"Tidak selama itu cinta itu pasti. Pasti ada mengalami penderitaan dan juga kebahagiaan. Pasti jatuh cinya dan pasti juga gak jatuh cinta. Pasti seneng dan pasti juga kecewa, and then pasti berhubugan dan pasti juga putus" - ucap Jungkook panjang lebar.
"Ehm,,, okey. Terus?" - Eunha mulai serius dengan topik yanh tengah merema bicarakan.
"Cinta ga selalu tegas. Ketika ia berakhir, pasti ada yang tersisa. Saat ia patah ataupun putus, pasti masih ada yang tersambung atau terhubung"
"Iya sih..." - Eunha mengangguk setuju.
"Nggak ada kecewa yang kecewa doang, pasti dibalik rasa kecewa itu masih ada perasaan berharap ingin kembali" - Jungkook menarik nafas dalam-dalam. "Cinta gak selamanya ada hitam dan putih, gak selamanya ada aku dan kamu"
Eunha tampak mencerna kata-kata Jungkook, sampai alisnya bertemu dengan mengeritkan dahi. "Jadi cinta itu apa? Abu-abu?"
Pramusaji sudah terlihat berlalu-lalang sedari tadi. Membawakan makanan dan minuman untuk temen-temen Eunha yang berdatangan. Kini, Cafe itu yang semulanya sepi, sekarang sudah lumayan ramai.
"Mungkin" - jawab Jungkook singkat, menjawab pertanyaan Eunha.
"Kenapa mungkin? Yang jelas dong. Kalo cinta itu bukan putih ataupun hitam seperti yang lo bilang, berarti cinta itu abu-abu dong"
"Belom tentu Biii"
Dahi Eunha mengerut kembali, bibirnya melengkung kebawah, ia mulai jengkel, "Kenapa belum tentu Kook?"
"Yah,,, begitulah cinta" - Jungkook tersenyum, kemudian terkekeh-kekeh. Tangannya meraih segelas jus yang berada tak jauh dari mereka berdua berada. Lalu, meminumnya sedikit.
Eunha memanyun kan bibirnya, ia tampak tak puas dengan jawaban Jungkook. Jungkook seperti menggantung semua jawaban atas pertanyaannya.
"Tapi,,," - Eunha menghela nafas lagi, lebih panjang. "Cinta itu harus tegas. Kalo iya, harus iya. Dan kalo enggak harus enggak. Harus diperjelaskan kalo suka ataupun ga suka. Jangan ada kebohongan"
Jungkook menganggung pelan, "Yah harusnya gitu. Sayangnya, kenyataannya gak kaya gitu, bahkan gabisa kaya gitu"
"Harus bisa dong. Kalo masih samar-samar berarti lo belum masih kedalam dunia cinta itu. Lo masih ada di tepiannya, antara ragu-ragu untuk melangkah manu atau memilih melangkah mundur. Lo belom yakin, mau nyeburin diri kedalam cinta, atau melihatnya dulu dari jauh"
Jungkook menggeleng, "Di dalam pun, gue gak dapet penjelasaan"
"Berarti lo mencintai orang yang salah"
Jungkook terdiam, "Mungkin" - jawabnya singkat.
~~~
Mc acara ulang tahun Eunha pun menaiki panggung kecil. Mulai membuka suara, sebagai petunjuk apa yang akan dilakukan dalam pesta ini. Dan tibalah saatnya, Eunha akan bernyanyi di depan teman-temannya.
"Baiklah, sekarang marilah kita mendengar pesembahan dari yang berulang tahun, Eunha!!!" - Mc memanggil Eunha.
"Duh,,, gue nervous mih Kook"
"B ae kali. Lo kan pinter nyanyi, suara e juga bagus. Good luck! Hahaha"
"Sip sip, gue ka atas dulu yah"
Eunha mulai naik ke atas panggung, ia akan menyanyikan lagu STAY - BLACKPINK. Entah kenapa Eunha ingin menyanyikan lagu itu, baginya lagu tersebut sedikit nyambung di hatinya sekarang.