaiman di negeri yaman
nama utusan ratu Balqis bernama Hadiah. setelah ia sampai di negari Yaman, ia segera menemui Nabi Sulaiman dan berkata, "Apakah patut kamu menolong aku dengan harta?"
Nabi Sulaiman menjawa, " sesungguhnya apa yang diberikan Allah kepadaku lebih baik daripada yang diberikannya kepadamu, tetapi kamu merasa sombong dan bangga."
melihat utusan itu Nabi Sulaiman merasa bahwa mereka tidak ingin menyembah Allah, dan tidak mempercayai kebesaran Allah, karena mereka merasa negeri mereka besar dan sangat besar ketika mereka menyembah matahari.
kemudian nabi Sulaiman memerintahkan utusan itu kembali ke negerinya," kembalilah, sungguh kami akan mendatangi dengan bala tentara yang kalian tidak mampu untuk melawannya dan pasti kami akan mengusir kalian,"
utusan itupun kembali dan menyampaikan pengalamannya di negeri Yaman, mendengar cerita yang disampaikan utusannya itu ratu Balqis menjadi marah dan merasa terhina, iia kemudia berkeinginan untuk menemui nabi sulaiman dan menantangnya. dia segara memerintahkan prajuritnya untuk bersiap-siap.
ternyata keingin ratu Balqis itu sudah diketahui dulu oleh nabi Sulaiman. Nabi Sulaiman segara memerintahkan seluruh tentaranya untuk bersiap, tentara nabi Sulaiman bukan hanya manusia, melainkan Jin, dan juga binatang. Nabi Sulaiman berkata kepada pasukannya,
" Hai kalian, siapakah diantara kamu sekalian yang sanggup membawa singgasana ratu balqis kepadaku sebelum mereka semua datang."
Ifrit yang cerdik dari golongan Jin menjawab, "aku akan datang kepadamu dengan membawa singgasana itu kepadamu sebelum kamu berdiri dari tempat dudukmu, sesungguhnya aku benar-benar kuat untuk membawanya lagi."
berkatalah ahli AL-kitab, " aku akan membawa singgasana itu padamu sebelum kamu berkedip." (maka sulaiman melihat singgasana itu di depannya)
Nabi sulaiman berkata, "ini termasuk karunia Tuhan untuk mencoba aku apakah aku bersyukur atau mengingkarinya (atas karunia ini) dan barangsiapa yang bersyukur, maka dia bersyukur untuk kebaikannya sendiri,"
"Ubahlah baginya singgasananya, maka kita akan melihat apakah dia mengenal ataukah dia termasuk orang-orang yang tidak mengenal."
waktu telah berlalu tibalah ratu Balqis, alangkah terkejutnya ratu Balqis, nabi sulaiman menanyakan kepada ratu Balqis, "seperti inikah singgasanamu?" ratu balqis menjawab, " seakan-akan singgasana ini singgasanaku." kemudia ratu Balqis dipersilahkan untuk memasuki kerajaan nabi Sulaiman. namun, ketika berjalan di istana itu, sekali lagi Ratu Bilqis terpedaya, karena menyangka lantai istana sulaiman terbuat dari air, sehingga ia menyikap kainnya.
melihat perbuatan itu nabi Sulaiman itu berkata, "sesungguhnya lantai istana ini, terbuat dari kaca."
mendengar itu ratu Balqis menjadi sadar kesombongannya yang menganggap kerajaannya adalah kerajaan yang hebat, adalah salah besar nabi sulaiman telah membuka mata dan hati ratu Balqis bahwa apa yang telah ia miliki itu tidak ada apanya dibandingkan dengan nabi sulaiman.
dengan demikian ratu balqis menyadari kesalahnnya dan akhirnya ratu balqis beriman kepada Allah dan Allah menakdirkan nabi Sulaiman dan ratu Balqis menikah. mereka hidup dengan bahagia :)
waw kali ini ceritanya penuh dengan makna ya..... takdir itu benar-benar berujung manis kawan-kawan yaaaa mungkin untuk melewatinya penuh dengan drama. \initinya sih setiap manusia itu pasti pernah merasa berbangga diri dengan apa yang dia punya sehingga melupakan bahwa itu semua hanya sementara, harta, tahta itu membuat kita menjadi sombong dan lupa diri inilah yang terjadi pada ratu Balqis yang merasa sombong dan enggan di beri nasehat orang lain, kemudian nabi sulaiman menunjukkan jalan yang benar sehingga ratu balqis menyadari bahwa harta yang ia punya tidak ada apa-apanya
satulagi sih aku akan ngebahas jodoh, maut, dan rejeki itu udah ada yang ngatur jadi kita cukup menunggu, kenapa? ya karena jodoh itu bakal datang dengan sendirinya ! diwaktu yang tepat dan momen yang tepat juga. seperti nabi sulaiman dan ratu Balqis
thank you so much udah baca semoga kalian sukaa, dan bisa ngambil hikmanya yaa next bakal cepet update vote yaaaa :)
KAMU SEDANG MEMBACA
Kisah Teladan - Para Nabi dan Rasul Allah
Cerita PendekKisah teladan berisi tentang kisah- kisah para nabi dan rasul Allah yang didalamnya berisi kisah hidup mereka dan hikmah yang dapat kita ambil untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari mungkin banyak dari kita merasa bahwa hidupnya sangat tidak...