Hakikat Kehidupan #2

1.1K 39 2
                                    

Sifat-sifat Dunia
● kesenangan yang menipu
● permainan
● sesuatu yang melalaikan
● kesenangan yang memperdayakan
● tempat berbangga diri

(Qs. Al Hadid : 20) "ketahuilah sesungguhnya kehidupan dunia itu hanyalah permainan dan sendagurauan, perhiasan dan saling berbangga diantara kamu serta berlomba dalam kekayaan dan anak keturunan. Seperti hujan yang tanaman-tanamannya mengagumkan para petani; kemudian tanaman itu menjadi kering dan kamu lihat warnanya kuning kemudian menjadi hancur. Dan diakhirat (nanti) ada azab yang keras dan ampunan Allah serta keridoan-nya. Dan kehidupan dunia tidak lain hanyalah kesenangan yang palsu."

(Qs. Ghāfir : 39) "Hai kaumku, sesungguhnya kehidupan dunia ini hanyalah kesenangan (sementara) dan sesungguhnya akhirat itulah negeri yang kekal."

(Qs. 'Āli 'Imrān : 185) "Tiap-tiap yang berjiwa akan merasakan mati. Dan sesungguhnya pada hari kiamat sajalah disempurnakan pahalamu. Barangsiapa dijauhkan dari neraka dan dimasukkan ke dalam surga, maka sungguh ia telah beruntung. Kehidupan dunia itu tidak lain hanyalah kesenangan yang memperdayakan."

Sifat Kehidupan Akhirat
Kebahagiaan yang kekal dan abadi
● kesengsaraan yang kekal dan abadi

(Qs. Hud : 106-108)
106. Adapun orang-orang yang celaka, maka (tempatnya) di dalam neraka, di dalamnya mereka mengeluarkan dan menarik nafas (dengan merintih),
107. mereka kekal di dalamnya selama ada langit dan bumi, kecuali jika Tuhanmu menghendaki (yang lain). Sesungguhnya Tuhanmu Maha Pelaksana terhadap apa yang Dia kehendaki.
108. Adapun orang-orang yang berbahagia, maka tempatnya di dalam surga, mereka kekal di dalamnya selama ada langit dan bumi, kecuali jika Tuhanmu menghendaki (yang lain); sebagai karunia yang tiada putus-putusnya."

Note:
Hiduplah di dunia seperti orang asing (musafir), bersikap zuhudlah karna dunia itu hanya permainan, kesenangan yang menipu, kesenagan yang memperdayakan, dan sesuatu yang melalaikan.

Semoga kita selalu menjadi Insan yang selalu taat kepada Allah dan Rasulnya, dan istiqomah di jalan Allah. Āmīn
Oh iya teman* jangan lupa di vote yahh😁 supaya aku lebih  semangat lagi saat menulis materinya☺😘

Catatan Tarbiyah Ku ✔Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang