Doa Iblis Saja Dikabulkan, Masih Malas Berdoa?

355 12 1
                                    

"IA MENGABULKAN DOAMU SESUAI DENGAN YANG KAU BUTUHKAN, BUKAN YANG KAU INGINKAN. DI WAKTU YANG TEPAT MENURUTNYA, BUKAN MENURUTMU."

Terkadang rasa bergantung dan tawakkal kita rendah. Rasa bergantung kepada Allah terhadap segala sesuatu yang kita usahakan. Kebanyakan manusia ketika berusaha dan melakukan sesuatu ia lupa bergantung kepada Allah.

Lupa sekedar meminta dan mengemis kepada Allah agar memudahkan usahanya, melancarkan rezekinya dan memuluskan usahanya. Kebanyakan manusia hanya bersandar kepada sebab, fokus kepada usaha yang ia lakukan, tetapi lupa sekedar mengucapkan doa permohonan, lupa sekedar mengucapkan beberapa patah kata.

"Ya Allah permudahkanlah"

"Ya Allah lancarkanlah"

Atau sekedar mengucapkan doa singkat,

Allahumma yassir wa laa tu'assir

"Ya Allah permudahkanlah, jangan engkau persulit"

Manusia semakin lupa berdoa tatkala usaha yang ia lakukan selalu berhasil tanpa berdoa. Padahal ini adalah istidjraj (makar dari Allah). Ia dibiarkan bersenang-senang padahal hakikatnya Allah melupakannya.

Allah berfirman :

"Mereka telah lupa kepada Allah, maka Allah melupakan mereka." (At-Taubah : 67)

Padahal sudah selayaknya kita menggantungkan diri dan berdoa kepada Allah, setiap saat dan bahkan pada hal yang terkesan sepele kita juga harus menggantungkan dan memohon hanya kepada Allah. Dalam hadits dijelaskan bahkan sekedar tali sandal yang putus kita berdoa kepada Allah agar dimudahkan dan digantikan dengan yang lebih baik.

Doa iblis saja dikabulkan

Iblis menjawab : "Beri tangguhlah saya sampai waktu mereka dibangkitkan."

Allah berfirman : "Sesungguhnya kamu termasuk mereka yang  diberi tangguh." (Al-A'raf : 14-15)

Doa kita pasti dikabulkan

Orang yang berdoa tidak pernah rugi karena ada 3 kemungkinan :

1. Dikabulkan

2. Disimpan sebagai kebaikan (jika tidak dikabulkan) untuk akhirat.

3. Dijauhkan dari keburukan.

-Penyusun : Raehanul Bahraen

Baraakallaahu fiikum😊




Qoutes IslamiTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang