Hakikat Kehidupan #1

2.1K 82 5
                                    

"sesungguhnya dunia ini terlaknat dan termurkai pula apa yang didalamnya kecuali dzikrullah, apa saja yang Allah cintai dan seorang yang berilmu atau berilmu."
(Hadits Hasan Riwayat At-Tirmidzi dan Ibnu Majah)

◆◆◆

Dunia berasal dari kata dinā yang artinya dekat
(Qs. Al Mu'minūn : 144) "dia Allah berfirman, " kamu tinggal dibumi hanya sebentar saja, jika kamu kamu benar benar mengetahui"".
(Qs. Al Hajj : 47) "dan mereka meminta kepadamu muhammad agar azab itu di segerakanm padahal Allah tidak menyalahi janjinya. Dan sesungguhnya sehari disisi tuhanmu adalah seperti seribu tahun menurut perhitunganmu".

Dunia Itu Hina
Imam muslim meriwayatkan dari Jabir Bin Abdullah R.A beliau bercerita bahwa suatu ketika Rasulullah Saw. Melewati pasar melalui sebagian jalan dari arah pemukiman, sementara orang orang (para sahabat) menyertai beliau. Lalu beliau melewati bangkai seekor anak kambing yang cacat telinganya (berukuran kecil) kemudian beliau pun mengambil kambing itu seraya memegang telinganya, kemudia ia berkata "siapakah di antara kalian yang mau membelinya dengan harga 1 dirham?" Mereka menjawab, "kami sama sekali tidak berminat untuk memilikinya. Apa yang bisa kami perbuat dengannya?" Beliau kembali bertanya,"atau kalian suka kalau ini gratis untuk kalian?" Mereka menjawab, "demi Allah, seandainya hidup pun maka binatang ini sudah cacat, karena telinganya kecil. Apalagi kambing itu sudah mati". Beliau bersabda,"demi Allah sesungguhnya dunia lebih hina disisi Allah daripada bangkai ini di mata kalian".

Dunia itu Ujian
(Qs. Al Mulk : 2) "yang menciptakan mati dan hidup, untuk menguji kamu siapa di antara kamu lebih baik amalnya. Dia maha perkasa maha pengmpun"

Dunia itu Fatamorgana (Hayalan)
(Qs. An Nur : 39) "dan orang orang yang kafir, perbuatan mereka seperti fatamorgana di tanah yang datar. Yang di sangka air oleh orang-orang yang dahaga, tetapi apabila didatangi tidak ada apapun. Dan didapatinya (ketetapan) Allah baginya. Lalu Allah memberikan kepadanya perhitungan (amal-amal) dengan sempurna, dan Allah sangat cepat perhitungannya".

Dunia itu Terlaknat
Dari Abu Hurairah R.a. Rasulullah Saw. Bersabda, "sesungguhnya dunia ini terlaknat dan termurkai pula apa yang didalamnya kecuali dzikrullah, apa saja yang Allah cintai dan seorang yang berilmu atau berilmu." (Hadits Hasan Riwayat At-Tirmidzi dan Ibnu Majah)

Dunia ini Hanyalah Penjara
"Dunia ini adalah penjara bagi seorang mukmin dan syurga bagi orang kafir" (HR. Muslim)

Note :
Jangan terlalu mementingkan kehidupan duniamu, karena dunia hanyalah fatamorgana, penjara, ujian dan hanya tempat sementara untuk kita, sedangkan tempat yang kekal adalah akhirat.

Syukron yang sudah baca, semoga bermanfaan :D
Oh iya teman* jangan lupa di vote yahh😁 supaya aku lebih  semangat lagi saat menulis materinya☺😘

Catatan Tarbiyah Ku ✔Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang